Doran Gadget – Resmi rilis dalam pengumuman Galaxy Unpacked 2024 pada 10 Juli kemarin, Samsung Galaxy Z Fold 6 memang cukup menarik perhatian banyak penggemar. Terutama bagi mereka yang telah menantikan keluaran Samsung terbaru ini. Membawa beberapa perubahan, berikut spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Z Fold6 yang wajib Anda ketahui!

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold6

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold6
Layar Foldable Dynamic LTPO AMOLED 2X, 7.6 inches, 1856 x 2160 pixels, 120Hz, HDR10+, 2600 nits (peak)
Cover display:
Dynamic LTPO AMOLED 2X, 6.3 inches, 968 x 2376 pixels, 120Hz, 1600 nits (peak), Corning Gorilla Glass Victus 2
OS Android 14, One UI 6.1.1
Chipset Snapdragon 8 Gen 3 (4 nm)
RAM 12GB
ROM 256GB/512GB/1TB
Kamera Belakang 50 MP, f/1.8, 23mm (wide), 1.0µm, dual pixel PDAF, OIS
10 MP, f/2.4, 66mm (telephoto), 1.0µm, PDAF, OIS, 3x optical zoom
12 MP, f/2.2, 123˚, 12mm (ultrawide), 1.12µm
Kamera Depan 4 MP, f/1.8, 26mm (wide), 2.0µm, under display
Cover camera:
10 MP, f/2.2, 24mm (wide), 1/3″, 1.22µm
Baterai 4400 mAh, 25W wired, QC2.0, 50% in 30 min (advertised)
15W wireless
4.5W reverse wireless
Warna Navy, Silver Shadow, Pink, Black, White

Baca juga: Review Samsung Galaxy Buds2 Pro, Banyak Fitur Baru!

spesifikasi samsung galaxy z fold6
sc: samsung

Desain

Samsung Galaxy Z Fold 6 lebih ringan dan tipis dibanding pendahulunya, Z Fold 5. Bobotnya hanya 239 gram, menjadikannya Fold paling ringan saat ini. Ketebalannya pun berkurang, menjadi 5.6mm saat dibuka. Meskipun begitu, ukuran keseluruhan layar justru bertambah lebar dengan aspek rasio 153.5mm x 132.6mm, menambahkan 2.7mm lebar pada layar ketika dibuka.

Samsung juga memprioritaskan durabilitas pada Fold 6. Lapisan Armor Aluminum yang kuat melapisi bodi ponsel, Gorilla Glass Victus 2 melindungi layar depan, lapisan pelindung baru pada layar bagian dalam, serta peningkatan durabilitas pada lipatan dan engsel layar. Selain itu, Fold 6 juga memiliki rating tahan air dan debu IP48.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa walaupun desain Fold 6 tidak berubah drastis, ponsel ini terasa lebih presisi dan dipikirkan matang dibanding iterasi sebelumnya. Pinggiran krom diganti dengan tombol-tombol yang terasa lebih berkualitas. Engselnya pun diperkuat dengan penambahan material baja. Lipatan pada layar utama masih terlihat, namun lebih samar dibanding Z Fold 5. 

Layar 

Samsung Galaxy Z Fold 6 memiliki cover display yang sedikit lebih besar, dari 6.2 inci menjadi 6.3 inci dibandingkan Z Fold 5. Perubahan kecil ini membuat layar lebih nyaman untuk mengetik dan menjalankan aplikasi tanpa merasa terhimpit. Di dalamnya, terdapat layar OLED 7.6 inci dengan kecerahan puncak 2.600 nits, jauh lebih terang dibandingkan 1.750 nits pada Z Fold 5. Layar ini menampilkan warna yang cerah dan animasi yang halus dengan refresh rate dinamis hingga 120Hz.

Peningkatan lain termasuk bezel yang lebih tipis pada cover screen dan layar dalam yang lebih cerah dan adaptif. Samsung juga menambahkan lapisan baru pada panel layar lipat yang terbuat dari neodymium, yang dirancang untuk menjadi fleksibel namun dapat mengeras saat terkena benturan keras. Meningkatkan daya tahan layar tanpa mengorbankan fleksibilitas. Meski lipatan di layar masih terlihat, pengalaman menonton tetap menyenangkan dengan layar yang lebih terang dan berwarna.

Baca juga: Mengenal Samsung Knox Vault, Berikan Perlindungan Tangguh!

sc: samsung

Kamera 

Kamera pada Samsung Galaxy Z Fold 6 tidak mengalami banyak perubahan dari model sebelumnya. Perubahan utama adalah penambahan sensor ultrawide 12MP yang baru, yang dirancang untuk memberikan kinerja lebih baik dalam kondisi cahaya rendah. Galaxy Z Fold 6 masih dilengkapi dengan kamera utama 50MP dan lensa telefoto 10MP dengan 3x optical zoom.

Sayangnya, zoom optik belum ditingkatkan menjadi 5x, tetapi dengan zoom hibrida, Anda bisa mencapai hingga 30x. Kamera depan 4MP di bawah layar tetap sama, menghasilkan potret yang baik dalam kondisi pencahayaan yang baik, sementara kamera depan cover 10MP lebih direkomendasikan untuk swafoto.

Samsung juga mendesain ulang housing kamera agar terlihat lebih profesional dan elegan. Selain itu ada juga peningkatan kamera ultrawide untuk performa cahaya rendah dan kecepatan fokus yang lebih baik, serta peningkatan dalam perangkat lunak ProVision, menjadikan kamera pada Z Fold 6 cukup memadai untuk fotografer kasual. Saya mencoba beberapa foto dengan perangkat dalam posisi terbuka, menggunakan layar utama besar sebagai viewfinder, dan dalam posisi tertutup menggunakan layar cover yang lebih kecil. Kedua mode ini memberikan pengalaman memotret yang menyenangkan dengan hasil yang memuaskan.

AI

Samsung Galaxy Z Fold 6 dirancang sebagai bagian dari ekosistem Samsung yang lebih luas, memanfaatkan kemampuan AI yang mengesankan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Beberapa fitur AI yang ada termasuk alat pengeditan gambar, seperti smart select untuk menghapus elemen yang tidak diinginkan dan menggantinya dengan konten yang dihasilkan secara artifisial, serta fitur “Sketch to Image” yang menggunakan AI untuk mengubah sketsa kasar menjadi gambar yang menarik.

Selain itu, fitur Circle to Search memungkinkan pengguna menggambar lingkaran di sekitar objek untuk pencarian web, dan AI transcription serta Browsing Assist membantu dalam meringkas pertemuan dan artikel web. Fitur live translate juga memungkinkan terjemahan langsung selama panggilan antara pembicara dengan bahasa berbeda.

Baca juga: 10 Rekomendasi dan Harga HP Samsung Terbaru 2024

sc: samsung

Chipset

Galaxy Z Fold 6 juga dilengkapi dengan kemampuan multitasking yang kuat dan performa tinggi berkat platform Snapdragon 8 Gen 3. Saat digunakan untuk bermain game seperti Asphalt 9, ponsel ini menunjukkan performa yang sangat lancar. Selain itu, kemampuan multitasking memungkinkan pengguna menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dengan lancar.

Fitur terjemahan on-device juga mengesankan, dengan mode percakapan yang menampilkan terjemahan langsung pada layar utama dan layar penutup. Meskipun beberapa fitur AI terasa seperti hanya berguna dalam situasi tertentu, kombinasi AI dan desain lipat inovatif membuat Z Fold 6 menjadi perangkat yang kuat dan serbaguna.

Baterai

Samsung Galaxy Z Fold 6 masih menggunakan baterai 4.400 mAh yang sama dengan model sebelumnya, Z Fold 5. Tapi tenang, meski kapasitasnya sama, daya tahan baterainya diharapkan lebih baik karena adanya chip Snapdragon 8 Gen 3 yang lebih efisien. Sayangnya, Z Fold 6 masih menggunakan pengisian kabel 25W yang sudah cukup lama tidak ditingkatkan.

Harga Samsung Galaxy Z Fold6

sc: samsung

Samsung Galaxy Z Fold 6 resmi dirilis di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 26.499.000 untuk varian 12GB/256GB. Harga ini lebih mahal Rp 1,5 juta dibandingkan dengan pendahulunya, Z Fold 5, yang dibanderol Rp 24.999.000 saat peluncuran. Model 12/512 GB naik dari Rp 26.999.000 menjadi Rp 28.499.000, sementara model 12 GB/1 TB naik dari Rp 29.999.000 menjadi Rp 31.999.000.

Kenaikan harga ini dikarenakan oleh penguatan nilai tukar dolar AS. Meskipun harganya naik, Samsung juga menawarkan berbagai bonus menarik bagi konsumen yang melakukan pre-order Z Fold 6, seperti trade-in cashback, promo PWP, Samsung Care+ gratis selama 1 tahun, dan paket data E Sim dari Telkomsel hingga 150 GB.

Pre-order Z Fold 6 sudah dibuka di Indonesia dan akan berlangsung hingga 31 Juli 2024. Selama masa pre-order, Samsung memberikan berbagai penawaran menarik, termasuk cashback dan promo, hingga bonus Galaxy Buds FE dan Galaxy Watch FE.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Fit3: Segini Harganya di Indonesia!

Penutup

Itulah spesifikasi dan harga seputar Samsung Galaxy Z Fol6 yang wajib Anda ketahui. Pastikan untuk simak terus informasi terbaru mengenai Samsung Fold6 ini hanya di Doran Gadget. Anda juga bisa mendapatkan berbegai produk Samsung original di Doran Gadget dengan berbagai promo menarik. Yuk, buruan beli sekarang!

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>