Risiko Memakai Smartphone jika Layarnya Retak

Smartphone-mu pernah jatuh hingga layarnya retak? Tapi, untungnya masih bisa dipakai. Kamu jadi enggan untuk memperbaiki ke tempat servis. Padahal layar yang retak cukup mengganggu pemandangan.

Selain itu, ternyata ada beberapa risiko saat memakai smartphone dengan layar yang retak. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.


1. Fungsi Layar Sentuh Menurun

Layar smartphone yang retak tentu menurunkan sensitivitasnya meski masih bisa berfungsi. Keadaan bisa semakin parah apabila kamu tidak menjaganya. Menyimpan di saku bisa menimbulkan gesekan yang mempercepat kerusakan layar.

2. Kehilangan Proteksi

Layar yang pecah bisa menghilangkan fungsi melindungi bagian atau komponen dalam smartphone. Contohnya, jika smartphone-mu yang layarnya pecah itu tertumpah air, maka risikonya adalah air tersebut bisa saja masuk ke bagian dalam. Alhasil, kerusakannya akan semakin parah.

3. Risiko Melukai Jari

Pecahan layar yang tajam bisa berisiko melukai jarimu. Apabila kamu tidak berhati-hati dalam menggunakan smartphone yang layarnya retak, jari-jarimu pasti akan tergores. 

4. Radiasi Lebih Besar

Dengan layar yang pecah, bisa menimbulkan radiasi yang jauh lebih berbahaya untuk para pengguna smartphone. Dilansir dari situs Vest, International Agency for Research on Cancer (IARC) bahkan menyebutkan bahaya radiasi yang dipancarkan smartphone terutama dengan kondisi layar pecah.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp