meta AI

Doran Gadget – Pada peringatan 10 tahun Connect, CEO Meta Mark Zuckerberg berbagi bagaimana kebangkitan AI dan teknologi metaverse membentuk kembali cara kita mengalami dunia fisik dan digital kita. Karena itulah, pada event Meta Connect 2023 kemarin, ia memperkenalkan headset Quest 3, Ray-Ban Meta smart glasses, Meta AI, Emu, dan AI Studio. Sebenarnya apa saja kebangkitan AI yang dibicarakan  Zuckerberg? Yuk intip selengkapnya! 

Apa Itu Meta Connect 2023? 

sc: engadget.com

Meta Connect 2023, konferensi tahunan dari perusahaan media sosial besar, Meta, yang berlangsung pada 27-28 September kemarin. Meta memiliki banyak hal menarik untuk penggunanya, termasuk memperkenalkan perangkat baru dalam lini produk Quest yang memukau.

Sebelumnya, Apple juga pernah mengumumkan headset mixed reality mereka dalam acara tahunan WWDC 2023. Namun karena perusahaan Apple mengalami sedikit masalah dalam produksi Apple Vision Pro, Meta mengambil peluang tersebut untuk meluncurkan produknya yang sama di waktu yang tepat. 

Selain itu, ada banyak produk baru yang diumumkan di ajang kali ini mulai dari AI terbaru hingga game VR dan mixed reality yang diumumkan. Dalam kesempatan ini pun, Mark Zuckerbeg berbicara tentang bagaimana usaha perusahaan dalam mewujudkan cita-cita metaverse mereka dengan menekankan pentingnya membuat semua perangkat keras yang diumumkan mereka itu terjangkau bagi banyak orang.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Aplikasi Download Video Instagram Terbaik 2023

Apa Saja yang Diumumkan di Meta Connect 2023?

Ada banyak produk dan game yang diumumkan dalam ajang Meta Connect 2023 kemarin. Nah, berikut ini penjelasan semua produk terbaru yang diumumkan dalam pagelaran tersebut. 

1. Quest 3: Headset Mixed Reality Terbaru Meta

sc: about.fb.com

Quest 3 adalah penerus Quest 2 yang menawarkan peningkatan besar. Perangkat ini memiliki  desain yang lebih tipis, memiliki tampilan yang lebih baik dengan resolusi 4K, dan kemampuan pemetaan yang superior, dan audio 3D yang lebih immersif. 

Chip Snapdragon XR2 Gen 2 yang disematkan memberikan hasil yang lebih canggih dengan pengalaman VR yang lebih baik, dan kemampuan pemetaan kamera dan sensor membuat Quest 3 menjadi perangkat realitas campuran yang memungkinkan pengguna melihat dan berinteraksi dengan dunia digital dan nyata. Ini juga meningkatkan pengalaman bermain game dengan kemungkinan menampilkan layar besar di lingkungan nyata.

Quest 3 juga merupakan perangkat mixed reality pertama dari Meta, yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan dunia digital dan nyata. Quest 3 tampaknya siap menjadi headset VR mainstream berikutnya. Quest 3 juga menawarkan pengalaman bermain game menjadi lebih seru dan nyata. Pengguna tidak hanya bermain di layar kecil seperti Quest 2 atau Quest biasa. Kali ini, mereka bisa menempatkan layar besar di ruang nyata mereka dan bermain seperti di konsol bersama teman-teman.

Hal ini dimungkinkan oleh peningkatan layar dan kekuatan chip baru dalam Quest 3. Permainan menjadi lebih lancar dan penuh detail berkat teknologi ini, terutama saat bermain melalui layanan awan Xbox. Secara keseluruhan, Quest 3 adalah perangkat mixed reality yang menjanjikan yang menawarkan banyak peningkatan dan fitur baru. 

2. Emu

sc: heise.de

Meta memiliki model dasar baru untuk menciptakan gambar atau stiker yang disebut Emu. Salah satu fitur menariknya adalah stiker AI generatif yang akan segera hadir di aplikasi pesan Meta. Dengan Emu, pengguna dapat dengan mudah membuat stiker AI yang unik hanya dalam hitungan detik di berbagai aplikasi Meta, termasuk WhatsApp, Messenger, Instagram, bahkan Facebook Stories.

Baca juga: Apa Itu Teknologi Wireless Charging dan Keunggulannya?

3. Ray-Ban Meta Smart Glasses

sc: engadget.com

Meta telah memperkenalkan Ray-Ban Meta Smart Glasses, kacamata pintar yang terlihat biasa tetapi memiliki banyak kemampuan bertenaga AI. Kacamata ini merupakan hasil kolaborasi Meta dengan EssilorLuxottica dan Ray-Ban.

Ray-Ban Meta Smart Glasses memiliki kamera ultra-wide 12 MP dan prosesor Snapdragon AR1 Gen1, yang memungkinkan kacamata ini merekam video pada 1080p dan mengambil foto dengan bidang pandang yang luas. Kacamata ini juga memiliki penyimpanan internal 32GB untuk menyimpan semua video dan foto Anda.

Salah satu fitur utama Ray-Ban Meta Smart Glasses adalah kemampuannya untuk melakukan live streaming langsung ke rangkaian produk Meta, termasuk Instagram dan Facebook. Ini memudahkan Anda untuk berbagi pengalaman Anda dengan dunia secara real time.

Untuk meningkatkan kualitas live streaming, Ray-Ban Meta Smart Glasses dilengkapi dengan susunan 5 mikrofon dan speaker yang dirancang khusus dengan volume maksimum 50% lebih tinggi dan dua kali lebih banyak bass daripada kacamata generasi sebelumnya. Ray-Ban Meta Smart Glasses diharapkan tersedia pada awal tahun 2024.

Meta telah memperkenalkan Ray-Ban Meta Smart Glasses, kacamata pintar yang terlihat biasa tetapi memiliki banyak kemampuan bertenaga AI. Kacamata ini merupakan hasil kolaborasi Meta dengan EssilorLuxottica dan Ray-Ban. Ray-Ban Meta Smart Glasses memiliki kamera ultra-wide 12 MP dan prosesor Snapdragon AR1 Gen1, yang memungkinkan kacamata ini merekam video pada 1080p dan mengambil foto dengan bidang pandang yang luas. Kacamata ini juga memiliki penyimpanan internal 32GB untuk menyimpan semua video dan foto Anda.

Salah satu fitur utama Ray-Ban Meta Smart Glasses adalah kemampuannya untuk melakukan live streaming langsung ke rangkaian produk Meta, termasuk Instagram dan Facebook. Ini memudahkan Anda untuk berbagi pengalaman Anda dengan dunia secara real time.

Untuk meningkatkan kualitas live streaming, Ray-Ban Meta Smart Glasses dilengkapi dengan susunan 5 mikrofon dan speaker yang dirancang khusus dengan volume maksimum 50% lebih tinggi dan dua kali lebih banyak bass daripada kacamata generasi sebelumnya. Ray-Ban Meta Smart Glasses diharapkan tersedia pada awal tahun 2024.

4. Meta AI

sc: cnet.com

Kecerdasan Buatan dalam percakapan telah menjadi dasar fase generatif AI saat ini. Oleh karena itu, Meta ingin memanfaatkan kehadiran dan keahlian AI-nya yang telah lama ada dengan meluncurkan Meta AI, sebuah chatbot yang sebelumnya berada di belakang layar sebelum ChatGPT diluncurkan. Dan ada alasannya mengapa Meta AI yang dulu disembunyikan rilis pada saat ini, yaitu karena  Chatbot Blender Bot 3 Meta, yang dirilis pada Agustus 2022, tidak memenuhi ekspektasi.

Meta AI memanfaatkan model LlaMA 2 untuk menghasilkan respons berbasis teks dalam percakapan dengan pengguna. Namun, Meta bertujuan untuk melampaui itu dengan memasukkan informasi real-time dan karenanya bermitra dengan Microsoft untuk mengintegrasikan mesin pencari Bing. Meta AI akan tersedia di Quest 3, WhatsApp, Messenger, dan Instagram.

Baca juga: Meta Verified: Cara Cepat Dapat Centang Biru Facebook dan Instagram!

Penutup

Itulah informasi lengkap seputar Meta connect 2023 yang wajib Anda ketahui. Setelah mengenalnya lebih jauh, tertarik untuk mencobanya? Nikmati bermain Instagram maupun Facebook lebih lama tanpa takut baterai cepat habis menggunakan powerbank dari JETE. Semua produk JETE mendapatkan garansi rusak ganti baru sepuasnya selama 2 tahun. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhatsApp.

Artikel terkait:

>