Garmin IndonesiaBrand smartwatch besar dunia Garmin telah merilis varian terbaru di seri Vivomove, yakni Vivomove Trend pada awal Februari 2023 lalu dan mulai bisa dibeli di tanah air mulai tanggal 9 Februari 2023.

Hal yang menarik dari jam tangan ini adalah memadukan desain hybrid namun tampak elegan dan stylish untuk penggunaan sehari-hari. Seperti apa spesifikasi Garmin Vivomove selengkapnya? Simak ulasannya dalam artikel yang dirangkum tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi Garmin Vivomove Trend

Berikut spesifikasi Garmin Vivomove Trend secara umum yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya sebagaimana dilansir dari laman Garmin International.

Dimensi 40.4 x 40.4 x 11.9 mm
Bobot Hanya case: 28.3 gram
Dengan strap silikon: 43.3 gram
Material Lensa Chemically strengthened glass
Material Bezel Stainless steel
Quick Release Band Ya, 20 mm
Material Strap Silikon
Ukuran Layar 1.01″ x 0.74″ (25.6 mm x 18.8 mm)
Resolusi Layar 254 x 346 pixels
Tipe Layar Liquid Crystal
Ketahanan Air 5 ATM
Fitur Touchscreen Ya
Ketahanan Baterai Hingga 5 hari – (Mode Smartwatch)
Hingga 6 hari – (Mode Jam Tangan)
Pengisian Daya Kompatibel dengan pengisi daya nirkabel bersertifikat Qi
Navigasi dan Koneksi GPS, Bluetooth Smart, ANT+
Varian Smartwatch Black, White Cream, French Gray, dan Mist Gray

Baca juga: Spesifikasi Garmin Vivomove Sport – Smartwatch Hybrid Desain Stylish

Fitur Garmin Vivomove Trend

Tidak hanya spesifikasi Garmin Vivomove Trend secara umum saja, Anda pun perlu mengetahui berbagai fitur unggulan yang disematkan pada jam tangan ini. Mulai dari segi desain, layar, ketahanan baterai, fitur olahraga dan kesehatan, hingga fitur pendukung lainnya untuk aktivitas dan penggunaan sehari-hari yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Desain yang Elegan

Segi tampilan Garmin Vivomove Trend terlihat elegan dan stylish dengan mengusung tema hybrid. Hal ini berarti memiliki desain konvensional dengan jarum jam sebagai penunjuk waktu dan memiliki tampilan fitur yang bisa dilihat pada layar. Hanya saja, jam tangan ini tidak dibekali dengan tombol untuk pengaturannya.

Materialnya terbuat dari bahan polimer yang tangguh. Ditambah lagi bahan strap dengan material stainless steel, membuatnya juga tampil elegan. Adapun ukuran diameternya adalah 40mm. Dengan ukuran ini, Garmin Vivomove Trend tidak hanya dapat digunakan oleh pria saja, tetapi juga bagi wanita.

Baca juga: 10 Jam Garmin Best Seller di Bawah 5 Juta

2. Layar Lebih Jernih

Sementara itu, dari segi layar Garmin Vivomove Trend cukup jernih dengan resolusi 254 x 346 pixels. Material layar yang terbuat dari liquid crystal membuatnya lebih jernih saat digunakan. Bahkan, ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung, pengguna bisa melihat tampilannya dengan jelas dan jernih.

Ditambah lagi dengan fitur touchscreen, membuat pengguna lebih mudah untuk melihat mode, penyesuaian, dan lain sebagainya hanya dalam satu sentuhan saja. Termasuk pula untuk mensinkronisasi data pada saat smartwatch dihubungkan dengan smartphone ketika mengaktifkan beberapa aplikasi.

3. Ketahanan Baterai

Mengenai ketahanan baterai pada smartwatch Garmin Vivomove Trend, bisa dibilang cukup tangguh untuk penggunaan aktivitas sehari-hari. Saat pengguna mengaktifkan mode smartwatch, maka bisa bertahan hingga 5 hari penggunaan. Kemudian, saat diaktifkan dalam mode jam tangan biasa, dengan pengisian daya 15 menit akan menambah masa pakainya, jadi mampu hingga 6 hari. Sebagai catatan, ketahanan jam tangan ini juga tergantung pada penggunaan fitur-fitur yang diaktifkan.

Keunggulan lainnya adalah, smartwatch ini mendukung pengisian daya tanpa kabel (wireless) dengan sertifikasi Qi. Dimana selain lebih praktis dan cepat, fitur pengisian daya ini masih jarang digunakan di beberapa jenis smartwatch. Tentu, ini menjadi nilai plus bagi para pengguna smartwatch Garmin yang memiliki mobilitas tinggi.

Baca juga: 15 Seri Smartwatch Garmin dengan Ketahanan Baterai Terlama

4. Spesifikasi Garmin Vivomove Trend – Fitur Kesehatan

Spesifikasi Garmin Vivomove Trend selanjutnya ialah fitur kesehatan yang dimilikinya. Pemantau kesehatan yang disematkan Garmin untuk jam tangan yang elegan dan stylish ini juga sangat lengkap seperti:

  • Body Battery: dimana fitur ini digunakan untuk memantau energi yang ada dalam tubuh. Apakah masih dalam kondisi stabil, sehat, atau memerlukan waktu untuk beristirahat dalam melanjutkan aktivitas kembali.
  • Heart Rate Monitoring: memantau kondisi kesehatan jantung dengan pencatatan detak jantung per detik. Hal ini memungkinkan Anda mengetahui apakah detak jantung terlalu tinggi atau terlalu rendah. Selain itu, bisa dijadikan sebagai acuan seberapa ‘keras’ Anda dalam beraktivitas. Baik olahraga maupun aktivitas sehari-hari lainnya.
  • Sleep Monitoring and Sleep Score: fitur ini bisa digunakan untuk melihat seberapa berkualitas tidur Anda dalam satu waktu tertentu. Termasuk menggetahui tingkatan tidur, tingkat repirasi, dan lainnya.
  • Pulse OX Sensor: sensor yang dapat digunakan dalam memantau saturasi oksigen di dalam darah sehari-hari. Termasuk saat Anda tertidur dalam melihat seberapa baik kondisi tubuh saat menyerap oksigen.
  • Stress Tracking: Anda dapat melihat kondisi tingkat stres harian. Ketika tubuh berada pada angka stres tinggi, maka secara otomatis pengguna disarankan untuk beristirahat.
  • Fitur Kesehatan Wanita: memantau kesehatan wanita menjadi lebih mudah. Khususnya dalam memantau siklus menstruasi dan kehamilan. Termasuk informasi mengenai gejala, nutirisi, hingga saran latihan yang perlu dilakukan saat diintegrasikan dengan fitur aplikasi Garmin Connect.
  • Pemantau Hidrasi: dengan fitur pemantau hidrasi, Anda lebih mengetahui kondisi tubuh apakah sudah terhidrasi dengan baik atau kekurangan cairan ketika beraktivitas.
  • Pemantau Respirasi: fitur ini memantau apakah Anda bernafas dengan baik selama beraktivitas. Termasuk selama Anda tidur, berolahraga olah nafas seperti Yoga dan lainnya untuk mendapatkan pola pernafasan yang lebih baik.

 5. Fitur Olahraga

Tak hanya elegan untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari saja, Garmi Vivomove Trend juga dapat digunakan untuk beberapa olahraga. Mulai dari untuk olahraga lari, bersepeda, maupun berenang. Saat memilih olahraga lari, Anda dapat mengaktifkan mode yang diinginkan seperti lari/jogging maupun lari dengan menggunakan treadmill. Sementara untuk renang, hanya untuk fitur renang dasar di kolam.

Ketika Anda mengintegrasikan fitur-fitur di jam tangan dengan aplikasi Garmin Connect, maka semakin mudah dalam memantau kondisi saat berolahraga. Beberapa di antaranya adalah:

  • Fitness Age: fitur ini dapat memberikan informasi mengenai aktivitas yang bisa dilakukan sesuai dengan usia poengguna. Cara kerjanya adalah dengan menaganalisis asupan oksigen maksimal, denyut jantung, lemak tubuh, termasuk riwayat untuk latihan.
  • Intensity Minutes: memberikan Anda rekomendasi lebih baik selama beraktivitas dan berolahraga.
  • Fitness Tracking: membantu melacak Anda dalam berolahraga dan beraktivitas seperti menghitung kalori, pencatatan langkah, dan lain sebagainya.
  • Preloaded Sports Apps: membantu pengguna untuk memilih dan melakukan pengaturan untuk mode olahraga tertentu seperti yoga, kardio, berenang, dan lainnya.

Baca juga: Tips Memilih Smartwatch Garmin Sesuai Penggunaan

6. Fitur Unggulan Lainnya

Untuk mendukung kenyamanan penggunaan, Garmin Vivomove Trend juga dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung unggulan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Garmin Pay: fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran non-tunai di beberapa merchant dan negara yang mendukung sistem dari Garmin.
  • Garmin Connect: yakni platform yang dapat Anda gunakan dalam menyimpan data penting kesehatan maupun olahraga dengan mudah.
  • Smart Notification: fitur yang bisa disinkronkan untuk melakukan panggilan maupun pesan di smartwatch Anda saat diaktifkan.
  • Safety and Tracking Features: yakni fitur untuk mendeteksi dan peringatan kepada kontak yang ada di Garmin Connect ketika pengguna mendeteksi bahaya.

 7. Harga Garmin Vivomove Trend

Terakhir adalah mengenai harga Garmin Vivomove Trend. Di Indonesia, jam tangan ini dibanderol mulai 269US$ atau sekitar Rp4.8 jutaan. Harga tersebut bisa sudah disesuaikan dengan peraturan perpajakan dan fiskal yang ada di tanah air. Termasuk mengenai pajak atas barang impor yang masuk di Indonesia. Dimana harga yang telah disesuaikan inilah yang menjadi patokan harga penjualan di tanah air.

Baca juga: 5 Merk Smartwatch Terbaik dan Banyak Diminati

Penutup

Bagaimana Sobat Doran, menarik bukan spesifikasi Garmin Vivomove Trend ini untuk tampil elegan dalam aktivitas sehari-hari? Kini, Anda bisa mendapatkan smartwatch Garmin Vivomove Series ini beserta aksesorisnya di Doran Gadget. Sebagai official store Garmin SurabayaGarmin Jakarta, Garmin SemarangGarmin Manado dan Garmin Bali, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Dapatka pula harga dan promo terbaik untuk setiap pembelian produk baik di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di nomor 087834601568. Follow juga Instagram Doran Gadget untuk mengetahui informasi promo yang sedang berlangsung.

Artikel terkait:

× WhatsApp