DJI IndonesiaDJI RS 3 Mini resmi dirilis beberapa lalu. Dimana gimbal kamera ini adalah versi lite atau lebih kecil dari seri Reguler dan Pro yang sudah diluncurkan pertengahan tahun 2022 lalu. Dari segi harga, tentu memang lebih terjangkau. Termasuk bagi para pemula. Lantas, seperti apa spesifikasi DJI RS 3 Mini beserta fitur maupun keunggulan yang dimilikinya? Simak ulasan selengkapnya sampai tuntas dalam artikel kali ini, Sobat Doran.

Spesifikasi DJI RS 3 Mini

Bagi Anda yang ingin memiliki gimbal terbaru ini, ada baiknya untuk simak terlebih dahulu spesifikasi DJI RS 3 Mini yang dilansir dari laman DJI International pada tabel berikut ini:

Port Aksesoris 1/4″-20 Mounting Hole
RSS Camera Control Port (USB-C)
NATO Expansion Port
Baterai Model: HB7-2450mAh-7.2
Tipe: 18650 Li-ion 2S
Kapasitas: 2450 mAh
Daya: 17.64 Wh
Lama Pengoperasian: 10 hours
Spesifikasi Charger: 5 V/2 A
Lama Pengisian: Sekitar 2.5 jam
Temperatur pengisian daya yang disarankan: 5°-40° C
Koneksi Bluetooth 5.1
USB-C Charging Port
Kompatibilitas Aplikasi iOS 11.0 dan di atasnya
Android 7.0 dan di atasnya
Bahasa yang Mendukung Touchscreen Inggris, Mandarin Sederhana, Mandarin Tradisional, Jeman, Perancis, Korea, Jepang, Spanyol, Portugis (Brasil), Rusia, dan Thailand
Payload Maksimal 0.4-2 kg (0.8-4.4 lbs)
Kecepatan Rotasi Maksimum Pan: 360°/s
Tilt: 360°/s
Roll: 360°/s
Mechanical Range Pan Axis: 360° continuous rotation
Roll Axis: -95° to +240°
Tilt Axis: -110° to +210°
Frekuensi 2.4000-2.4835 GHz
Power Transmitter Bluetooth <4 dBm
Temperatur Pengoperasian -10° to 45° C (14° to 113° F)
Bobot Gimbal: 795 gram (portrait mode) dan 850 gram (horizontal shooting mode) keduanya termasuk Quick-Release Plate dan tidak termasuk Extended Grip/Tripod
Extended Grip/Tripod: sekitar 128 gram
Dimensi Dilipat: 323×195×98 mm (tinggi tidak termasuk Extended Grip/Tripod)
Tidak dilipat: 180×159×296 mm (tidak termasuk kamera dan Extended Grip/Tripod)

Baca juga: DJI Ronin-S Gimbal: Stabilizer Terbaik Pilihan Profesional

Fitur dan Keunggulan DJI RS 3 Mini

Selain spesifikasi DJI RS 3 Mini, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah mengenai fitur dan keunggulan yang dimilikinya. Khususnya bagi para pecinta fotografi dan videografi, termasuk para profesional di bidang tersebut. Berikut keunggulan dan fitur terbaik DJI RS 3 Mini seperti dihimpun dari laman Trusted Reviews, DP Review, dan sumber lainnya.

1. Desain Compact dan Ergonomis

Pertama adalah dari segi desainnya, DJI RS3 Mini mengusung desain ergonomis dan compact. Inilah yang membuatnya bisa diandalkan dan portable. Bisa dibilang, gimbal ini desainnya setengah dari seri reguler dan Pro. Bahkan, bobotnya sekitar 795 gram dan hal itu sekitar 40% lebih ringan dari versi reguler.

Jika Anda menggunakannya dalam mode horizontal, maka bobotnya sekitar 850 gram. Dengan desain ini, mampu digunakan untuk payload hingga 2 kilogram termasuk untuk kamera mirrorless. Kerennya lagi, gimbal juga dilengkapi dengan fitur touchscreen selain tombol analog untuk pengaturan penggunaan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Gimbal Kamera Terbaik, Mulai dari 1 Jutaan!

2. Performa dan Pengoperasian

Selanjutnya yakni mengenai performa dan pengoperasiannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, gimbal ini mampu menopang payload hingga 2 kilogram. Misalnya saja untuk kamera dengan mirrorless full frame atau bisa juga digunakan untuk kamera APS-C yang dikombinasikan.  Meski begitu, kontrolnya sangat mudah dan kokoh dalam genggaman.

Ini karena keseimbangan yang lebih terpusat. Termasuk saat mengambil objek bergerak dan penggunaan yang aktif seperti berlari maupun sudut bidikan yang rendah dengan mulus. Ada pula untuk fitur motor dengan torsi tinggi. Fungsinya adalah mempertahankan gambar tetap stabil saat melakukan zoom yang maksimal dengan panjang fokus. Terlebih gimbal ini mampu digunakan hingga 10 jam.

3. Spesifikasi DJI RS 3 Mini – Bluetooth Shutter Control

Keunggulan fitur yang ketiga ialah koneksi yang menggunakan fitur Bluetooth terbaru. Dengan fitur ini pun pengguna dapat mengontrol secara penuh di kamera mirrorless yang ada. Yakni kamera akan terhubung kembali secara otomatis ketika pemasangan awal berhasil. Kemudian, dapat langsung digunakan untuk merekam video atau take foto di tombol rekamnya.

Untuk kamera dengan dukungan lensa digital, Anda pun bisa langsung melakukan kontrol terhadap zoom optik atau digital lewat tombol putar yang ada di depan. Jadi, pengguna tak perlu menggunakan kabel lagi. Apabila ingin beralih mode tinggal pilih tombol M untuk mode Pan and Tilt Follow, FPV, dan Pan Follow. Tombol dial bagian depan dapat berputar dan melakukan penyesuaian ISO, fokus, rana, maupun apertur.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video dengan Stabilizer Makin Keren

4. Foto Vertikal dengan Hasil Terbaik

Spesifikasi DJI RS 3 Mini lainnya adalah adanya penyempurnaan untuk pemotretan secara vertikal yang instan dan tanpa tambahan aksesoris. Yakni dengan memasang Quick-Release Plate di lengan vertikal pada gimbal. Kontrolnya sama dengan pengambilan mode horizontal dan hasilnya pun tidak kalah keren dan lebh tajam.

Tambahan port NATO yang disematkan di gimbal DJI RS 3 Mini membuat pemasangan aksesoris lebih fleksibel dan mudah. Misalnya untuk lampu pengisian eksternal, pegangan kopernya, bahkan untuk penambahan monitor yang bisa memberikan pilihan konfigurasi lebih banyak.

5. Harga DJI RS 3 Mini

Terakhir mengenai harga DJI RS 3 Mini. Untuk pasaran di Indonesia, gimbal kamera ini dijual sekitar Rp4.6 jutaan. Tentu harga tersebut lebih terjangkau jika dibandingkan dengan seri RS 3 Standar yang dibanderol mulai Rp7 jutaan. Sedangkan untuk seri DJI RS 3 Pro dijual dengan harga di atas Rp10 jutaan.

Harga jual di tanah air ini dipengaruhi oleh kebijakan fiskal yang berlaku. Termasuk pajak atas barang impor yang masuk di Indonesia. Dengan begitu, harga di distributor menyesuaikan dengan kebijakan tersebut dan kebijakan dari pihak DJI.

Baca juga: Spesifikasi DJI RS 3 dan RS 3 Pro: Gimbal Kamera Terbaru DJI

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai spesifikasi DJI RS 3 Mini yang mengusung desain ringkas namun tetap powerful di berbagai kondisi. Dengan begitu, gimbal ini sangat cocok untuk Anda pecinta fotografi dan traveling. Kini, Anda bisa mendapatkan produk gimbal terbaik DJI hanya di Doran Gadget.

Sebagai official store DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI Bali, dan DJI Manado, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, dapatkan pula berbagai promo menarik untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi di waktu tertentu. Informasi mengenai produk bisa hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Ikuti juga Instagram Doran Gadget untuk mengetahui informasi promo terbaru.

Artikel terkait:

× WhatsApp