Doran Gadget – HP Android mengalami bootloop memang bukanlah hal yang mengejutkan. Karena masalah ini kerap terjadi pada berbagai brand HP Android. Sehingga bukan tidak mungkin jika smartphone Anda mengalami bootloop. Lalu apa yang harus dilakukan jika hal tersebut terjadi? Jangan khawatir, Doran Gadget akan membahas cara mengatasi HP Samsung bootloop di sini. 

Apa Itu Bootloop?

Bagi yang belum mengerti, Bootloop adalah suatu kondisi dimana ponsel tidak bisa masuk ke dalam sistem dan berhenti berproses. Biasanya HP yang mengalami bootloop adalah hanya muncul logo Samsung saja saa dinyalakan. 

Ada beberapa jenis bootlop yang terjadi pada HP Samsung. Mulai dari yang berat hingga ringan. Jika masalah bootloop yang dialami ringan saja maka bisa diatasi tanpa perlu komputer. Namun jika sudah berat, maka mau tidak mau cara mengatasi HP Samsung bootloop bisa dengan cara flashing menggunakan aplikasi ODIN yang bisa diakses melalui komputer atau laptop.

Baca juga: 3 Cara Screenshot HP Samsung Paling Mudah

Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop 

Tergantung dari seberapa berat bootloop yang dialami, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi HP Samsung bootloop yang bisa Anda coba. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Bootloop Ringan 

Jika bootloop yang terjadi cukup ringan, Anda hanya perlu mematikan handphone, mencabut seluruh kartu SIM, dan kartu memori. Kemudian diamkan selama 30 menit sebelum memasangnya kembali. Setelah itu nyalakan perangkat. Maka perangkat akan kembali nyala seperti semula. Jika masih mengalami bootloop, cobalah beberapa cara lainnya. 

2. Menghapus Cache

Meskipun tidak bisa masuk ke sistem, namun Anda bisa menghapus cache Android dengan cara masuk ke menu recovery menu. Ikuti langkah berikut ini: 

  • Tekan dan tahan tombol power dan volume down bersamaan selama beberapa saat hingga layar menampilkan logo Samsung dan lepaskan kedua tombol tersebut
  • Layar akan menampilkan menu recovery mode. Pilih menu ‘advanced’ kemudian ‘wipe dalvik-cache
  • Setelah itu pilih ‘storage&mounts’ kemudian pilih opsi ‘wipe cache partition’ dan tunggu hingga proses selesai
  • Jika sudah selesai, pilih Reebot System Now untuk masuk kembali ke sistem Android
  • Tunggu hingga proses booting selesai. Untuk booting awal setelah wipe cache biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama seperti 5-10 menit. 

Baca juga: Mengatasi HP Mati Mendadak, Simak 5 Cara Ini!

3. Flash via Recovery 

Flash satu ini bisa dilakukan tanpa harus menggunakan PC. Anda hanya perlu mendowload firmware HP Samsung sesuai tipe dan hanya bisa dilakukan pada HP Samsung yang memiliki slot eksternal. Berikut caranya:

  • Download firmware Hp samsung di sini. Setelah berhasil di download, copy file firmware dan pindahkan ke memori eksternal. 
  • Kemudian matikan smartphone dengan cara tekan tombol power dan volume atas secara berasamaan. 
  • Lepaskan semua tombol hingga muncul logo Samsung dan masuk ke mode Recovery
  • Pilih menu Wipe Cache Aprtition dan tunggu hingga selesai kemudian pilih menu Apply Upgrade From External Storage
  • Cari file firmware yang telah diunduh sebelumnya dan ikuti instruksi yang muncul
  • Jika sudah selesai silahkan pilih Reboot System Now 

4. Flash via ODIN 

Jika masih belum bisa, maka cara mengatasi HP Samsung bootloop yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan flash ulang menggunakan PC. ikuti langkah berikut ini: 

  • Tentukan firmware yang tepat. Sebelum flashing cari dulu stock ROM yang sesuai dengan tipe Samsung Anda. pilih antara firmware one pack atau full pack. 
  • Setelah itu pilih versi ODIN yang cocok untuk tipe Samsung Anda. Cek juga apakah Odin tersebut kompatibel untuk firmware fullpack atau onepack. 
  • Setelah itu lakukan flash dengan langkah-langkah yang tertera sesuai dengan pilihan one pack atau full pack. 

Baca juga: 10 Hp Samsung Terbaik Bulan September 2022

Penutup 

Spesifikasi Samsung S22 Ultra

Itulah hal yang bisa Anda lakukan jika HP Samsung mengalami bootloop. Bila terasa terlalu rumit dan merepotkan, Anda selalu bisa mengupgrade smartphone Samsung Anda ke versi terbaru di Doran Gadget. Dapatkan berbagai produk Samsung originaldi sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp