10 Rekomendasi Smartwatch Terbaik Bagi Pesepeda

smartwatch terbaik

Doran GadgetBersepeda merupakan aktivitas olahraga yang cukup banyak digemari masyarakat saat ini. Untuk bersepeda, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah menggunakan smartwatch terbaik untuk kenyamanan Anda.

Rekomendasi Smartwatch Terbaik Bagi Pesepeda

Oleh karena itu, memilih smartwatch terbaik yang tepat adalah sebuah keharusan. Apa saja rekomendasinya? Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda pilih.

1. Suunto 9

smartwatch terbaik

Smartwatch terbaik yang pertama ada Suunto 9 asal Finlandia. Fitur yang disematkan pada jam tangan pintar untuk sepeda ini memang cukup lengkap. Mulai dari fitur jarak tempuh yang dilalui, kecepatan saat bersepeda, jumlah kalori yang terbakar, hingga fitur menghitung detak jantung atau heart rate (HR) Velencell.

Spesifikasi secara teknisnya, smartwatch ini dapat dioperasikan pada suhu -20 hingga +55 derajat Celcius. Daya tahannya mampu hingga 100 meter atau 328 kaki. Sedangkan untuk daya tahan baterainya mampu digunakan hingga 25-120 jam dengan GPS.

Harga Suunto 9: Rp6 jutaan

2. Garmin Forerunner 45 Black

smartwatch terbaik

Berikutnya ada jam Garmin yang dikenal dengan spesifikasi smartwatch terbaik bersepeda. Salah satunya adalah Garmin Forerunner 45 Black. Lensa layarnya terbuat dari kaca yang diperkuat secara kimia dan bahan tali dari silikon membuatnya nyaman digunakan.

Selain itu, terdapat fitur yang terintegrasi ke komunitas online yakni Garmin Connect yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. Fitur keselamatan dan pelacakan insiden membuat bersepeda menjadi lebih aman dan nyaman dan bisa mengirim lokasi realtime kepada kontak darurat yang Anda pilih. Daya baterainya bisa bertahan hingga 7 hari untuk mode jam dan 13 jam untuk mode GPS.

Harga Garmin Forerunner 45 Black: Rp2,6 jutaan

3. Fitbit Ionic

smartwatch terbaik

Sebagai salah satu perusahaan teknologi ternama di Amerika Serikat, Fitbit tak ketinggalan mengeluarkan smartwatch terbaik bagi pesepeda. Setelah sukses merilis Fitbit Surge, kali ini muncul seri Fitbit Ionic yang sudah diperbarui dari generasi sebelumnya. Layarnya memiliki ukuran 1,42 inci dimana Anda bisa melihat gambar yang ada dengan jelas.

Fitur unggulan lainnya adalah Dynamic Personal Coaching, yakni fitur untuk rekaman video bagi pengguna saat melakukan workout. Selain itu, dapat disinkronisasi dengan smartphone Android dan iOS. Ada pula fitur pembakaran kalori dan pengukur jarak. Dalam mode GPS, daya baterai smartwatch ini bisa bertahan hingga 10 jam.

Harga Fitbit Ionic: Rp4,5 jutaan

4. Garmin Forerunner 245 Music Lava Red

smartwatch terbaik

Jika Anda ingin bersepeda sambil mendengarkan musik favorit tanpa membawa ponsel, maka jam Garmin Forerunner 245 Music Lava Red layak dijadikan pilihan. Anda tinggal menghubungkan jam Garmin ini pada layanan pemutar musik online seperti Spotify dan Deezer hingga 500 lagu.

Fitur VO2 Max dapat memantau ketinggian dan panas yang berpengaruh pada kegiatan bersepeda. Kemudian ada pula sensor Pulse Ox yang bisa memantau perkiraan saturasi oksigen darah di dalam tubuh, fitur pemantau tidur, hingga pemantau stres sepanjang hari. Daya tahan baterainya adalah 7 hari untuk mode jam, 24 jam mode GPS, dan 6 jam untuk mode GPS dan musik.

Harga Garmin Forerunner 245 Music Lava Red: Rp5 jutaan

5. Polar Vantage V

smartwatch terbaik

Polar Vantage V juga masuk dalam jajaran smartwatch terbaik untuk bersepeda tahun ini. Ada berbagai fitur menarik yang disematkan dalam mendukung aktivitas sepeda. Hanya dengan menahan tombol merah pada bagian samping, Anda langsung bisa menggunakan mode bersepeda.

Layarnya menggunakan resolusi 240×240 Corning Gorilla 3 dengan lapisan hidrofobik yang aman digunakan bahkan saat cuaca hujan. Sedangkan tahan air hingga 30 meter dan materialnya terbuat dari logam antikarat. Baterainya memiliki daya 320 mAh yang bisa digunakan untuk berolahraga hingga 40 jam menggunakan mode GPS maupun optical heart rate.

Harga Polar Vantage V: Rp4,7 jutaan

6. Garmin Instinct

smartwatch terbaik

Untuk kegiatan bersepeda di lingkungan yang ekstrem, Garmin Instinct adalah pilihan terbaik. Pasalnya, jam garmin ini dirancang khusus menggunakan standar militer AS MIL-STD-810G untuk ketahanan termal, kejut, dan air (diberi peringkat hingga 100 meter).  Fitur unggulannya adalah TrackBack yang memungkinkan Anda melakukan navigasi rute yang sama dan kembali pada titik awal dengan mudah.

Ditambah lagi fitur Garmin Explore untuk merencanakan rute perjalanan sebelum bersepeda. Daya tahan baterainya dalam mode smartwatch hingga 14 hari, dalam mode GPS hingga 14 jam, dan dalam mode penghemat baterai UltraTrac hingga 35 jam  (tergantung pengaturan). Adapun dua seri Garmin Instinct terlaris saat ini adalah Lakeside dan Graphite.

Harga Garmin Instinct: Rp3,4 jutaan

7. Apple Watch Series 5

smartwatch terbaik

Apple mengeluarkan smartwatch terbaik untuk bersepeda dengan segudang fitur canggih pada Apple Watch Series 5. Selain mampu menghitung detak jantung elektrokardiogram selama bersepeda, jam ini juga bisa memberitahu pengguna ketika suasana sekitar terlalu bising. Lalu ada fitur Always On Retina­ yang mampu mendeteksi mata dengan otomatis. Jadi, Anda tak perlu mengangkat tangan untuk mengaktifkannya.

Menggunakan baterai lithium-ion, dapat bertahan hingga 18 jam. Anda juga bisa mengaktifkan fitur SOS darurat yang terhubung dengan jaringan global hingga 150 negara tanpa koneksi seluler. Dengan catatan, iPhone Anda tetap berada pada jangkauan Wi-Fi.

Harga Apple Watch Series 5: Rp4,7 jutaan

8. Garmin Venu Sq Shadow Gray/Slate

smartwatch terbaik

Desain jam Venu Sq Shadow Gray/Slate memiliki warna yang cerah dan dinamis serta tangguh dalam berbagai kondisi. Hal ini karena layarnya menggunakan Coring Gorilla Glass 3 dan bingkai aluminium anti karat serta tali silikon yang membuatnya terlihat sempurna.

Fitur lain yang disematkan di antaranya adalah Pulse OX Sensor yang bisa memantau ukuran saturasi oksigen dalam darah. Lalu, fitur fitness tracking dapat membantu Anda dalam melihat intensitas kalori yang terbakar saat bersepeda baik di alam terbuka maupun di dalam rumah menggunakan Garmin Tacx Boost. Baterainya dapat bertahan hingga 6 hari dalam mode jam dan 6 jam dalam mode GPS.

Harga Garmin Venu Sq Shadow Gray/Slate: Rp 2,7 jutaan

9. Amazfit Neo Series

smartwatch terbaik

Hadir dengan tampilan layar retro empat sisi dan empat tombol fisik di bagian samping, Amazfit Neo Series memiliki struktur rangka yang kokoh dan solid. Dengan begitu, dapat diandalkan saat bersepeda dalam segala kondisi cuaca.

Smartwatch terbaik ini juga dilengkapi dengan sensor BioTrackerTMPPG 3, Amazfit Neo dapat memantau detak jantung Anda 24 jam sehari. Daya tahan baterainya adalah 28 hari dan tahan air hingga kedalaman 50 meter.

Harga Amazfit Neo Series: Rp500 ribuan

10. Garmin Vivoactive 4 Slate Stainless Steel

smartwatch terbaik

Rekomendasi terakhir yang bisa Anda pilih adalah Garmin Vivoactive 4 Slate Stainless Steel.  Layarnya menggunakan Corning Gorilla Glass dan rangka stainless steel yang membuatnya lebih aman saat digunakan. Berbagai fitur lain yang disematkan adalah pelacakan stres, denyut jantung, hidrasi, dan lainnya.

Dilengkapi dengan lebih dari 20 aplikasi yang terintegrasi dengn GPS, Garmin Vivoactive 4 Slate Stainless Steel dapat membuat Anda lebih aman dan nyaman saat bersepeda dalam jarak yang jauh. Daya baterainya dapatbertahan hingga 5 hari untuk modejam, 6 jam dalam mode GPS dan musik, dan 18 jam untuk GPS saja.

Harga Garmin Vivoactive 4 Slate Stainless Steel: Rp5,2 jutaan

Mana Smartwatch Terbaik Pilihan Anda?

Dari rekomendasi smartwatch terbaik di atas, mana yang Anda pilih? Semua memang tergantung kebutuhan dan budget Anda. Jika menginginkan smartwatch untuk sepeda dengan banyak fitur pilihan maka jam Garmin layak Anda pilih. Begitu juga dengan Suunto 9, Fitbit, Polar Vantage, maupun Apple Series 5. Namun, jika memilih dengan harga terjangkau bisa memilih Amazfit Neo Series dengan fitur yang tak kalah canggih.

Untuk mendapatkan smartwatch terbaik dengan pelayanan memuaskan dan kemudahan dalam transaksi, Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Dapatkan informasi menarik lainnya yang up to date seputar smartwatch terbaik untuk bersepeda dan promonya di Telegram Doran Gadget.