Doran GadgetRouter menjadi perangkat penting untuk menangkap dan menyalurkan sinyal jaringan internet. Khususnya untuk menunjang pekerjaan Anda sehari-hari. Router dengan kecepatan tinggi dan stabil adalah pilihan yang tepat.

Salah satunya adalah TP-Link AX73 yang disebut-sebut sebagai router yang mumpuni untuk kantor. Seperti apa keunggulannya? Simak dalam TP-Link AX73 review yang telah dirangkum tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi TP-Link AX73

Sebelum Anda membeli router TP-Link AX73 terlebih dahulu perlu diketahui spesifikasinya secara umum. Melansir dari laman beberapa media teknologi terpercaya seperti PC Magz, Blacktubi, dan lainnya berikut spesifikasinya secara umum yang perlu diketahui oleh pengguna:

Wireless 2.4Ghz Wi-Fi 6 up to 574Mbps (40Mhz 2X2)
Wireless 5 Ghz Wi-Fi 6 up to 4804Mbps (160Mhz 4X4)
Fitur WiFi OFDMA, MU-MIMO, Beamforming, WPA3, OneMesh
CPU Broadcom BCM6750 1.5Ghz Triple-Core
Port Ethernet 1x Gigabit WAN port + 4x Gigabit LAN port
USB 1x USB 3.0 port
Spesifikasi Wireless 802.11ax
Jumlah Port LAN 4 (tidak termasuk port WAN)
Jumlah Port USB 1
Jumlah Antena 6
Jumlah Band 2
Wireless Networking Security WPA2, WPA3

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Modem dan Router

TP-Link AX73 Review – Fitur Unggulan

Tak hanya mengenai TP-Link AX73 review dari segi spesifikasi secara umum saja, Hal lain yang perlu diketahui adalah mengenai fitur unggulannya. Baik itu dari segi performa, penggunaan di berbagai device, sampai harga yang dipasarkan di Indonesia. Berikut selengkapnya.

1. Performa Lebih Cepat

TP-Link AX73 adalah router yang menggunakan WiFi 6 dengan kecepatan tinggi. Ini berkat dukungan Broadcom 1.5Ghz Triple-Core CPU dan RAM 512MB. Dimana hal itu memungkinkan router ini menjangkau kecepatan hingga 574Mbps pada band 2.4GHz. Selain itu mampu hingga 4.804Mbps pada 5GHz. Desain bodinya memang cukup  besar dengan banyak ventilasi. Inilah yang membuatnya memiliki bobot berat. Meski begitu, router pun lebih unggul dan lebih dingin berkat ventilasi tersebut dan lebih stabil dalam menyalurkan koneksi dengan kecepatan yang merata.

Baca juga: 5 Tips Memilih Router WiFi untuk Rumah

2. Bisa Digunakan Hingga 200 Lebih Device

Poin penting lainnya dari TP-Link AX73 review adalah penggunaannya di banyak perangkat. Bahkan untuk 200 lebih perangkat, termasuk untuk streaming maupun gaming dalam waktu yang sama. Hal itu dimungkinkan berkat adanya fitur OFDMA yang memungkjinkan perangkat berbeda untuk sharing transmisi bersamaan. Kemudian juga ada MU-MIMO yang mengirimkan data ke berbagai perangkat berbeda dalam waktu yang sama menggunakan beberapa saluran. Dengan begitu, proses transmisi data dan koneksi menjadi lebih mudah dan cepat.

3. TP-Link AX73 Review – Keamanan Ekstra

Berbicara mengenai segi keamanan, TP-Link AX73 pun dilengkapi fitur unggulan. Misalnya saja dengan WPA2 dan WPA3. Selain itu juga terdapat TP-Link HomeShield yang dapat diaktifkan untuk mengontrol waktu penggunaan dan mencegah konten-konten negatif. Termasuk dalam mengontrol traffic yang tidak normal dan hal itu dapat melindungi dari potensi serangan siber seperti DDoS, malware, dan lainnya. Dimana fitur tersebut didukung dengan Avira Antivirus.

Baca juga: 9 Rekomendasi Router Murah Terbaik di Bawah 500 Ribuan

4. Setting yang Mudah

Selain keamanan dengan tingkat tinggi, keunggulan lain dari router terbaik TP-Link ini adalah kemudahan dalam penggunaan dan setting. Bahkan, dapat terintegrasi dengan Tether App dari TP-Link untuk berbagai perangkat. Pengguna pun bisa melakukan konfigurasi dan memilih jaringan yang sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, Anda pun dapat menggunakannya di berbagai smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS.

5. Harga TP-Link AX73

Mengenai TP-Link AX73 review yang terakhir adalah dari segi harganya. Untuk pangsa pasar di tahan air, harga TP-Link AX73 dibanderol di kisaran Rp1.7 jutaan. Harga tersebut adalah harga di marketplace maupun distributor utama. Bisa dibilang, besaran harga tersebut sebenarnya cukup terjangkau dan worth it untuk router ini. Sebab, spesifikasinya juga unggul dan mumpuni untuk penggunaan dalam skala menengah dengan kecepatan yang cukup stabil.

Baca juga: 7 Aplikasi Ukur Kecepatan Koneksi Internet

Penutup

Nah, itu dia Sobat Doran sekilas tentang TP-Link AX73 review. Anda bisa memilihnya untuk keperluan penggunaan internet di kantor untuk skala menengah. Hal itu karena memiliki performa yang unggul. Tidak hanya dari segi kecepatan yang dimilikinya, namun juga memiliki desain dan bodi yang kokoh.

Kini, Anda bisa mendapatkan router terbaik dari TP-Link hanya di Doran Gadget. Sebagai distributor resmi, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa Anda dapatkan untuk pembelian dalam skala besar maupun melalui website maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

>