Tempat Jogging di Banjarmasin - FI

Doran GadgetSebagai salah satu kota besar di Kalimantan Selatan, Banjarmasin seolah tak pernah sepi. Baik untuk aktivitas perindustrian hingga pariwisata. Tak heran jika kota yang dijuluki Seribu Sungai ini memiliki spot menarik. Termasuk untuk berolahraga. Mana saja tempat jogging di Banjarmasin yang layak untuk dikunjungi? Simak ulasannya di artikel ini.

Tempat Jogging di Banjarmasin

Tempat untuk jogging di Banjarmasin dan sekitarnya didominasi oleh taman-taman kota yang asri. Selain itu, juga ada wisata alam yang memukau. Berikut di antaranya yang bisa dituju:

1. Alun-Alun Banjarmasin

Tempat Jogging di Banjarmasin – Alun-Alun Banjarmasin
sc: Indonesia Kaya

Rekomendasi tempat yang pertama adalah Alun-Alun Banjarmasin. Sebagai fasilitas umum yang ada di tengah kota, tempat ini memiliki spot menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Baik untuk bersantai maupun olahraga ringan. Sebab, di sini dikelilingi pepohonan hijau yang rindang.

Anda dapat mengitari jogging track yang ada di sini sembari menikmati suasana kota. Kerennya lagi, semua fasilitas yang ada di sini dapat dinikmati secara cuma-cuma alias gratis. Selain itu, juga banyak penjual makanan di sekitar lokasi ini.

Baca juga: Olahraga Lari Membuat Otot Kaki Ramping, Benarkah Hal Tersebut?

2. Taman Bougenvil

Tempat Jogging di Banjarmasin – Taman Bougenvil
sc: Banjarmasin Post

Se;anjutnya Anda dapat mengunjung Taman Bougenvil yang ada di depan Kantor Disdukcapil Kota Banjarbaru. Tempat ini sangat ramai di hari libur maupun saat akhir pekan. Seperti namanya, di sini terdapat deretan pepohonan bougenvil yang indah dan membuatnya terlihat asri.

Alamat Taman Bougenvil ini berada di Jl. A. Yani No.34,5, Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Waktu yang tepat untuk berolahraga di sini adalah pada saat pagi hari. Terutama bagi Anda yang ingin mendapatkan udara segar dan pemandangan yang masih sejuk.

3. Taman Labirin

Tempat Jogging di Banjarmasin – Taman Labirin
sc: Dinas Pariwisata Tanah Laut

Bagi Anda yang suka tantangan, tak ada salahnya mengunjungi Taman Labirin. Taman ini merupakan destinasi wisata dengan konsep agrowisata. Dimana para pengunjung dapat masuk ke lorong-lorong labirin dan menemukan jalan keluarnya. Di sekitaran lokasi juga terdapat area untuk berolahraga yang bisa dimanfaatkan untuk jogging.

Untuk menuju kesini, memerlukan waktu setidaknya sekitar 1 jam dari pusat Kota Banjarmasin. Alamatnya ada di Jalan Ahmad Yani Km 51, Kawasan Agrowisata BP3T, Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut. Anda dapat mengunjunginya saat pagi hari yang cerah untuk mendapatkan pemandangan terbaiknya.

Baca juga: Sering Terjadi, Ini Kesalahan Saat Lari yang Harus Dihindari!

4. Tempat Jogging di Banjarmasin – RTH Bumi Cahaya Bintang

Tempat Jogging di Banjarmasin – RTH Bumi Cahaya Bintang
sc: Banjarmasin Post

RTH Bumi Cahaya Bintang berada di kawasan dengan kontur tanah yang cukup tinggi. Dengan kata lain seperti di sebuah bukit kecil. Lokasinya  ada di Kompleks Bumi Cahaya Bintang Jl. Mistar Cokrokusumo. Ada banyak deretan pepohonan di sekitar area taman yang membuatnya begitu rindang.

Selain terdapat jogging track di sepanjang taman, di sini juga ada arena dan lapangan olahraga lainnya. Misalnya tempat untuk basket, fitnes, dan sebagainya. Termasuk juga tempat untuk bermain anak-anak yang cukup lengkap.

5. Taman Siring

Tempat Jogging di Banjarmasin – Taman Siring
sc: Indonesia Travel

Berada di Kawasan Wisata Siring, Taman Siring memiliki ikon yang khas. Yakni patung bekantan Banjarmasin dengan tinggi 6.5 meter. Di sini juga terintegrasi dengan area wisata lainnya. Misalnya pasar terapung dan panorama Sungai Martapura yang menawan. Terlebih dengan gemerlapnya lampu di malam hari.

Anda dapat melakukan olahraga lari di sepanjang jogging track sembari menikmati pemandangan sekitar Sungai Martapura. Untuk lokasinya sendiri mudah dijangkau yakni berada di Jalan Kapten Piere Tendean, Sungai Baru, Banjarmasin.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Macam-Macam Lari dalam Olahraga!

6. Taman Van Der Pijl

Tempat Jogging di Banjarmasin – TamanVan Der Pijl
sc: Detik Travel

Taman Van Der Pijl sangat cocok dijadikan tempat olahraga di akhir pekan. Sebab, tempat ini juga menjadi paru-paru kota dan udaranya pun terasa menyegarkan. Tak hanya itu saja, Anda dapat melihat bunga-bunga yang indah di sekitar taman dan bermekaran.

Selain itu, tak perlu khawatir saat jogging dan olahraga di tempat ini. Sebab, Anda dapat beristirahat di kursi taman yang berjajar rapi di kawasan ini. Dengan begitu, sangat cocok untuk berolahraga bersama keluarga di akhir pekan.

7. Taman Kamboja

Tempat Jogging di Banjarmasin – Taman Kamboja
sc: CelebesID

Terakhir ada Taman Kamboja yang juga berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Lokasinya beralamat di kawasan Kertak Baru Ulu, Banjarmasin. Di sini ditumbuhi berbagai jenis pepohonan yang membuatnya rindang dan cocok untuk berolahraga baik sendiri maupun bersama keluarga.

Selain itu, ada pula berbagai wahana permainan yang bisa digunakan oleh anak-anak. Pemandangan asri juga semakin menarik dengan adanya air mancur. Lalu, fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan fasilitas lainnya juga tertata dengan rapi sehingga membuat pengunjung lebih nyaman.

Baca juga: Daftar Komunitas Lari di Indonesia yang Bisa Diikuti, Join Sekarang!

Jadikan Setiap Kilometer Berarti!

Jadwal Event Lari 2024
Sc: Pngtree

Yuk, mulai hari ini tingkatkan semangat olahraga lari Anda untuk hidup yang lebih baik. Tak ingin ketinggalan ajang lomba lari seru di berbagai kota di Indonesia? Kunjungi laman Jadwal Event Lari 2024 untuk mengetahui jadwal event lari terdekat. Disana, Anda dapat menemukan berbagai komunitas lari  inspiratif yang bisa jadi support system yang baik. So, tunggu apalagi?  Catat jadwalnya dan siapkan diri Anda sekarang juga!

Artikel terkait:

>