JETE MX2 Series vs Saramonic Blink 500 B2

Doran GadgetMicrophone wireless kini menjadi perangkat penting untuk menghasilkan konten audio maupun video. Khususnya bagi para content creator, vlogger, YouTuber, jurnalis lapangan, dan lainnya yang berhubungan. Dua brand yang cukup terkenal bisa dipilih adalah JETE dan Saramonic. Yuk, simak perbandingan mikrofon andalan keduanya JETE MX2 Series vs Saramonic Blink 500 B2 di artikel kali ini!

Spesifikasi JETE MX2 Series vs Saramonic Blink 500 B2

Berikut tabel perbandingan dua mikrofon andalan masing-masing brand secara umum yang perlu diketahui:

Spesifikasi JETE MX2 Series Saramonic Blink 500 B2
Frekuensi 2.4GHz 2.4GHz
Respon Frekuensi 20Hz-20kHz 20Hz – 16kHz
Voice Delay ≤20ms ≤6ms
Jarak Jangkau Hingga 100 meter Hingga 100 meter
Ketahanan Baterai Hingga 10 jam Penggunaan Hingga 5 jam Penggunaan
Lama Pengisian Daya 2.5 jam 1.5 jam
Suhu Pengoperasian -10°C – 45°C -10°C – 45°C
Dukungan Omnidirectional Ya Ya

Baca juga: 9 Rekomendasi Mic Clip-on Wireless Terbaik untuk Bikin Konten

Fitur dan Keunggulan

Setelah mengetahui perbandingan dari spesifikasinya secara umum, perlu juga diketahui berbagai keunggulan fitur dari kedua. Baik dari segi desain, audio, fitur pendukung, ketahanan baterai, hingga berapa harga yang dipasarkan.

1. Desain Mikrofon

JETE MX2 Series Spesifikasi (2)
sc: JETE Indonesia

Pertama yakni dari segi desain. Keduanya sama-sama mengusung desain yang ringkas. Dimana Saramonic hanya memiliki bobot sekitar 30 gram saja. Selain itu, juga terdapat beberapa tombol untuk melakukan pengaturan. Seperti tombol power dan plus/minus yang dapat dilakukan dalam melakukan pengaturan level.

Sementara itu JETE MX2 Series tak jauh berbeda dengan satu tombol power dan dua tombol pengaturan level. Menariknya, terdapat layar yang berfungsi sebagai indikator fitur, pengisian daya, dan lainnya. Sehingga memudahkan pengguna mengetahui kondisi mikrofon.

Untuk perbandingan dari segi desain, di sini JETE memang lebih unggul. Apalagi brand ini mengusung konsep All in One yang menjadikan semua perangkat mikforon dapat tersimpan dalam case. Keduanya pun memiliki pengait yang kuat dan membuat mikrofon tak mudah lepas saat disematkan di baju.

Baca juga: Simak Spesifikasi, Kelebihan, Hingga Saramonic Blink 500 B2 Review di Sini!

2. Fitur Audio

Saramonic Blink 500 B2 Review
sc: eBay

Berikutnya dari aspek audio dari masing-masing mikrofon. Baik JETE maupun Saramonic sama-sama menggunakan frekuensi 2.4GHz. Hanya saja yang membedakannya di sini adalah pada respon frekuensinya. Dimana Saramonic memiliki respon frekuensi di kisaran 20Hz – 16kHz. Sedangkan pada JETE MX2 Series respon frekuensinya adalah 20Hz – 20kHz.

Frekuensi respon di rentang 20Hz – 16kHz milik Saramonic cocok digunakan untuk menangkap suara dengan detail tinggi. Pengaplikasiannya bisa untuk presentasi, seminar, wawancara, hingga digunakan berpidato. Sedangkan rentang 20Hz – 20kHz di JETE selain bisa digunakan untuk hal-hal tersebut, juga cocok untuk Anda yang ingin kualitas audio tinggi dan detail. Misalnya untuk musisi dan profesional.

Di sisi lain, Saramonic unggul dalam voice delay yang hanya  ≤6ms saja dan suara yang ditangkap lebih nampak alami. Sementara, di JETE MX2 Series voice delay adalah  ≤20ms. Meskipun tingkat delay cukup tinggi, untuk penggunaan di dalam ruangan ini sebenarnya sudah cukup menghasilkan suara yang bagus pula.

3. Fitur Pendukung Lainnya

JETE MX2 Series Spesifikasi (3)
sc: JETE Indonesia

Selain mengenai output audio, perlu dilihat pula dari fitur-fitur lainnya. Salah satunya adalah dari jarak jangkaunya. Baik Saramonic dan JETE dapat menjangkau hingga 100 meter dalam kondisi tanpa rintangan. Jadi, memang sama-sama bisa diandalkan di dalam kondisi indoor maupun outdoor.

Mikrofon wireless ini pun kompatibel di beberapa perangkat pendukung. Mulai dari kamera dan smartphone. Dimana kedua perangkat tersebut memiliki peran cukup besar dalam pembuatan konten.

Fitur pendukung lain yang bisa dilihat adalah adanya Intelligent Noise Reduction di JETE MX2. Fungsinya adalah untuk mengurangi dan meredam suara bising dari luar saat perekaman di tempat ramai. Lalu, ada fitur Reverbration Effect yang bisa digunakan untuk merekam suara dalam mode gema.

Baca juga: 3 Keunggulan Mic Tanpa Kabel Dibanding Mic Berkabel

4. Ketahanan Baterai

Saramonic Blink 500 B2 - Spec
sc: Markaslaptop

Bicara perbandingan ketahanan baterai JETE MX2 Series vs Saramonic Blink 500 B2, keduanya sama-sama bisa diandalkan untuk bikin konten. Terutama konten yang  mengambil tempat di luar ruangan (outdoor). Seperti saat membuat vlog maupun liputan di lapangan bagi para jurnalis.

Saramonic Blink 500 B2 memiliki ketahanan baterai hingga 5 jam dan itu sebenarnya sudah cukup untuk membuat konten outdoor secara menyeluruh. Apalagi dengan pengisian daya yang hanya 1.5 jam saja sampai penuh.

Di sisi lain, JETE MX2 Series memiliki ketahanan baterai sedikit lebih unggul. Hal itu berkat dukungan dari case yang juga berfungsi sebagai charging dock. Dengan kata lain, case dapat mengisi ulang daya baterai saat ditutup. Inilah yang membuat baterai mikrofon ini mampu hingga digunakan 10-20 jam dan lebih efisien.

5. Harga yang Dipasarkan

JETE MX2 Series Spesifikasi (4)
sc: JETE Indonesia

Terakhir yakni mengenai harga. Walaupun aspek fitur dan teknologi yang dimiliki adalah penting, begitu pula dengan harga. Jika pertimbangannya adalah dari segi budget, maka ini perlu diperhitungkan. Untuk harga JETE MX2 Series ini melansir dari laman website resminya, dibanderol mulai dari Rp1.2 jutaan.

Sementara itu, harga Saramonic Blink 500 B2 di tanah air dijual mulai harga Rp2 jutaan di distributor resminya. Sebagai catatan, harga tersebut adalah yang berlaku di saat ini. Bisa saja nantinya harga akan berubah sewaktu-waktu karena promo dan hal lainnya.

Maka dari itu, ada baiknya bagi Anda untuk selalu update harga mic wireless terbaru. Tujuannya agar mendapatkan harga terbaik saat membelinya. Khususnya untuk pembelian dalam jumlah yang cukup banyak dalam mendukung kinerja tim Anda.

Baca juga: Review dan Spesifikasi Mic Wireless JETE MX1 Series

Mana yang Tepat untuk Anda?

Microphone wireless yang bagus (1)
sc: Saramonic

Jika dilihat dari perbandingan JETE MX2 Series vs Saramonic Blink 500 B2, keduanya memang memiliki keunggulan masing-masing. Apabila Anda ingin mikrofon yang memiliki kualitas delay dan latensi yang rendah, maka Saramonic Blink 500 B2 bisa dijadikan pilihan. Hanya saja, harganya memang sedikit lebih tinggi dari JETE MX2 Series

Akan tetapi, bila pertimbangannya adalah dari segi efisiensi, ketahanan baterai yang lama, dan praktis, JETE MX2 Series adalah pilihannya. Meskipun memiliki perbedaan dari segi audio, namun untuk penggunaan sehari-hari dan bikin konten hingga profesional sudah sangat memadahi. Kembali lagi, semua memang tergantung kebutuhan dan penggunaan.

Baca juga: 10 Gadget untuk Content Creator yang Wajib Dimiliki

Penutup

JETE MX2 Series Spesifikasi (1)
sc: JETE Indonesia

Selain sesuai dengan kebutuhan, pastikan Anda mendapatkan kedua mikrofon tersebut di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai mitra resmi penjualan produk Saramonic dan JETE. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan.

Tak hanya itu saja, raih kesempatan mendapatkan bonus langsung untuk setiap pembelian. Khususnya untuk pembelian di website maupun aplikasi Doran Gadget. Anda juga bisa ikuti Doran Content Creator Community di WhatsApp untuk tergabung dengan para kreator konten terbaik dan mendapatkan informasi up to date seputar dunia konten.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>