DJI IndonesiaBerbicara mengenai drone first person view (FPV) tentu tidak bisa lepas dari kacamata khusus atau goggle. Fungsi dari kacamata ini adalah untuk menghadirkan gambar dari hasil bidikan kamera drone langsung. Jadi, pengguna seolah sedang terbang.

Saat ini ada dua seri goggle yang dikeluarkan DJI untuk drone FPV mereka. Lalu, apa saja perbedaan DJI Goggles 2 vs DJI FPV Goggles V2? Sobat Doran bisa simak ulasan selengkapnya pada artikel kali ini yang sudah dirangkum oleh tim Doran Gadget.

Spesifikasi DJI Goggles 2 vs DJI FPV Goggles V2

Drone DJI FPV

Untuk melihat apa saja yang menjadi perbedaan antara DJI Goggles 2 vs DJI FPV Goggles V2, terlebih dahulu Anda dapat melihat beberapa perbedaan dari spesifikasi utamanya sebagaimana pada tabel yang dirangkum dari laman resmi DJI berikut:

 Spesifikasi  DJI Goggles 2  DJI FPV Goggles V2
 Bobot  290 gram  420 gram
 Dimensi  167×104×81 mm (Antena dilipat)
 197×104×105 mm (Antena tidak dilipat)
 184×122×110 mm (tanpa antena)
 202×126×110 mm (dengan antena)
 Ukuran Layar  0.49 inch Micro-OLED  2 inch LCD
 Rresolusi Layar  1920×1080  1440 x 810
 FOV  51°  30° hingga 54°
 Refresh Rate  100 Hz  144 Hz
 Jarak Interpupillary  56-72 mm  58-70 mm
 Jarak Diopter  8.0 D to +2.0 D  –
 Transmisi Video Max  50 Mbps  50 Mbps
 Format Video MOV  MOV
 Format Playback  MP4 dan MOV (video encoding format: H.264 and H.265 / audio format: ACC, PCM)  MP4 dan MOV (video encoding format: H.264 and H.265 / audio format: ACC, PCM)
 Koneksi  Wi-Fi 802.11b/a/g/n/ac, Bluetooth 5.2  –
 Frekuensi  2.400-2.4835 GHz
 5.725-5.850 GHz
 2.400-2.4835 GHz
 5.725-5.850 GHz
 Baterai  1800 mAh (18 Wh) / 120 menit  1800 mAh (18 Wh) / 110 menit
 Kapasitas Penyimpanan  microSD card (hingga 256 GB)  microSD card (hingga 256 GB)
 Fitur dan Mode  Audience Mode, Head Tracking  Audience Mode
 Kompatibilitas  DJI Avata  DJI Avata, DJI FPV, dan drone yang menggunakan DJI Air Unit atau Caddx Vista

Baca juga: Mau Beli Drone DJI FPV? Ketahui 3 Hal Penting Ini!

Keunggulan DJI Goggles 2 vs DJI FPV Goggles V2

Selain dari spesifikasi utama tersebut, perbedaan antara DJI Goggles 2 vs DJI FPV Goggles V2 juga bisa dilihat dari fitur dan teknologi yang dimiliki keduanya. Mulai dari desain, kualitas gambar, daya dan ketahanan baterai. Bahkan dari segi kenyamanan pengguna, keduanya memiliki perbedaan tersendiri.

1. Desain

Pertama adalah desain DJI Goggles 2 vs DJI FPV Goggles V2. Misalnya saja antena DJI Goggles 2 hanya dua unit dan terintegrasi dengan kacamata tersebut. Sedangkan pada DJI FPV Goggles V2 ada empat unit yang harus dipasang saat digunakan. Dari segi ukuran dan dimensi, jelas keduanya cukup berbeda. Sebab DJI Goggle 2 lebih kecil dan ergonomis.

Tentu, ini merupakan terobosan dari DJI yang membuat ukuran dimensi lebih kecil yakni 197x104x105mm termasuk antena dibanding sebelunya. Lalu, bobot seri terbaru lebih ringan hanya 290 gram dibandingkan seri sebelumnya yang 420 gram. Sehingga, membuatnya nyaman dibawa ke mana saja.

Baca juga: Perbedaan Drone FPV VS Drone Konvensional

2. Kualitas Gambar

Selanjutnya, beralih ke kualitas gambar. Jika melihat tabel di atas, kualitas gambar DJI Goggles 2 memang lebih baik. Hal tersebut berkat adanya layar jenis Micro-OLED yang disematkan pada goggles ini. Termasuk resolusinya yang juga tak kalah besar yakni 1920×1080.

Dimana pada DJI FPV Goggles V2 walaupun memiliki layar yang cukup besar dengan ukuran 2 inci, namun di sisi lain tingkat resolusinya lebih rendah pada 1440×810. Berkat kualitas gambar yang lebih baik, akan menghasilkan pengalaman yang lebih imersif dalam menerbangkan drone ini.

3. DJI Goggles 2 vs DJI FPV Goggles V2 – Fitur Lainnya

Perbandingan ketiga ialah pada fitur-fitur lain yang disematkan pada keduanya. DJI Goggles 2 memiliki fitur Head Tracking dimana ini tidak ada di seri sebelumnya. Fungsinya adalah membuat kontrol orientasi menggunakan kamera drone lebih intuitif dengan gerakan kamera. Jadi, saat mengaktifkan fitur ini, kamera akan mengarahkan pada objek yang Anda lihat.

Sedangkan fitur Audience Mode memungkinkan pengguna melakukan streming video yang diambil drone ke goggle lain. Akan tetapi, DJI Goggles 2 kompatibel untuk penggunaan streaming dengan koneksi WiFi dan perangkat eksternal seperti smartphone. Kerennya lagi, DJI Goggles 2 bisa merekam informasi OSD. Yakni informasi selama penerbangan seperti kecepatan terbang maupun tingkat kemiringan dan ketinggian.

Baca juga: Cara Menghubungkan DJI FPV Goggles dengan Remot Kontrol dan Drone

4. Kenyamanan Penggunaan

Hal yang tak kalah menarik dari perbandingan keduanya adalah di segi kenyamanan pengguna. Pada DJI Goggles 2 memiliki dua lubang ventilasi di bagian depannya, dengan begitu, pengguna akan lebih nyaman ketika mengenakannya. Fitur kenyamanan lainnya adalah, DJI Goggles 2 menawarkan kemampuan penyesuaian untuk pengguna dengan masalah penglihatan.

Misalnya saja dengan adanya diopter adjustment dari -8.0D sampai +2.0D. Jadi, pengguna tak perlu menggunakan kacamata atau lensa khusus untuk mendapatkan gambaran terbaik dari hasil bidikan kamera. Akan tetapi, fitur ini tidak dapat digunakan bagi orang yang memiliki astigmatism.

5. Daya dan Ketahanan Baterai

Cara Menghubungkan DJI FPV Goggles

Perbedaan DJI Goggles 2 vs DJI FPV Goggles V2 yang terakhir adalah dari segi daya dan ketahanan baterai yang dimilikinya. Meskipun keduanya memiliki kapasitas baterai yang sama yakni 1800 mAh/18 Wh namun di sini ada perbedaan lama penggunaannya.

Melansir dari laman DJI sendiri, goggles terbaru ini memiliki otonomi lama penerbangan sampai dengan 120 menit. Sedangkan seri sebelumnya hanya 110 menit saja. Dengan begitu, DJI Goggles 2 lebih unggul lebih lama 10 menit dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Baca juga: 7 Perbandingan DJI AVATA vs DJI FPV – Siapa Juaranya?

Penutup

Itu dia Sobat Doran perbandingan dari ulasan DJI Goggles 2 vs DJI FPV Goggles V2. Di atas kertas, dapat disimpulkan jika DJI Goggles 2 memang lebih baik dari generasi sebelumnya dengan sejumlah fitur unggulan. Selain itu, di segi kenyamanan juga dapat diandalkan. Khususnya bagi para pengguna dengan masalah penglihatan.

Kini, Anda bisa mendapatkan kedua goggles tersebut dalam tiap pembelian paket drone DJI Avata atau DJI FPV. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali, Doran Gadget menjual produk DJI original dengan garansi resmi pabrikan.

Tak hanya itu saja, Anda juga dapat menikmati berbagai promo dan program menarik untuk setiap pembelian produk DJI. Baik untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini dan jangan lupa follow Instagram Doran Gadget sekarang juga.

Artikel terkait:

×