Doran Gadget – Samsung baru saja meluncurkan ponsel lipat mereka yang terbaru di tahun ini yaitu Galaxy Z Flip 4 dan Fold 4. Meskipun memiliki perbedaan desain dan bentuk yang terlihat jelas, namun masih banyak yang belum tahu perbedaan Samsung Galaxy Z Flip 4 vs Galaxy Fold 4. Karena itu mari simak perbedaannya di bawah ini! 

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 4 vs Galaxy Fold 4

 Spesifikasi  Galaxy Z Flip 4  Galaxy Fold 4 
 Layar  Foldable Dynamic AMOLED 2X, 120Hz, HDR10+, 1200 nits (peak), 6,7 inch. 

 Cover display Super AMOLED, 1.9 inches, 260 x 512 pixels (Gorilla Glass Victus+)

 Foldable Dynamic AMOLED 2X, 120Hz, HDR10+, 1200 nits, 7,6 inch.

Cover display Dynamic AMOLED 2X, 120Hz, Corning Gorilla Glass Victus+, 6,2 inch, 904 x 2316 pixels

 Chipset   Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm)  Snapdragon 8+ Gen 1 (4 nm)
 OS   Android 12, One UI 4.1.1  Android 12, One UI 4.1.1
 RAM   8GB  12GB
 ROM  128GB/256GB/ 512GB 256GB/512GB/1TB
 Kamera Utama  12MP (wide, Dual Pixel PDAF, OIS), 12MP (ultrawide)  50MP (wide, Dual Pixel PDAF, OIS), 10MP (telephoto, PDAF, OIS, 3x optical zoom), 12MP (ultrawide)
 Kamera Depan  12MP (wide)  4MP (wide, under display), 10MP (wide, cover camera)
 Baterai  3700mAh, fast charging 25W   4400 mAh, fast charging 25W 
 Warna   Bora Purple, Graphite, Pink Gold, Blue, Yellow, White, Navy, Khaki, Red  Gray-green, Phantom Black, Beige, Burgundy

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Hp Samsung Bootloop

Mekanisme Pelipatan yang Berbeda 

Dari desainnya sendiri sudah terlihat sangat berbeda. Galaxy Fold memiliki lipatan secara horisontal dengan bentuk mirip sebuah buku. Sedangkan Galaxy Z Flip 4 ini memiliki bentuk lipatan vertikal yang mirip bentuk flip pada ponsel lawas. Gampangnya, Galaxy Fold ini seperti sebuah tablet yang bisa dilipat, dan Z Flip merupakan ponsel lipat yang layarnya bisa dibentangkan dengan desain yang lebih compact dan stylish. 

Dilansir dari KompasTekno, Samsung sebelumnya telah melakukan banyak percobaan desain untuk menemukan ukuran yang pas sehingga Galaxy Z Flip bisa digenggam dengan nyaman dan dimasukkan ke dalam kantong kecil sekalipun. Engsel Z Flip bisa ditekuk di bagian dalam dan saat berada dalam posisi 90 derajat, maka layar atas dan bawah bisa melakukan dua fungsi yang berbeda. Sepeti layar atas untuk screen area dan sisi bawah untuk interaction area. 

Baca juga: 10 Hp Samsung Terbaik Bulan September 2022

Kamera dengan Resolusi Besar

Dari segi kameranya terdapat perbedaan di antara keduanya. Galaxy Fold 4 mengalami peningkatan dimana mendapatkan tambahan kamera dengan resolusi 50MP yang sudah dual pixel PDAF dan OIS. Kamera telephotonya juga telah memiliki fitur OIS untuk hasil pengambilan video yang lebih stabil. Sedangkan untuk Z Flip 4 masih bertahan dengan kamera 12MPnya. 

Warna yang Beragam 


Keduanya memiliki warna-warna yang beragam. Namun perbedaan jelas terletak pada Samsung Galaxy Z Flip 4 vs Galaxy Fold 4 karena warna dari Z Flip 4 lebih beragam dibandingkan Fold 4 sesuai dengan tema Z Flip yang menonjolkan sisi kenyamana pengguna dan stylish yang menawarkan 9 pilihan warna yang terdiri dari Bora Purple, Graphite, Pink Gold, Blue, Yellow, White, Navy, Khaki, dan Red. Sedangkan Galaxy Fold 4 terdiri dari warna Gray-green, Phantom Black, Beige, dan Burgundy. 

Baca juga: 5 Produk Terbaru yang Ada di Samsung Unpacked 2022

Penutup 

Itulah perbedaan Samsung Galaxy Z Flip 4 vs Galaxy Fold 4 yang wajib Anda ketahu. Di antara keduanya mana yang jadi pilihan favorit Anda? Apapun pilihannya, Anda bisa membeli smartwatch, earbuds, tablet, dan smartphone Samsung Galaxy di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan.

Bagi Anda yang ingin membelinya silahkan kunjungi official store kami di sini untuk pembelian secara offline dan donwload aplikasi Doran Gadget di sini untuk pembelian online tanpa ribet. Terkait informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp