cara menyambungkan laptop ke TV

Doran GadgetCara menyambungkan laptop ke TV cukup sering dilakukan banyak orang. Terutama untuk menikmati konten film dan video favorit, maupun untuk keperluan di kantor seperti meeting online. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali menggunakannya ada tips dan langkah yang telah dihimpun oleh tim Doran Gadget dari berbagai sumber.

Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Untuk menyambungkan laptop ke TV ada empat cara yang bisa Anda lakukan. Baik itu melalui perangkat penghubung berupa kabel maupun adapter atau dongle. Berikut langkah-langkahnya yang perlu diperhatikan.

1. Menggunakan Kabel VGA

cara menyambungkan laptop ke TV (1)

Cara menyambungkan laptop ke TV yang pertama dapat dilakukan menggunakan kabel VGA. Biasanya cara ini digunakan pada flat TV maupun laptop jenis lama alias jadul. Kualitas video kabel VGA memiliki resolusi rendah, selain itu audio tidak dapat ditransfer. Jadi, Anda bisa mendengarkan output audio yang keluar dari laptop. Cara menghubungkannya adalah:

  • Pastikan TV dan laptop sudah menyala, lalu sambungkan dengan kabel VGA. Bila memungkinkan, Anda bisa menambahkan kabel audio dengan jack 3.5 mm.
  • Tekanlah tombol menu ‘Input’ di remote TV Anda dan pilihlah ‘PC’ maupun ‘RGB’ pada remote tersebut.
  • Apabila tak terhubung otomatis, gunakan cara manual yaitu dengan pilih Settings > System > Display dan lanjutkan dengan pilih ‘TV’.
  • Setelah selesai, Anda bisa mengatur resolusinya yang bisa disesuaikan dengan layar pada TV.

2. Menggunakan Kabel HDMI

cara menyambungkan laptop ke TV (3)

Selanjutnya ialah menggunakan kabel HDMI yang sering dilakukan saat ini. Keunggulan kabel ini adalah kualitas video dan audionya yang lebih baik. Khususnya untuk streaming. Namun, agar bekerja optimal pastikanlah TV maupun laptop Anda dilengkapi port HDMI.  Untuk menyambungkannya, ikuti langkah berikut:

  • Hubungkan kabel HDMI laptop pada port TV dan nyalakan keduanya.
  • Aturlah tombol ‘Input’ remote di TV dan tunggu beberapa saat hingga layar laptop muncul di TV.
  • Apabila tidak menggunakan setting otomatis lakukan cara Settings > System> Display dan lanjutkan dengan pilih ‘TV’.
  • Setelah selesai, Anda bisa mengatur resolusinya yang bisa disesuaikan dengan layar pada TV.

Baca juga: 7 Rekomendasi Smart TV Murah di Bawah 5 Jutaan

3. Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel USB-C

cara menyambungkan laptop ke TV (2)

Kabel USB pun bisa digunakan untuk menyambungkan laptop Anda ke TV. Hanya saja, Anda perlu memastikan jika port TV kompatibel untuk USB-C. Jika tidak, Anda perlu menggunakan perangkat adapter tambahan yang bisa dikonversikan untuk HDMI. Caranya seperti di bawah ini:

  • Sambungkan port USB-C di laptop dengan TV menggunakan kabel USB Type C.
  • Kemudian nyalakan kedua perangkat (TV dan laptop).
  • Aturlah tombol ‘Input’ remote di TV dan tunggu beberapa saat hingga layar laptop muncul di TV.

4. Menggunakan Dongle Google Chromecast

cara menyambungkan laptop ke TV (5)

Selain menggunakan kabel di atas, cara menyambungkan laptop ke TV juga bisa dilakukan menggunakan Google Chromecast. Perangkat ini berupa adaptor atau dongle yang bisa menghubungkan laptop dengan TV menggunakan jaringan internet. Akan tetapi, harga perangkat ini lebih mahal dibanding HDMI. Untuk menghubungkannya, Anda bisa lakukan cara berikut:

  • Download aplikasi Google Home melalui PlayStore maupun AppStor dan pilih ‘Start’.
  • Untuk menggunakannya, Anda pun diminta mengonfirmasi akun Google yang digunakan pada Chromecast. Setelah itu, izinkan perangkat android untuk mengakses lokasi untuk menemukan Chromecast yang digunakan.
  • Tunggu beberapa saat dan Google Home melakukan pemindaian Chromecast. Kemudian, aplikasi tersebut akan memverifikasi penyambungan perangkat dengan kode unik.
  • Lanjutkan dengan buka aplikasi peramban Google Chrome pada laptop. Lalu, pilih dan klik di meni titik tiga vertikal pada bagian pojok kanan atas dan pilih ‘Cast’. Pilihlah konten yang akan ditayangkan di menu ‘Source’.

Baca juga: Kenali Perbedaan Smart TV dan Android TV Agar Tak Salah Pilih

Penutup

cara menyambungkan laptop ke TV (4)

Bagaimana Sobat Doran, mudah bukan cara menyambungkan laptop ke TV untuk berbagai keperluan? Kini, saatnya mempraktikkannya di rumah. Anda bisa mendapatkan laptop dan smart TV terbaik dari Xiaomi hanya di Doran Gadget. Termasuk aksesoris pendukungnya agar lebih nyaman seperti speaker bluetooth, mouse untuk mengarahkan kursor laptop, webcam, dan sebagainya.

Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Anda pun bisa melakukan pembelian dengan mudah melalui layanan aplikasi Doran Gadget dari smartphone. Ikuti pula akun Instagram kami untuk melihat promo menarik yang ditawarkan. Informasi pemesanan dan pembelian Anda bisa hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Tags:

Artikel terkait:

×