Manfaat Drone untuk Industri Minyak dan Gas - FI

Doran GadgetDrone memiliki manfaat yang signifikan dalam industri minyak dan gas. Sejak digunakan pertama kali oleh perusahaan minyak British Petroleum tahun 2013, banyak perusahaan di industri ini yang kemudian mengikuti jejak BP untuk menggunakan drone dalam operasionalnya.

Sebut saja seperti ExxonMobil, Royal Dutch Shell, Chevron, ConocoPhillips, Equinor, dan Gazprom. Tak terkecuali penggunaannya di tanah air. Lantas, apa saja manfaat drone untuk industri minyak dan gas? Kami mengulasnya untuk Anda.

Manfaat Drone untuk Industri Minyak dan Gas

Berikut beberapa manfaat utama drone dalam industri perminyakan dan gas yang bisa diperoleh oleh perusahaan:

1. Lebih Cepat dalam Mendeteksi Potensi Masalah

dji matrice 30 (4)
sc: Cined

Manfaat yang pertama adalah lebih cepat dalam mendeteksi potensi masalah. Salah satu masalah dalam industri minyak dan gas adalah adanya kebocoran. Selain merugikan secara material, di beberapa kasus juga korban jiwa. Cara untuk memantau potensi secara konvensional biasanya menempatkan detektor tetap di tempat-tempat berisiko dan pipa untuk mendeteksi kebocoran. Walaupun dilakukan secara berkala, namun hal ini dinilai cukup berbahaya dan lebih mahal.

Seiring perkembangan teknologi, penggunaan drone untuk industri minyak dan gas sangat membantu dalam mencegah potensi masalah yang muncul. Sensor dan kamera yang terpasang dapat proses deteksi lebih jelas. Itu artinya, tidak perlu lagi mengirim orang untuk melakukan aktivitas berbaya karena drone ini mudah diterapkan dan bisa diandalkan.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Drone untuk Industri Minyak dan Gas

2. Inspeksi dan Monitoring Lebih Aman

sc: DroneXL

Selanjutnya adalah drone dapat membantu dalam proses inspeksi dan monitoring infrastruktur dan aset. Ini berkat kemampuan drone yang bisa menjangkau area sulit. Mulai dari pipa gas, tangki minyak, dan area lainnya yang cukup sempit dan tinggi. Seperti area di sekitar cerobong asap.

Dengan drone yang dilengkapi dengan prosedur analisis data perangkat lunak, hal ini memperkuat penilaian dari informasi yang lebih komprehensif yang terkumpul. Dengan begitu, mereka dapat mengambil tindakan segera sebelum terjadi masalah kecil atau besar.

3. Komunikasi yang Realtime

sc: usawire.com

Komunikasi sangat diperlukan saat proses inspeksi, ekplorasi, maupun produksi serta aktivitas operasional lainnya di industri minyak dan gas. Kecepatan dalam transmisi data yang cepat dan jelas merupakan hal penting. Di samping mempermudah dalam mendeteksi potensi masalah dan inspeksi, drone juga menunjang dalam berkomunikasi secara langsung atau realtime.

Misalnya dalam merekam situasi yang ada di area tertentu dan dihubungkan langsung ke departemen terkait untuk selanjutnya dianalisis. Terutama untuk hal yang sifatnya mendesak dan harus segera ditangani. Jadi, tidak perlu waktu lama dan memerlukan perlengkapan yang cukup banyak. Cukup dengan unit drone dan pendukungnya, maka Anda pun dapat memperoleh informasi yang lengkap.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Aturan Penggunaan Drone di Indonesia

4. Efisiensi Sumber Daya

sc: nytimes.com

Keuntungan menggunakan drone untuk industri minyak dan gas yang paling bisa dirasakan adalah mengenai masalah efisiensi. Seperti yang kita tahu, industri ini memerlukan peralatan berat, dan kendaraan untuk sebagian kegiatan operasionalnya. Di samping itu, cara manual pun cukup berisiko bagi para pekerja.

Dengan menggunakan drone, maka sumber daya yang digunakan lebih efisien. Dampaknya dalam jangka menengah maupun jangka panjang perusahaan dapat melakukan penghematan biaya yang cukup besar.  Dari sini, dapat dikatakan jika drone adalah aset investasi berharga untuk perusahaan.

5. Pengumpulan Data Lebih Mendetail

sc: DJI

Data yang detail adalah penting untuk melakukan peninjauan. Dalam hal ini, manfaat drone untuk industri minyak dan gas dapat mengumpulkan data secara komprehensif dan jelas. Ini dikarenakan drone dibekali dengan sensor kamera terbaik. Sensor tersebut mampu merekam gambar dan video berkualitas tinggi di berbagai sisi dari ketinggian.

Data-data tersebut juga bisa dijadikan informasi untuk melakukan aktivitas lebih luas. Contohnya untuk memetakan area, pemantauan, dan lainnya. Gambar ini pun terdiri dari berbagai format yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaan. Mulai dari format untuk multispektral, RGB, dan thermal.

Baca juga: Cara Pemetaan Menggunakan Drone untuk Proyek Anda

6. Mengurangi Emisi Gas Berbahaya

drone untuk industri minyak dan gas
sc: zenadrone.com

Tahukah Anda jika menggunakan drone di industri minyak dan gas juga berperan meningkatkan komitmen perusahaan dalam menjaga kondisi lingkungan? Ya, ini memang bukan tanpa alasan. Sebab, sensor yang dipasang pada drone untuk kilang minyak dan gas bisa membantu dalam mengendalikan emisi gas metana.

Sensor tersebut memiliki kemampuan pemindaian multispektral. Dimana fungsinya adalah untuk mendeteksi mana area yang dianggap potensial mengeluarkan gas berbahaya. Data yang dikumpulkan secara realtime memungkinkan perusahaan untuk segera melakukan tindakan apa untuk menanggulangi risiko penyebaran gas tersebut secara efektif.

7. Membantu dalam Pengiriman Material

sc: CNET

Terakhir, drone tidak hanya digunakan untuk melakukan inspeksi dan pemantauan. Beberapa drone memang dirancang khusus dengan misi dan penggunaan khusus. Misalnya saja drone untuk mengangkut material tertentu. Namun, material ini memiliki ukuran yang kecil dan bobot yang cukup ringan.

Hal tersebut akan memudahkan proses perpindahan barang. Sebagai contoh mengirimkan material tertentu ke petugas yang ada di area berisiko. Khususnya untuk barang yang memiliki ketahanan dan masa pakai yang singkat. Selain lebih cepat, cara ini juga dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Drone Pengangkut Barang: Solusi Ekspedisi di Masa Depan

Penutup

sc: DJI

Dari ulasan di atas, dapat kita lihat jika manfaat drone untuk industri minyak dan gas sangat besar. Tidak hanya untuk infrastruktur industri saja, tetapi lebih jauh juga menyangkut tentang keamanan para pekerja dalam melaksanakan inspeksi dan aktivitas operasional sehari-hari. Terutama saat memasuki area dengan risiko yang cukup tinggi.

Kini, Anda tak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan potensi yang ada dengan menggunakan drone agar lebih optimal. Termasuk sebagai investasi di masa mendatang. Jika Anda tertarik dengan drone untuk industri minyak dan gas, konsultasikan dengan kami via WhatsApp dengan cara klik di sini.

Artikel terkait:

>