Memperbaiki Speaker Handphone yang Rusak

Kerusakan pada speaker sering terjadi pada handphone. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kemasukan air, debu yang menumpuk, hingga sering mendengarkan speaker dengan volume maksimal.

Tak perlu khawatir jika speakermu tidak mengeluarkan suara. Ada cara-cara untuk memperbaiki speaker yang bisa diterapkan di rumah. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

1. Mengeringkan Speaker karena Kemasukan Air

Pernahkah suara speakermu terganggu karena kemasukan air? Langkah yang bisa dilakukan adalah menunggunya hingga kering. Jika ingin cepat kering, kamu bisa menggunakan kipas angin.

Caranya adalah buka casing handphone, lalu arahkan bagian speaker ke depan kipas angin. Diamkan sampai kondisi menjadi kering. Setelah selesai, tes kembali suara speakermu.

2. Membersihkan dengan Peniti atau Klip Kertas

Selain kemasukan air, tumpukan debu bisa membuat speaker rusak. Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah gunakan peniti atau klip kertas. Cukup bersihkan speaker dari debu dengan peniti atau klip secara perlahan dan hati-hati. Jangan sampai tajamnya peniti atau klip bisa merobek bagian speaker.

3. Memasukkan Kode Khusus

Ketika handphone mengalami kerusakan, kamu bisa memperbaiki dengan memasukkan kode khusus. Kode tersebut dirancang khusus untuk setiap jenis handphone saat bermasalah, termasuk dengan permasalahan speaker.

Bagaimana cara mengetahui kode khusus untuk handphonemu? Kamu dapat mencarinya di Google. Setelah mendapat kode, coba masukkan lewat papan tombol telepon. Masuk ke menu khusus yang mengatur bagian volume speaker untuk mencari tahu permasalahannya.

4. Membawa ke Servis Handphone

Cara terakhir ketika ketiga langkah di atas tidak membuahkan hasil adalah bawa handphone-mu ke tempat servis. Memanfaatkan jasa perbaikan gadget menjadi solusi yang bisa dilakukan.

 
 
 

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp