router wifi

Doran GadgetAkses internet yang cepat menjadi kebutuhan masyarakat saat ini, baik untuk mendukung pekerjaan maupun gaya hidup sehari-hari. Salah satu faktor penentu kecepatan internet di rumah adalah router wifi. Perangkat ini berfungsi untuk menerima dan memancarkan kembali sinyal wifi dan internet di sekitar ruangan yang masuk dalam jangkauannya. Memilihnya pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan untuk penggunaan yang optimal.

Tips Memilih Router Wifi untuk Rumah

Bagi Anda yang ingin mendapatkan router wifi untuk rumah yang ideal, perhatikan tipsnya berikut ini:

1. Berapa Kecepatan Wifi yang Dibutuhkan

04. router wifi

Sebagai langkah awal dalam memilih router wifi untuk rumah adalah menentukan kecepatan yang dibutuhkan. Kecepatan router beragam, mulai dari 350 Mbps hinga 1.900 Mbps. Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia atau tempat penjualan router ini untuk pemakaian yang tepat di rumah.

Di sini, estimasikan pula penggunaan router nantinya. Misalnya dapat digunakan di berapa perangkat dan lain sebagainya. Tempatkan router pada tempat ideal untuk menangkap sinyal lebih baik ketika digunakan.

2. Teknologi Dual Band dan Network Standar

03. router wifi

Berikutnya adalah cek teknologi dual band pada router wifi rumah. Teknologi ini adalah dua radio dalam menangkap sinyal. Stau radio memiliki kecepatan 2,4 GHz, sedangkan yang satunya kecepatan maksimumnya adalah 5.0 GHz. Keduanya bisa membantu Anda untuk mengakses internet lebih cepat seperti bermain game online, transfer data, hingga streaming.

Kemudian, cek mengenai network standar wireless router. Standar network router saat ini adalah 8-2.11n. Ada pula pabrikan yang menjual router menggunakan standar lama 802.11ac. Sebaiknya Anda pilih network standar terbaru, karena selain kecepatannya lebih baik harganya pun ramah di kantong.

3. Periksa Antena Router Wifi Rumah

01. router wifi

Antena pada router wifi berfungsi untuk menangkap sinyal internet yang ada. Kemudian, antena ini memancarkan sinyal tersebut ke area rumah yang terjangkau. Pastikan router yang Anda pilih memiliki antena eksternal. Sebab, akan membuat sinyal lebih stabil saat digunakan tanpa khawatir sekat maupun bidang lain yang menghalanginya.

Tidak hanya antena eksternal saja, antena internal penting untuk Anda periksa. Saat membeli, pastikan antena internal ini dalam kondisi baik. Sehingga bisa menangkap sinyal dan memancarkannya kembali dengan baik dan Anda bisa menggunakan internet secara lancar.

4. Port USB Sesuai dengan Perangkat

02. router wifi

Setelah memeriksa antena router, periksa pula bagian port USB-nya. Port inilah yang nantinya menghubungkan koneksi dari router ke perangkat. Oleh karena itu periksa apakah port USB yang ada kompatibel untuk komputer yang digunakan. Selain itu, dapat membaca data dan bisa digunakan sebagai Network Attached Storage (NAS).

Periksa  juga software bawaan yang dimiliki router. Jika tidak, maka hal tersebut akan menyulitkan Anda ketika menggunakannya. Terutama untuk instalasi dan update fitur pada router nantinya.

5. Cek Keamanannya

05. router wifi

Tips terakhir ketika memilih router wifi rumah ialah mengecek tingkat keamanannya. Tujuannya adalah untuk menjaga lalu lintas internet lebih nyaman dan aman ketika digunakan. Misalnya menghindari pemakaian secara ilegal oleh orang lain yang menggunakan wifi Anda, sehingga koneksinya menjadi lambat dan itu sangat mengganggu.

Untuk keamanan, pada router memang beragam. Beberapa di antaranya adalah WPA, WEP, dan juga WPA2. Bila Anda menginginkan router yang paling aman, maka, sebaiknya pilih dengan fitur WPA2. Begitu juga dengan fitur Parental Control yang bisa mengontrol dan memblokir IP dari konten yang tidak pantas bagi anak-anak.

Dapatkan Router Wifi Rumah Terbaik di Doran Gadget

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat akan memilih router wifi terbaik untuk rumah Anda. Selain tip tersebut, pastikan juga desain router tersebut ergonomis dan mudah ditempatkan di mana saja di dalam rumah. Lalu, sesuaikan dengan budget Anda serta belilah di tempat terpercaya seperti di Doran Gadget.

Kami menjual router wifi dari brand ternama dengan kualitas terbaik. Semua barang yang ada pun merupakan produk original, artinya barang langsung dari pabrikan. Dapatkan pula kesempatan mendapatkan harga terbaik pada promo-promo tertentu. Informasi lebih lanjut dan up to  date silakan join di channel Telegram Doran Gadget dari smartphone Anda.

Artikel terkait:

>