Review Garmin Edge 130 Plus – GPS Sepeda Harga Terjangkau

gps sepeda garmin edge

Dorangadget.com Garmin Edge 130 Plus adalah versi terbaru untuk GPS sepeda Garmin Edge 130 dengan banyak fitur baru yang disematkan ke dalamnya. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk berpetualang di berbagai medan seperti jalan raya, jalan sempit bahkan bersepeda di gunung. 130 plus juga memiliki metrik untuk mengukur lompatan.

Dalam artikel ini akan membahas Garmin Edge 130 Plus yang biasa digunakan untuk menemani aktivitas bersepeda.

Spesifikasi Garmin Edge 130 Plus

  • Harga Garmin Edge 130 Plus Rp 3.299.000
  • Desain 1.8inch, 303 x 230 piksel
  • Berat 33g
  • Penyimpanan 100 titik arah, lokasi, 30 rute dan 100 jam history
  • Ketahanan air IPX7
  • Konektivitas Bluetooth, ANT+
  • Sensor GPS,GLONASS, Galileo
  • Daya tahan baterai 12 jam
  • Dimensi 41mm x 63mm x 16mm

Desain Garmin Edge 130 Plus

Jika melihatnya secara sekilas, antara Edge 130 dan Edge 130 Plus bisa dikatakan mirip karena memang masih satu tipe. Baik dari casing, ukuran layar, grafik, suara, berat. Satu-satunya perbedaan yakni pada stiker bagian belakang.

GPS Sepeda 130 plus merupakan tipe paling terjangkau. Tidak mengherankan jika masih menggunakan tombol fisik, bukan layar sentuh yang mempermudah penggunaan. Terdapat lima total tombol kecil ringkas untuk penggunaannya.

gps sepeda garmin edge 130 plusgarmin edge 130 plusgps sepeda garmin edge 130 plus original

Setting Awal Garmin Edge 130 Plus

Setelah menyalakannya, Anda akan masuk menu dashboard. Untuk menghubungkannya dengan Garmin Connect pada smartphone, silahkan baca artikel kami berjudul Cara Menggunakan GPS Garmin Edge 130 Plus – Setting Awal. Jika Anda sudah memiliki rencana latihan, maka secara otomatis akan tersinkron pada GPS.

garmin edge 130 plus

Untuk mengakses menu serta fitur-fiturnya:

  • Tekan dan tahan tombol kanan atas untuk akses menu utama
  • Dari situ Anda akan melihat berbagai pengaturan untuk semua hal.
  • Menu paling atas adalah Ride Settings, tempat untuk mengkonfigurasi data Anda.
garmin edge 130 plusgarmin edge 130 plus
  • Anda bisa menyusun sampai 8 bidang per halaman.

Baca: GPS Sepeda Garmin Edge 130 Plus VS 530 VS 830 VS 1030: Perbedaan, Perbandingan dan Ulasan Lengkap

Fitur GPS Sepeda 130 Plus

Seperti yang sudah dibahas tadi, Edge 130 Plus bisa digunakan untuk menjelajah gunung. Hal ini karena Garmin menambahkan fitur akselerometer, sehingga memungkinkan memasukkan metrik MTB seperti Grit untuk menghitung tingkat kesulitan rute, Jumps untuk menghitung lompatan, Flow untuk peringkat seberapa mahir Anda melewati rute, deteksi insiden dan lain sebagainya.

GPS Garmin ini mendukung konektivitas Bluetooth dan ANT+ juga radar lampu Varia yang akan otomatis menyinkronkan sensor dan data dari Aplikasi Garmin Connect ke GPS Sepeda 130 Plus. Support akses ke jaringan satelit GPS, GLONASS dan Galileo yang memberikan rute dengan cepat.

Anda juga bisa menambahkan beberapa sensor seperti Heart Rate Monitor, sensor speed, sensor cadence.

Fitur selengkapnya pada pada 130 Plus:

  • Memiliki deteksi insiden
  • Mendukung latihan terstruktur
  • Memiliki metrik MTB
  • Memiliki ClimbPro
  • Memiliki akselerometer
  • LiveTrack yang akan menampilkan jalur dan Anda bisa membagikannya kepada siapapun.

Menggunakan GPS Sepeda 130 Plus

garmin edge 130 plus

Karena ini terhubung dengan smartphone melalui aplikasi Garmin Connect. Ini juga akan menampilkan notifikasi dari smartphone seperti pesan masuk, panggilan telepon juga deteksi insiden, yang akan menghubungi seseorang yang sudah Anda pilih ketika membutuhkan bantuan.

Untuk mulai menggunakannya dengan bersepeda, pastikan Anda sudah memasang holder pada sepeda Anda sebagai tempat dudukan. Klik tombol kanan bawah, lalu pilih rute yang akan Anda lalui. Tunggu beberapa saat, agar satelit terhubung dengan GPS, lalu klik start. Sensor yang sudah Anda tambahkan seperti heart rate, speed dan cadence juga akan otomatis memberikan data.

garmin edge gps sepeda garmin originalgarmin edge 130 plus

Baca: Garmin Sepeda GPS – Cara Memasang Speed Sensor dan Cadence Sensor

Ketika Anda beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan Anda lagi, klik tombol kanan bawah lagi untuk menjeda. Atau pilih Save Ride untuk mendapatkan versi singkat statistik perjalanan Anda. Untuk melihat data bersepeda secara lebih detail, lihat pada aplikasi Garmin Connect. Anda juga bisa mensinkronkan ke aplikasi lain seperti Strava.

Penutup

Garmin 130 Plus memiliki fitur yang cukup untuk menemani Anda bersepeda. Dimensi layarnya yang relatif kecil dan belum menggunakan touch screen mungkin akan membuat Anda kesulitan pada awalnya. Namun sebagai produk GPS Sepeda Garmin paling terjangkau, fitur yang diberikan sudah sesuai dengan harganya.

GPS Sepeda ini adalah solusi untuk Anda yang hobi bersepeda dan peduli dengan data statistik. Miliki Garmin Edge 130 Plus atau produk Garmin lainnya dengan penawaran spesial untuk Anda.