Review Smartwatch Diving Garmin Descent MK3i - FI

Garmin IndonesiaTahukah Anda jika smartwatch memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan keselamatan dan keamanan para penyelam? Hal itu dikarenakan fitur penting yang dimilikinya. Seperti pada smartwatch Garmin Descent Mk3i. Penasaran seperti apa kecanggihannya? Simak ulasan mengenai spesifikasi Garmin Descent Mk3i dalam artikel kali ini.

Spesifikasi Garmin Descent Mk3i

Melansir dari laman resmi Garmin International, mengenai spesifikasi Garmin Descent Mk3i bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Dimensi 51 x 51 x 16.4 mm
Bobot Tanpa tali jam: 77,8 gram
Tali jam silikon: 105,6 gram
Material Lensa Kristal safir
Material Bezel Titanium berlapis DLC (Diamond-like Carbon)
Material Case Polimer yang diperkuat serat dengan penutup belakang titanium
Kompatibel Quickfit Ya (26mm)
Ketahanan Air Hingga 200 meter penyelaman
Layar Sentuh Ya
Tipe Layar AMOLED (1.4 inci)
Resolusi Layar 454 x 454 piksel
Senter LED Ya
Kapasitas Penyimpanan 32GB
Ketahanan Baterai Hingga 25 hari
Navigasi GPS, GLONASS, GALILEO, SATIQ, Multi-Frequency Positioning
Warna Carbon Gray

Baca juga: 5 Rekomendasi Smartwatch Diving dan Snorkeling

Fitur Unggulan Garmin Descent Mk3i

Untuk mengetahui apa saja fitur unggulan yang dimiliki oleh smartwatch Garmin Descent MK3i ini, berikut selengkapnya:

1. Desain yang Kokoh

Spesifikasi Garmin Descent Mk3i (4)
sc: Wareable

Pertama adalah dari segi desain yang dirancang menggunakan bahan polimer yang diperkuat serat dan titanium pada bagian case. Sedangkan bezelnya menggunakan material titanium yang dilapisi DLC. Lalu, untuk bahan lensanya terbuat dari kristal safir. Strapnya terbuat dari bahan silikon yang nyaman di tangan.

Layarnya sendiri menggunakan tipe AMOLED dengan resolusi 454 x 454 piksel berwarna yang membuatnya terlihat jelas walaupun di bawah terik matahari maupun kedalaman tertentu. Spesifikasi desain yang kokoh ini membantu pengoperasian jam tangan tetap nyaman bahkan sampai kedalaman 200 meter.

Di samping itu, jam tangan ini juga dilengkapi dengan LED flashlight. Dimana pengguna dapat mengaktifkannya untuk membantu penglihatan dan cahaya saat menyelam. Termasuk digunakan saat kondisi minim cahaya saat di permukaan air.

Baca juga: 15 Seri Smartwatch Garmin dengan Ketahanan Baterai Terlama

2. Ketahanan Baterai

Spesifikasi Garmin Descent Mk3i (5)
sc: Scuba

Sebagai jam tangan untuk aktivitas outdoor, ketahanan baterai menjadi pertimbangan utama. Terlebih lagi jika menggunakannya tidak hanya di daratan maupun permukaan air saja, tetapi juga di kedalaman saat menyelam. Berikut ketahanan baterainya yang perlu Anda ketahui:

  • Smartwatch: hingga 25 hari (10 hari always-on)
  • Mode hemat baterai: hingga 31 hari
  • Hanya GPS: hingga 76 jam (56 jam always-on)
  • Semua Sistem Satelit: hingga 55 jam (43 jam always-on)
  • Semua Sistem Satelit + Multi-band: hingga 48 jam (38 jam always-on)
  • Semua Sistem Satelit + Musik: hingga 17 jam
  • Mode GPS Baterai Maks: hingga 118 jam
  • Aktivitas GPS Ekspedisi: hingga 24 hari
  • Mode menyelam: hingga 66 jam
  • Mode selam dengan Descent T2: hingga 40 jam

Perlu diingat, lama ketahanan daya baterai ini juga didasarkan pada penggunaan dan berapa banyak fitur yang diaktifkan. Sehingga, berpengaruh pula terhadap ketahanan baterainya.

3. Fitur Canggih untuk Diving

Spesifikasi Garmin Descent Mk3i (1)
sc: A Blog to Watch

Salah satu keunggulan dan fitur yang ditonjolkan Garmin Descent Mk3i ini adalah dapat terhubung dengan transceiver Garmin Descent T2. Perangkat dijual terpisah dengan jam tangan. Dimana fungsinya adalah dapat menghubungkan hingga delapan penyelam saat melakukan diving.

Nantinya, dalam kelompok tersebut penyelam ini saling terhubung dalam jarak 10 meter dan dapat memantau tekanan tangki, laju konsumsi udara, dan waktu menyelam yang tersisa satu sama lain. Komunikasi saat menyelam tersebut semakin lancar berkat dukungan teknologi sonar SubWave.

Tak hanya itu saja, untuk menjaga kenyamanan ketika menyelam dan persiapannya, Garmin juga menyematkan beberapa fitur diving lainnya seperti:

  • Dive Log: media penyimpanan data penyelaman, pelacakan perlengkapan, dan lainnya yang tersimpan dan bisa dibagikan lewat aplikasi Garmin Dive.
  • Dive Mode: berisi berbagai mode penyelaman sesuai kebutuhan. Baik penyelaman meggunakan gas tunggal maupun multi-gas seperti trimix dan nitrox. Memantau gauge, apnea, dan CCR.
  • Dive Readiness Tool: menunjukkan bagaimana gaya hidup berpengaruh pada kondisi kesiapan menyelam. Seperti olahraga, tidur, tingkat stress, hingga jet lag.
  • Dive View Maps: berisi mengenai peta lebih dari 4000 situs penyelaman (saat ini masih tersedia di sebagian Amerika dan Eropa saja).
  • Variometer: fitur yang membantu memantau laju turun dan naik freedive penyelam melalui umpan balik getaran maupun bunyi.
  • Tide Data: memberikan informasi mengenai kondoisi lautan dengan menghubungkan perangkat Descent ke smartphone yang mendukung.

Selain di atas, Garmin Descent Mk3i dapat diintegrasikan dan sinkronisasi otomatis menggunakan aplikasi Garmin Dive App. Termasuk dapat dihubungkan dengan perangkat penyelaman lain seperti Garmin inReach.

Baca juga: 5 Perbedaan Snorkeling dan Diving, Jangan Sampai Salah!

4. Fitur Pendukung Lainnya

Spesifikasi Garmin Descent Mk3i (2)
sc: The Gadget Flow

Spesifikasi Garmin Mk3i juga dilengkapi dengan sejumlah fitur pendukung yang tak kalah unggul. Tentu fitur kesehatan tak kalah hadir untuk memberikan gambaran kondisi kesehatan secara realtime. Beberapa di antaranya adalah mode olahraga, V02 Max, Pulse Ox, Sleep Score, dan Jet Lag Adviser yang membantu mengurangi efek jet lag pengguna setelah melakukan perjalanan melelahkan.

Jam tangan dapat digunakan untuk membantu olahraga selancar Anda. Ini berkat dukungan fitur Surf Activity yang bisa merekam jumlah ombak yang diselancari, jarak tempuh, dan kecepatan maksimal yang sudah ditempuh. Ada pula fitur kamera Surfline untuk melihat pasang surut, tinggi gelombang, kecepatan angin, dan lainnya.

Fitur lainnya antara lain seperti navigasi yang unggul berkat dukungan teknologi SATIQ, TopoActive, sensor ABC, dan lainnya. Termasuk dukungan untuk Safety and Trackin yang mengirimkan informasi ke pengguna lain yang terhubung ketika terjadi insiden. Tak ketinggalan fitur Smart Notification, streaming musik, dan terkoneksi dengan IQ Store.

5. Harga Garmin Descent Mk3i

Spesifikasi Garmin Descent Mk3i (3)
sc: Garmin

Terakhir adalah mengenai harga Garmin Descent Mk3i. Di Indonesia sendiri, smartwatch ini dipasarkan dengan harga Rp26 jutaan di mitra resmi Garmin. Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu karena promo yang berlaku. Termasuk adanya kebijakan fiskal yang berpengaruh terhadap barang impor.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda selalu cek secara berkala untuk mendapatkan harga terbaik sebelum membelinya. Termasuk mendapatkan promo menarik yang ditawarkan brand maupun mitra resmi.

Baca juga: 7+ Spot Foto Bawah Laut Terbaik untuk Anda yang Suka Diving!

Penutup

Spesifikasi Garmin Descent MK3I
sc: Garmin

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan jika Garmin Descent Mk3i adalah pilihan tepat bagi para penyelam profesional. Hal ini karena teknologi dan fitur yang dimilikinya mampu meningkatkan kenyamanan dan keselamatan selama berada di dalam air dalam waktu yang relatif lama.

Kini, Anda bisa mendapatkan smartwatch ini di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi penjualan Garmin SurabayaGarmin JakartaGarmin SemarangGarmin BaliGarmin Banjarmasin dan Garmin Manado,, kami menjual produk original dan garansi resmi pabrikan.

Selain itu, ada berbagai promo menarik untuk setiap pembelian baik di store maupun secara online di website maupun aplikasi Doran Gadget. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>