6 Hal Berharga yang Bikin Uang Tak Terbuang Sia-sia

Kita semua suka atau paling tidak berusaha pintar mengatur keuangan. Tetapi itu tidak selalu berarti memilih opsi yang paling murah. Bahkan, kadang-kadang item atau pengalaman berharga dapat menjadi salah satu yang paling bernilai uang, sedangkan yang termurah bisa menjadi limbah terbesar.

“Sebagian besar dari kita menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak kita pedulikan dengan mengorbankan hal-hal yang kita lakukan tanpa menyadarinya,” Stefanie O’Connell, pakar keuangan dan penulis “The Broke and Beautiful Life” seperti dikutip Business Insider. “Jadi langkah pertama adalah menentukan prioritas Anda, kemudian melacak pengeluaran Anda (sebuah aplikasi atau pena dan kertas sederhana juga berfungsi) untuk melihat apakah Anda benar-benar belanja sesuai dengan prioritas tersebut, dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.”

Anda juga harus mempertimbangkan nilai tambah yang dapat diberikan sesuatu dalam hidup Anda. “Sebelum menghabiskan banyak uang untuk suatu barang atau jasa, mungkin baik untuk memahami apa nilai yang dibawanya bagi Anda,” kata Roger Ma, perencana keuangan bersertifikat dan pendiri Life Laid Out, mengatakan kepada Business Insider. “Apakah itu membantu Anda menghemat waktu atau membantu Anda menghindari melakukan sesuatu yang tidak Anda nikmati, apakah itu membuat Anda merasa lebih percaya diri, atau akankah pengalaman itu menjadi sesuatu yang Anda ingat untuk waktu yang lama?”

Berikut ini enam hal berharga dari pakar keuangan Ma dan O’Connell, yang sepenuhnya sebanding dengan uang yang dikeluarkan.

  1. Pendidikan

Sekitar 70% siswa lulus dari perguruan tinggi dengan utang pinjaman siswa dan ada banyak perdebatan tentang apakah mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi benar-benar sebanding. Meskipun demikian, Ma mengatakan bahwa pendidikan sangat layak untuk menghabiskan uang.

“Investasi dalam dirimu biasanya sepadan,” kata Ma. “Meningkatkan pengetahuan Anda pada akhirnya dapat meningkatkan modal Anda, yaitu berapa banyak uang yang dapat Anda perintahkan dari atasan Anda. Selain itu, mempelajari materi baru membuat hidup tetap menarik dan mengasyikkan. ”

  1. Bepergian

Bepergian bisa baik untuk tubuh dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan, lapor NBC. O’Connell mengatakan bahwa itu adalah sesuatu yang dia habiskan untuk dirinya sendiri. “Saya suka berbelanja secara royal karena itu memberi saya kegembiraan,” kata O’Connell.

Seperti dilaporkan Business Insider, orang lebih bahagia ketika mereka menghabiskan uang mereka untuk pengalaman daripada barang-barang.

  1. Kasur

Tidur sangat penting untuk kesehatan yang baik, menurut National Institute of Health. Masuk akal untuk berinvestasi di kasur yang memberikan kenyamanan optimal, bahkan jika kita tidak bisa mendapatkan yang disarankan tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

“Kami menghabiskan 5-8 jam semalam di kasur, tergantung pola tidur kami. Mendapatkan istirahat malam yang baik memengaruhi setiap bagian kehidupan kita, “kata Ma. “Jika kita tidak mendapatkan istirahat malam yang baik, kita tidak akan produktif di tempat kerja, mungkin tidak mendapatkan promosi itu, dan mungkin merasa seperti sampah. Kasur yang baik bermanfaat untuk kesehatan Anda dan akan terbayar sendiri dalam jangka panjang. ”

  1. Pakaian yang nyaman

Jika pakaian Anda tidak nyaman, itu tidak akan terlihat bagus, terlepas dari apa yang dibuat oleh desainer. Jadi, alih-alih memikirkan merek apa yang ingin Anda beli, pikirkan cara membuat sesuatu yang sesuai dengan selera.

“Saya pikir pakaian yang cocok jauh lebih penting daripada nama pada label,” kata Ma. “Tidak peduli berapapun harga yang kamu bayar untuk pakaianmu, pastikan itu pas.”

Itu berarti membayar untuk perubahan, seperti lengan pendek atau kaki celana, katanya. “Pakaian yang pas membuat perbedaan besar.”

  1. Layanan yang menghemat waktu Anda

Baik Ma dan O’Connell sepakat untuk menghabiskan banyak uang pada layanan yang membantu menghemat waktu Anda. “Waktu adalah satu hal yang tidak bisa kau dapatkan kembali,” kata Ma.

“Jika Anda bekerja dalam pekerjaan yang intensif waktu (dan bahkan jika Anda tidak), maka melakukan outsourcing layanan tertentu mungkin sepadan, termasuk membersihkan, mengecat, dan memperbaiki rumah umum,” kata Ma. “Tinggal di NYC, saya bersumpah dengan layanan pengiriman juga (makanan, pakaian, dan lain-lain) dan keset pintu – mereka membuat hidup saya jauh lebih mudah.”

“Kami berada pada titik dalam kehidupan kami di mana waktu adalah sumber daya kami yang paling berharga, jadi membayar untuk hal-hal yang membantu kami membeli kembali sebagian dari waktu kami sangat masuk akal,” kata O’Connell.

  1. Kesehatan

Siapa yang tidak ingin berinvestasi dalam kesehatannya sendiri? Untuk O’Connell, ini merupakan pengeluaran yang paling penting. “Saya menyukai hal-hal yang sehat, seperti kelas kebugaran kelompok, produk segar (saya seorang vegetarian), dan jus sekali-sekali yang diperas (walaupun harganya bisa sangat mahal),” kata O’Connell. “Di luar kesehatan fisik saya, saya menemukan pengeluaran ini memberikan banyak nilai bagi kesehatan mental saya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan