Doran GadgetKeyboard merupakan bagian penting untuk menunjang aktivitas kerja menggunakan komputer. Papan ketik ini dibedakan menjadi dua tipe yakni keyboard biasa atau membran dan tipe mechanical. Lalu, apa perbedaan keyboard biasa vs mechanical ini? Mana yang lebih baik untuk mendukung pekerjaan Anda? Simak ulasannya yang sudah dirangkum tim Doran Gadget berikut ini.

Perbedaan Keyboard Biasa vs Mechanical

Berikut lima perbedaan utama antar keyboard biasa vs mechanical yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya sesuai dengan kebutuhan.

1. Desain Keyboard Secara Fisik

Keyboard Mechanical Murah

Perbedaan yang pertama dapat dilihat dengan jelas dari segi fisik kedua keyboard. Mulai ukuran tombol, tata letak, hingga jarak antara satu tombol dengan lainnya. Termasuk tingkat sensitivitas dan reaksi saat ditekan. Lebih mudahnya, perbedaan keyboard biasa vs mechanical bisa dilihat di tabel berikut:

 Keyboard Mechanical  Keyboard Biasa
 Jarak tombol satu dengan lainnya rapat  Jarak tombol satu dengan lainnya renggang
 Tombol lebih menonjol ke bagian atas  Tombol tidak menonjol dan lebih rendah
 Menggunakan mekanisme switch, terutama di bagian bawah tombol  Terdapat lapisan karet pada bagian bawah atau sirkuit tombol
 Suara cukup keras saat ditekan  Suara lebih halus saat ditekan
 Lebih responsif walaupun ditekan perlahan  Memerlukan tenaga yang ekstra untuk memencet keyboard agar responsif

Baca juga: 10+ Keyboard Mechanical Murah untuk Gaming

2. Cara Kerja

harga keyboard gaming terbaik (1)

Selanjutnya adalah mengenai cara kerja keyboard. Untuk keyboard jenis mechanical, switch yang ada di bagian bawah tombol akan bekerja lebih akurat. Hal itu karena hampir di semua tombol satu per satu memiliki switch sendiri. Inilah yang membuatnya lebih responsif bahkan saat ditekan perlahan.

Sementara, untuk keyboard biasa terdapat karet yang menonjol atau dome pada bagian bawahnya. Dome ini dapat bergeser ke samping ketika ditekan. Ini akan membuat pengguna lebih keras menekan agar input benar-benar bekerja dengan baik.

3. Perbedaan Keyboard Biasa vs Mechanical – Kenyamanan

Ketiga yakni tentang kenyamanan penggunaan. Memang, untuk hal ini masing-masing pengguna memiliki pandangan berbeda. Keyboard mechanical memang menawarkan responsif yang tinggi dalam aktivitas dengan komputer Anda. Bahkan, pengguna seolah sedang memecahkan bubble wrap dan membuat rileks ketika mengetik. Hanya saja, sedikit lebih berisik.

Di sisi lain, keyboard biasa menawarkan ketenangan saat mengetik karena tidak terlalu berisik jika dibandingkan dengan mechanical. Namun, di sisi lain tetap saja keyboard ini kurang pas bagi sebagian pengguna karena harus menekan dengan cukup kuat agar tombol responsif.

Baca juga: Daftar Harga Keyboard Logitech Lengkap Terbaru 2022

4. Fleksibilitas yang Dimiliki

Logitech MX Keys Mini (2)

Perbedaan keyboard biasa vs mechanical bisa dilihat pula dari tingkat fleksibilitasnya. Dimana keyboard biasanya terbuat dari material dan komponen yang cukup ringan. Inilah yang membuatnya nyaman di bawa saja saat bepergian atau memindahkannya ketika diperlukan.

Tanpa mengesampingkan keyboard mechanical, sebenarnya tipe mechanical juga punya fleksibilitas tinggi. Termasuk dalam desain dan ukuran yang ringkas. Bahkan, saat ini juga ada ukuran tipe 60% yang lebih simpel. Hal itu tidak akan memakan tempat bagi pengguna. Khususnya di meja dan lingkungan kerja sempit sekalipun.

5. Perbedaan Keyboard Biasa vs MechanicalKetahanan

Terakhir, dapat dilihat dari segi ketahanan atau durabilitas keyboard. Untuk urusan ketahanan, keyboard mechanical memang lebih unggul. Itu karena tipe keyboard ini dirancang khusus untuk penggunaan yang lama. Bahkan, untuk penggunaan yang sangat intens sekalipun hingga 100 juta ketukan jari.

Lalu, keyboard mechanical jika terjadi kerusakan pada satu tombol switch maka pengguna cukup mengganti bagian yang rusak saja. Ini berbeda dengan keyboard biasa yang salah satu tombol atau bagian rusak, maka harus mengganti keseluruhan. Tentu, ini akan membuat Anda mengeluarkan biaya tambahan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Keyboard Wireless Terbaik untuk Berbagai Aktivitas

Mana yang Terbaik untuk Anda?

Lalu, mana yang terbaik untuk Anda? Hal itu tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Jika cenderung menggunakannya dalam waktu yang lama, maka keyboard mechanical memang lebih baik. Selain itu juga didukung dengan tombol yang lebih responsif. Hal ini sangat cocok bagi para konten kreator, gamers, dan aktivitas lainnya.

Namun, bila Anda tidak begitu intens dan hanya untuk mengetik saja maka keyboard biasa sudah cukup. Tak hanya mudah, keyboard biasa pun cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau. Apapun pilihannya, pastikan Anda membeli keyboard terbaik di tempat terpercaya seperti Doran Gadget.

Kami menjual produk original dari berbagai brand ternama. Selain itu, ada berbagai program dan promo menarik di setiap pembelian melalui website, aplikasi, maupun store. Informasi mengenai produk dan pembelian hubungi CS kami di sini. Untuk mengetahui promo yang berlaku, follow Instagram Doran Gadget sekarang juga!

Artikel terkait:

× WhatsApp