Chipset Dimensity 9000

Doran GadgetKeunggulan chipset Mediatek Dimensity 9000 menarik perhatian para pecinta teknologi sejak pertama kali diluncurkan beberapa waktu lalu. Bahkan dalam skor yang dirilis Geek Bench5 menempatkan chipset ini lebih unggul dibandingkan pesaingnya yakni Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 maupun Exynos 2200.

Keunggulan Chipset Mediatek Dimensity 9000

Berikut beberapa keunggulan dari chipset Mediatek Dimensity 9000 yang perlu Anda ketahui melansir dari berbagai sumber yang telah dihimpun tim Doran Gadget.

1. Teknologi Canggih dan Efisiensi Daya Tinggi

Keunggulan yang pertama adalah chipset ini menggunakan teknologi GPU dan CPU CORTEX-X2 Armv 9 model terbaru. Untuk memorinya, menggunakan tipe LPDDR5X, dimana kinerjanya mampu memberikan respon yang cepat terhadap aplikasi apa saja yang akan diproses. Tipe memori ini juga mampu memberikan efisiensi tinggi sampai dengan 20% dibandingkan LPDDR5.

Di samping itu, Mediatek Dimensity 9000 juga menggunakan TSMC N4. Hal itulah yang membuatnya lebih unggul dan masuk dalam seri TSMC pertama yang menggunakan fabrikasi 4nm. Tentu, adanya sokongan teknologi tersebut membuat tingkat efisiensinya semakin tinggi.

2. Hadirkan Kualitas Video dan Kamera Terbaik

mediatek dimensity 9000 (1)

Selanjutnya, beralih ke kualitas video dan kameranya yang tak kalah unggul. Chipset ini memiliki teknologi Mediatek IMAGIQ 790. Teknologi tersebut memiliki desain 18-bit HDR-ISP yang membuat kamera di perangkat ponsel dapat membuat rekaman video dengan kualitas sampai dengan 4K. Khususnya pada tiga buah kamera bersamaan dan memiliki efisiensi daya ketika perekaman video berjalan.

Kemudian, chipset ini juga mendukung untuk penggunaan pada perangkat gadget yang memiliki lensa dengan 320MP. Teknologi canggih untuk kamera ini dapat memberikan dukungan penggunaan bagi tiga kamera dalam merekam menggunakan tiga eksposur per frame yang pertama di dunia. Fitur ISP 9G Pixel yang dimiliknya disebut-sebut yang paling kuat dibandingkan dengan lainnya.

Baca juga: Chipset Mediatek Dimensity 9000 Diluncurkan, Apa Istimewanya?

3. Keunggulan Chipset Mediatek Dimensity 9000 – Kinerja AI Optimal

Hampir semua chipset saat ini didukung dengan kemampuannya dalam meningkatkan kinerja AI secara optimal. Hal itu juga berlaku pada Dimensity 9000 yang menggunakan teknologi Mediatek APU 590.

Teknologi inilah yang digunakan untuk memproses AI Generasi yang ke-5 terbaru dengan peningkatkan kinerja efektif dan maksimal. Termasuk saat digunakan untuk memproses multimedia seperti kamera, video, dan game.

4. Performa Game Maksimal

Bagi para gamers, chipset ini sangat cocok dan bisa diandalkan. Adanya teknologi Mediatek Hyperengine 5.0 membuat pemrosesan game semakin mulus dengan koneksi tanpa putus. Termasuk meminimalisir lag game. Walaupun memiliki teknologi optimalisasi game tinggi namun dapat menghemat daya.

Efisiensi saat bermain game ini juga didukung dengan teknologi AI-VRS. Dimana pengguna bisa merasakan bayangan tingkat variabel yang pertama dan telah disempurnakan AI. Teknologi tersebut juga memungkinkan grafis pada game memiliki resolusi tinggi Super AI-GPU Hybrid yang pertama dalam dunia gaming.

5. Usung Teknologi 3GPP di Jaringan 5G

mediatek dimensity 9000 (4)

Untuk penggunaan jaringan 5G, chipset ini memang sudah tak diragukan lagi. Hal itu bisa dilihat dari adanya modem 5G yang terintegrasi downlink sampai dengan 7Gbps 3CC Caries Aggregation (300 MHz). Disebut-sebut, teknologi inilah yang pertama di dunia dan digunakan untuk koneksi jaringan tetap berjalan dengan baik dan berkecepatan tinggi. Kecanggihan lainnya ialah mode penghemat daya saat mengakses internet dalam waktu lama yang menggunakan fitur Ultra Save 2.0.

Baca juga: Spesifikasi Chipset Mediatek Pentonic 2000, Bikin Smart TV Lebih Berkualitas

6. Keunggulan Chipset Mediatek Dimensity 9000 – Teknologi Visual Mumpuni

Keunggulan chipset Mediatek Dimensity 9000 juga bisa dilihat dari visualnya yang cukup tajam. Itu dimungkinkan berkat dukungan teknologi Mediatek Miravision, khususnya dari segi grafisnya. Dari segi refresh rate-nya, bisa mencapai kecepatan 180 Hz dan telah mengantongi sertifikasi CUVA HDR-Vivid yang pertama di dunia.

7. Latensi Rendah dan Teknologi Bluetooth Terbaru

Terakhir Mediatek Dimensity 9000 memiliki tingkat latensi yang rendah. Khususnya untuk game mobile yang memerlukan headset maupun earbud wireless Bluetooth. Di samping itu juga terdapat fitur  encoding audio terbaru untuk mode hemat daya.

Fitur teknologi lainnya adalah Bluetooth 5.3 terbaru. Kehadiran teknologi Bluetooth terbaru ini mampu membuat kinerjanya lebih efisien dua kali lebih baik dibandingkan generasi pendahulunya. Untuk audio, ada teknologi LE Audio yang menggunakan Dual-Link True Wireless Stereo Audio dan dukungan GNSS Beidou III-B1C generasi terbaru.

Baca juga: Review Chipset Terbaik: Dimensity 1200 VS Snapdragon 888

Penutup

Nah, itu dia Sobat Doran beberapa keunggulan chipset Mediatek Dimensity 9000 yang disematkan pada beberapa HP dengan spek tinggi maupun gaming. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda dalam melihat spesifikasi chipset dengan performa unggul untuk berbagai aktivitas sehari-hari.

Lengkapi juga HP Anda dengan berbagai aksesoris gadget terbaik di Doran Gadget. Mulai dari headset, powerbank, charger, dan lain sebagainya. Semua produk yang kami jual merupakan produk asli dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, proses transaksi hingga pengiriman dijamin aman sampai tujuan. Anda dapat melakukan pembelian melalui jaringan store kami, marketplace, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp