Doran Gadget – Keyboard memang menjadi salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan namun juga sering kotor. Meskipun digunakan setiap hari, Anda pasti menemukan ada debu yang menempel pada keyboard anda. Padahal keyboard yang kotor merupakan sarang kuman dan bakteri yang harus Anda hindari. Agar keyboard tetap bersih, seberapa sering kita harus membersihkan keyboard? Simak selengkapnya! 

Seberapa Sering Kita Harus Membersihkan Keyboard?

Dilansir dari IDN Times, berikut ini adalah jadwal seberapa sring Anda harus membersihkan keyboard menurut pada ahli. 

1. Kuman dan Bakteri Berkembang di Keyboard 

Seperti yang diketahui, barang elektronik memang tidak bisa dicuci dengan sabun dan air. Karena itulah untuk membersihkannya perlu beberapa cara extra agar tidak merusak perangkat. Padahal barang elektronik yang sering dipakai seperti di meja kantor memiliki 400 kali lebih banyak bakteri dibandingkan tempat duduk toilet. Fakta tersebut diungkapkan oleh sebuah studi dari University of Arizona pada tahun 2012. 

Sebuah penelitian pada tahun 2006 di Northwestern Memorial Hospital juga menemukan bahwa dua bakteri yang resistan terhadap obat dan bisa mematikan itu bisa ditemukan dalam keyboard. Bakteri tersebut adalah Entercomoccus faecium yang resistan terhadap obat dan Staphylococcus aureus yang resisten methicillin atau MRSA dan dapat bertahan hingga 24 jam di dalam keyboard. 

Selain itu, ada kuman lain yang lebih umum seperti bakteri Pseudomonas aeruginosa yang bisa bertahan selama satu jam. Namun kuman satu ini tidak terlalu berbahaya seperti dua sebelumnya. Meskipun begitu, ada kemungkinan bakteri dan kuman lain yang bisa menempel pada keyboard yang jarang dibersihkan. 

Baca juga: 5 Perbedaan Keyboard Biasa vs Mechanical, Apa Saja?

2. Bersihkan Keyboard Seminggu Sekali 

Menjawab pertanyaan seberapa sering membersihkan keyboard, studi tahun 2012 tentang komputer menyebutkan bahwa para ahli mikrobiologi menyimpulkan bahwa keyboard dan mouse yang digunakan secara bergantian harus dibersihkan setidaknya seminggu sekali. 

Namun jika Anda merasa itu belum maksimal, maka Anda bisa mengikuti saran dari studi pada tahun 2006 tentang workstation rumah sakit yang menyarankan keyboard harus dibersihkan setiap hari. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Keyboard Wireless, Termasuk Mechanical!

3. Bagaimana Cara Membersihkan Keyboard?

Direkomendasikan oleh Pusat Riset Kesehatan Nasional (National Center for Health Research), berikut ini adalah cara membersihkan keyboard yang bisa Anda lakukan. 

  • Cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan keyboard
  • Dalam keadaan tangan kering, matikan laptop dan cabut perangkat atau komponen komputer Anda
  • Balikkan laptop atau keyboard dan goyang secara lembut agar debu atau serpihan kotoran yang tersembunyi di celah-celah keyboard jatuh. 
  • Jika Anda memiliki peralatan vakum atau kuas untuk keyboard maka gunakan alat tersebut untuk mengeluarkan dan membersihkan debu dan kotoran yang membandel
  • Basahi kain bersih dengan sedikit atau alkohol isopropil, kemudian usapkan lembut pada seluruh permukan keyboard. 

Baca juga: Daftar Harga Keyboard Logitech Lengkap Terbaru 2022

Penutup 

Setelah mengetahui seberapa sering Anda harus membersihkan keyboard dan cara membersihkannya, maka jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan keyboard Anda. Dapatkan keyboard terbaru dan terbaik dari Logitech dan JETE hanya di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp