Tips Merawat Keyboard Gaming Agar Awet

keyboard gaming

Doran GadgetKeyboard gaming adalah salah satu alat yang sangat penting dalam satu rangkaian gaming PC. Dengan keyboard yang mumpuni, Anda bisa melakukan serangan-serangan ampuh pada lawan untuk memenangkan pertempuran. Harga keyboard PC untuk gaming juga tidak murah, jadi Anda harus merawatnya dengan baik agar awet.

Dalam artikel ini, Doran Gadget akan memberikan sederet tips bagaimana cara merawat keyboard yang Anda gunakan untuk gaming agar tetap bisa berfungsi dengan baik.

Tips Penting Merawat Keyboard Gaming

Keyboard terbaik untuk gaming memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan keyboard berdesain tipis yang lebih modern. Sayangnya, penumpukan debu sering jadi masalah utama untuk keyboard jenis ini.

Yuk, simak cara membersihkannya seperti berikut ini!

1. Balik keyboard dan goncangkan perlahan

keyboard gaming

Ini adalah cara klasik dalam membersihkan keyboard PC yang selalu layak dicoba. Jika Anda merasa tuts keyboard sudah mulai berdebu dan mengganggu performa, segera balikkan keyboard dan hentakkan ringan pada bagian belakangnya. Dengan cara ini, debu-debu yang ada pada keyboard akan berjatuhan.

Anda bisa menggunakan cara ini untuk membersihkan keyboard Logitech G512 yang menggunakan teknologi mekanikal.

2. Gunakan alat penarik keycap

keyboard

Debu yang masuk terlalu dalam biasanya lebih sulit dihilangkan dan Anda harus melepaskan keycap untuk membersihkannya. Gunakan alat khusus untuk melepaskan keycap pada tuts keyboard untuk mencegah kerusakan. Alat ini biasanya disebut dengan keycap puller atau spudger.

Alat seperti ini akan sangat membantu untuk membersihkan keyboard dengan tuts yang rapat seperti Logitech G413 Mechanical Backlit Keyboard.

3. Sapu debu tipis dengan kuas halus

Ketika membeli keyboard yang digunakan untuk gaming, Anda tidak hanya harus memperhatikan fitur-fiturnya saja tetapi juga cara pembersihannya. Karena seiring berjalannya waktu, keyboard yang Anda gunakan pasti akan ditempeli debu. Jika dibiarkan terus menerus, penumpukan debu ini bisa mempengaruhi kinerja keyboard dan bisa-bisa merusak keyboard itu nantinya.

Sebelum debu menumpuk, biasakan untuk membersihkan lapisan debu tipis dengan menggunakan kuas pembersih. Hal ini penting untuk mencegah debu masuk lebih dalam ke tuts keyboard.

4. Siapkan spray duster

spray duster

Melepaskan tuts keyboard satu demi satu bisa sangat merepotkan dan memakan banyak waktu. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan spray duster. Spray duster adalah udara yang dikompres dalam kemasan kaleng siap pakai, tinggal disemprotkan saja. 

Produk spray duster bisa ditemukan dengan mudah di berbagai marketplace online lho. Cara ini lebih praktis jika Anda tidak mau mencungkil tuts satu per satu. Apalagi seperti Logitech G813 LIGHTSYNC RGB Keyboard yang punya sekitar 110 tuts keyboard, tentu membutuhkan waktu lama untuk melepasnya satu per satu.

5. Untuk debu membandel, pakai gel cleaner

keyboard pc

Terakhir, Anda bisa menggunakan gel cleaner khusus untuk membersihkan keyboard PC untuk gaming. Harga gel cleaner relatif lebih murah dibandingkan dengan spray duster. Cocok nih untuk Anda yang punya budget terbatas untuk membeli perlengkapan pembersih keyboard.

Dapatkan Keyboard Gaming Terbaik Hanya di Doran Gadget

Harga keyboard gaming yang tidak murah membuat Anda harus bisa merawatnya dengan baik. Jangan sampai keyboard bermasalah hingga rusak dan mengganggu performa gaming Anda. Anda bisa mendapatkan berbagai macam keyboard untuk gaming berkualitas di Doran Gadget.

Dapatkan harga promo spesial dalam event Gamers Day mulai tanggal 27 Mei hingga 8 Juni 2021. Untuk tahu tentang update terbaru promo produk yang sedang berlangsung, gabung aja di channel Telegram Doran Gadget!