7 Tips Memilih Merk Hardisk Eksternal Terbaik untuk Anda

Merk hardisk eksternal terbaik (1)

Doran GadgetMerk hardisk eksternal terbaik saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Hal ini seiring meningkatnya penggunaan hardisk sebagai media penyimpanan file dan data penting. Terutama ketika hardisk pada komputer maupun laptop sudah penuh dan tidak ada ruang penyimpanan lagi. Membeli dan memilih hardisk eksternal pun tak boleh dilakukan sembarangan dan asal-asalan.

Memilih Merk Hardisk Eksternal Terbaik

Ketika memilih hardisk eksternal, setidaknya ada tujuh hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Tujuannya adalah agar Anda tidak salah pilih dan mendapatkan hardisk eksternal terbaik sesuai kebutuhan dan ekspektasi. Berikut di antaranya:

1. Perhatikan Kapasitas Penyimpanannya

Merk hardisk eksternal terbaik (3)

Sebagai langkah awal dalam memilih hardisk eksternal terbaik ialah perhatikan kapasitas dan ukurannya. Ini dilakukan agar Anda mendapatkan hardisk yang sesuai dengan kebutuhan. Ukuran hardisk yang dijual adalah antara 500 GB hingga 2 TB.  Semakin besar ukurannya, maka harga hardisk eksternal juga akan semakin tinggi.

Jika Anda menggunakan hardisk untuk kebutuhan penyimpanan file seperti tugas kantor maupun tugas kuliah, ukuran 500 GB – 1 TB cukup ideal. Lain halnya jika Anda menggunakannya untuk keperluan fotografi, film, videografi, maupun gaming, serta data dengan ukuran besar lainnya bisa memilih ukuran hardisk lebih besar yakni 2 TB misalnya. bahkan kini untuk driver gaming,  juga ada ukuran hardisk eksternal hingga 4 TB.

2. Berapa Kecepatan Transfernya

Merk hardisk eksternal terbaik (5)

Hal utama yang paling penting setelah kapasitas penyimpanan merk hardisk eksternal terbaik adalah, hitunglah berapa kecepatan transfer maksimal yang diberikan. Kecepatan rata-rata dalam transfer data hardisk eksternal antara 100-200 Mbps. Ini merupakan kecepatan transfer ideal, dan jika lebih rendah dari angka tersebut, maka akan semakin lambat proses transfernya.

Anda bisa melihat kecepatannya saat melakukan copy-paste dokumen dari maupun ke hardisk. Kecepatan yang naik-turun ini pun tergantung jenis USB yang digunakan. Gambarannya adalah, hardisk dengan USB 3.0 dan USB 3.1 memiliki kecepatan lebih tinggi bila dibanding USB 2.0.

3. Desain yang Ergonomis dan Mudah Dibawa

Merk hardisk eksternal terbaik (2)

Bila Anda menggunakan hardisk untuk keperluan di luar rumah, pertimbangkanlah untuk memilih hardisk dengan ukuran dan bentuk yang ringkas. Dengan begitu, dapat disimpan dalam sebuah tas dan tempat yang aman lainnya. Ketika digunakan pun tidak menyulitkan Anda, khususnya di tempat yang terbatas sekalipun.

Dalam memilih desain ergonomis ini, perhatikan pula dimensi ukurannya dan bobotnya. Dimensi ukuran yang ideal misalnya adalah 118mm x 88mm x 20.8mm. Pastikan bobotnya sesuai dengan ukurannya, karena hardisk yang terlalu berat akan merepotkan Anda, bukan?

4. Kompatibel dan Mudah Digunakan Sistem Operasi Perangkat Anda

Merk hardisk eksternal terbaik (4)

Setelah Anda mengecek mengenai kapasitas, kecepatan, dan desainnya maka cek pula apakah merk hardisk eksternal terbaik yang Anda pilih kompatibel pada perangkat Anda. Contohnya, kompatibel untuk sistem operasi Windows, Linux, dan MacOs. Memang, beberapa hardisk memiliki format yang khusus untuk sistem operasi tertentu. Ada hardisk yang bisa disetting atau format ulang saat digunakan. Akan tetapi, pada merk tertentu tidak bisa diformat dan tidak dapat diubah sama sekali.

Lalu, pertimbangkan apakah hardisk tersebut mudah digunakan dan diintergrasikan pada perangkat lain. Sebagai contoh, bisa diintergrasikan dengan media penyimpanan cloud seperti Google Drive, Facebook, Dropbox, dan sebagainya untuk transfer data secara online.

Baca juga: Memilih Micro SD Terbaik, Perhatikan 5 Fitur Penting Ini

5. Kapasitas Cache Merk Hardisk Eksternal Terbaik

Merk hardisk eksternal terbaik (6)

Mengecek cache mungkin terlihat sepele, namun ini penting Anda lakukan ketika memilih merk hardisk eksternal terbaik. Mudahnya, kapasitas atau ukuran cache ini berfungsi sebagai memori sementara dalam menulis dan membaca data ke dalam penyimpanan permanen. Atau bisa dikatakan, ukuran cache ini layaknya RAM pada smartphone.

Jika ukuran atau cache size besar, maka ini akan semakin baik. Terutama lagi bila hardisk tersebut digunakan secara terus menerus misalnya untuk server. Maka, Anda wajib memilih hardisk dengan cache size yang besar pula.

6. Ketahanan Penggunaan Hardisk

Merk hardisk eksternal terbaik (8)

Berbicara mengenai daya tahan dan rentang hidup hardisk sebenarnya relatif. Mengapa demikian? Ini tergantung pada tingkat pemakaian pada perangkat Anda. Dalam batas pemakaian yang wajar, hardisk eksternal memiliki rentang hidup atau daya penggunaan antara 3-5 tahun. Penelitian juga menyebutkan jika hardisk merk Western Digital (WD) memiliki rentang hidup maksimal yang cukup lama dalam pemakaian wajar.

Sebuah penelitian dari BackBlaze misalnya, menyebutkan  90% hardisk eksternal dapat digunakan dan bertahan sampai 3 tahun, lalu fungsinya akan menurun menjadi 80% saat memasuki usia 4 tahun. Menurunnya performa hardisk eksternal ditandai dengan melambatnya saat digunakan dan menampilkan peringatan.

7. Fitur Lain yang Ditawarkan

Merk hardisk eksternal terbaik (7)

Terakhir dalam memilih merk hardisk eksternal terbaik perhatikan pula fitur yang ditawarkannya. Contohnya fitur keamanan fisik hardisk, maksudnya adalah hardisk tersebut dapat tahan terhadap air dan guncangan. Kemudian, ada pula fitur-fitur keamanan datanya. Biasanya, harga hardisk eksternal dengan fitur terbaik sedikit lebih tinggi, namun tidak menjadi masalah bagi Anda yang ingin mendapatkan kualitas prima.

Seperti pada hardisk Western Digital (WD) yang dilengkapi fitur keamanan dan perlindungan data melalui password dengan sistem 256-bit AES Hardware Encryption. Sehingga, data yang disimpan bebas dari gangguan pihak-pihak yang tidak diinginkan. Anda pun bisa menggunakan fitur backup data otomatis menggunakan software khusus.

Mendapatkan Merk Hardisk Eksternal Terbaik

Sebenarnya, selain tips di atas dalam memilih merk hardisk eksternal terbaik Anda juga perlu mengecek hal lainnya. Misalnya saja mengenai garansi yang diberikan dan membelinya di toko maupun distibutor resmi yang terpercaya hingga layanan after sales yang diberikan. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjual hardisk eksternal terbaik dengan kualitas tinggi.

Ini penting karena ketika terjadi kerusakan yang bukan kesalahan Anda dan dalam batas pemakaian yang wajar, Anda masih bisa mendapatkan servis dari pabrikan atau diganti dengan hardisk baru dengan tipe dan harga hardisk eksternal yang sama.

Bagaimana, sudah siap membelinya?

Dapatkan informasi menarik dan up to date seputar aksesoris gadget lainnya dengan cara join di channel Telegram Doran Gadget melalui smartphone Anda.