Doran GadgetPertanyaan seputar lebih bagus Smart TV atau Android TV mungkin sudah sering kita dengar. Memang, dari segi bentuk desain secara fisiknya memang tidak ada perbedaan yang cukup mencolok. Namun, dari segi teknologi dan fitur di dalamnya, tentulah ada perbedaan.

Lebih Bagus Smart TV atau Android TV – Panduan Memilih

Agar tidak salah pilih dalam menentukan mana TV yang terbaik untuk Anda dan keluarga di rumah, ada baiknya perhatikan panduan yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget berikut.

1. Perhatikan Aplikasi Pendukung TV

perbedaan smart TV dan android TV (3)

Panduan yang pertama adalah apakah Anda memerlukan aplikasi khusus untuk menikmati siaran TV? Jika iya, maka Android TV lebih bisa diandalkan. Karena terdapat AppLibrary dari Google PlayStore. Pengguna dapat memilih aplikasi nonton film dan video favorit. Mulai YouTube sampai Netflix semua ada. Termasuk optimalisasi platform yang mendukung.

Di sisi lain Smart TV terkadang menggunakan sistem operasi lain. Kebanyakan adalah operasi bawaan dari pabrikan dengan aplikasi yang cukup terbatas. Walaupun tak selengkap Android TV, Anda masih bisa menikmati layanan streaming di Netflix, YouTube, maupun Prime Video di Smart TV ini.

Baca juga: Kenali Perbedaan Smart TV dan Android TV Agar Tak Salah Pilih

2. Lebih Bagus Smart TV atau Android TV – Screen Mirroring

Selanjutnya ialah mengenai screen mirroring atau keterhubungan layar dengan perangkat smartphone. Di sini, Android TV diuntungkan dengan adanya fitur Chromecast yang sudah bulit-in. Artinya, untuk melakukannya tak perlu menginstall aplikasi tambahan.

Beda dengan Smart TV yang perlu aplikasi tambahan jika ingin menggunakannya, dan ini aka menambah pengeluaran Anda. Bahkan, terkadang beberapa tipe atau merek Smart TV tak dibekali dengan fitur screen mirroring ini.

3. Apakah Ada Fitur Voice Assistant?

perbedaan smart TV dan android TV

Lebih bagus Smart TV atau Android TV juga bisa dilihat dari adanya fitur Voice Assistant. Fitur ini memungkinkan pengguna mengontrol TV mereka melalui perintah suara tanpa harus menggunakan remote. Untuk Android TV memang sudah dibekali dengan Google Assistance dari Google.

Apakah Smart TV juga punya fitur ini? Meski tidak semua memilikinya, namun beberapa merek tertentu ada yang memiliki voice control. Terutama untuk TV kelas menengah. Namun, dari segi penggunaan dan fungsi tidak selengkap fitur Google Assistant. Beda dengan Android TV yang hampir di semua lini memilikinya.

Baca juga: Begini Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Mudah!

4. Update Aplikasi dan OS-nya

Jika pada poin kedua adalah mengenai pilihan koleksi aplikasi, maka poin keempat mana lebih bagus Smart TV atau Android TV dari segi update aplikasi maupun OS. Untuk Smart TV memang memiliki pembaruan yang cukup lama dan sulit.

Ini jelas berbeda dengan Android TV karena dapat melakukan pembaruan secara otomatis. Termasuk berbagai aplikasi di dalamnya. Begitu juga dengan konektivitas dengan WiFi, Android TV dapat melakukannya dengan baik.

5. Lebih Bagus Smart TV atau Android TV – Layanan Purnajual

perbedaan smart TV dan android TV (4)

Tak hanya dari fitur TV saja, hal yang perlu diperhatikan adalah layanan purnajual. Baik Smart TV maupun Android TV sama-sama memiliki layanan tersebut. Contohnya garansi yang diberikan, layanan servis ketika terjadi kendala, maupun harga jual kembali. Biasanya, harga Smart TV relatif lebih stabil karena memiliki pengoperasian mudah dan perawatan yang ringan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Smart TV Murah di Bawah 5 Jutaan

Kesimpulan

Dari ulasan mengenai Smart TV dan Android TV, sebenarnya kedua jenis TV tersebut  hampir sama dan tidak memiliki perbedaan yang berarti. Selain itu, keduanya pun juga sama-sama bagus. Hal yang menjadi pembeda cukup jelas ialah, Android TV lebih menawarkan fitur dan aplikasi lebih banyak.

Di sisi lain, karena fiturnya yang minim maka Smart TV pun lebih mudah digunakan. Termasuk interface dan performanya lebih cepat dibandingakan Smart TV. Apapun pilihannya, pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian, yang tak kalah pentingnya adalah belilah di tempat terpercaya. Salah satunya di Doran Gadget yang menjual produk berkualitas terbaik. Selain barang asli, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lain seperti poin cashback, gratis ongkir, hingga cicilan 0% dengan syarat dan ketentuan berlaku. Follow akun Instagram kami untuk mengetahui promo menarik di waktu tertentu.

Artikel terkait:

×