Doran GadgetMikrofon menjadi salah satu perangkat penting bagi seorang content creator. Seiring perkembangan teknologi, mikrofon diciptakan lebih ringkas dan memiliki berbagai fitur canggih yang disematkan seperti pada jenis clip-on wireless. Lalu, apa saja rekomendasi mic clip-on wireless terbaik? Simak ulasannya di artikel ini.

Rekomendasi Mic Cli-pon Wireless

Berikut beberapa rekomendasi mic clip-on wireless yang layak Anda pilih untuk keperluan membuat konten dari berbagai brand terkenal dunia.

1. Saramonic Blink 500 B2

Pertama yang bisa Anda pilih ialah Saramonic Blink 500 B2. Tingkat latensi mikrofon ini pun bisa dibilang sangat rendah yakni 12ms yang membuatnya nyaman digunakan. Transmisi wirelessnya dapat bekerja dengan baik pada rentang digital 2.4GhZ.

Sementara, kapasitas baterainya mampu digunakan hingga 5 jam penggunaan. Desainnya pun sangat ergonomis dan bisa diandalkan untuk berbagai kondisi. Inilah yang membuatnya sangat cocok untuk para konten kreator. Mulai dari vlogger, YouTuber, maupun jurnalis saat liputan di lapangan sekalipun.

Harga Saramonic Blink 500 B2: Rp2.1 jutaan

Baca juga: 5 Rekomendasi Microphone Wireless yang Bagus Tahun 2022

2. Sennheiser Wireless Clip-On EW100 ENG G3

Microphone wireless yang bagus - Senheisser

Rekomendasi mic clip-on wireless selanjutnya adalah Sennheiser Wireless Clip-On EW100 ENG G3. Desain mikrofon tanpa kabel ini memang terlihat lebih kokoh. Hal itu berkat material sturdy metal housing yang dimilikinya. Dengan begitu, dapat diandalkan di berbagai situasi dan kondisi.

Menggunakan frekuensi 1680UHF, mikrofon ini memiliki bandwidth 42MhZ. Alhasil, output suaranya semakin jernih dan jelas. Bahkan, koneksinya sangat lancar ketika digunakan di lingkungan outdoor maupun indoor. Jadi, pengguna tak perlu khawatir koneksi terputus.

Harga Sennheiser Wireless Clip-On EW100 ENG G3: Rp7,5 jutaan

3. Rekomendasi Mic Clip-on Wireless – DJI Mic

Selama ini brand DJI dikenal dengan produsen drone terbaik. Namun, brand asal Cina ini beberapa waktu lalu mengeluarkan mic clip-on wireless DJI Mic. Fitur unggulannya adalah memiliki dua transmitter dengan mikrofon internal untuk audio omnidrectional. Media penyimpanannya mampu merekam audio selama 14 jam dan daya baterainya sekitar 5.5 jam

Frekuensinya ada di rentang 2.4GhZ yang diklaim cukup jernih hingga jarak 250 meter dan kompatibel di berbagai perangkat. Misalnya saja perangkat dengan USB Type-C maupun Lightning maupun kabel audio 3.5mm. Dengan begitu, memungkinkan untuk dihubungkan di smartphone, webcam pada laptop, dan kompatibel dengan DJI OM 5 serta DJI Action 2.

Harga DJI Mic: Rp4.7 jutaan

Baca juga: Melihat Spesifikasi DJI Mic: Perangkat Audio Pertama dari DJI

4. Boya BY-WM4 Pro K2

Microphone wireless yang bagus - BOYA

Di nomor empat rekomendasinya adalah Boya BY-WM4 Pro K2. Frekuensinya berada pada rentang 2.4 GHz dengan dua channel yang berfungsi menangkap audio ke kamera DSLR, camcorder, smartphone, dan sebagainya.

Sementara itu, dari segi desainnya pun terlihat ergonomis dan mudah di bwa ke mana saja. Jarak koneksi maksimumnya hingga 60 meter. Sedangkan untuk power supply-nya berasal dari dua buah baterai dengan tipe AAA. Adanya headphone connector dapat digunakan untuk memantau penggunaan realtime.

Harga Boya BY-WM4 Pro K2: Rp1,6 jutaan

5. Rekomendasi Mic Clip-on Wireless – Saramonic Blink 500 Pro B1

Saramonic Blink 500 Pro B1

Tidak hanya seri Blink 500 Pro B2 saja, Saramonic juga memiliki mic clip-on wireless terbaik lainnya yakni Saramonic Blink 500 Pro B1. Seri ini memang cukup banyak dipilih karena selain harganya yang terjangkau juga pairingnya mudah. Termasuk kompatibilitasnya dengan kamera video, DSLR, dan mirrorless. Begitu pun dengan komputer, tablet, dan smartphone.

Rentang frekuensi digitalnya adalah 2.4GhZ. Lalu, segi ketahanan baterainya memang tak diragukan yaitu selama 8 jam. Jarak jangkaunya mampu hingga 100 meter menggunakan antena PIFA. Desainnya ringkas dan memiliki layar OLED untuk menerima dan menyalurkan sinyal suara.

Harga Saramonic Blink 500 Pro B1: Rp2.7 jutaan

Baca juga: 10 Gadget untuk Content Creator yang Wajib Dimiliki

6. RODE Wireless GO II

Keenam Anda bisa memilih Rode Wireless GO II. Keunggulannya adalah dilengkapi dengan mode omnidirectional dengan respon frekuensi 50-20.000 Hz. Di sisi lain, dari segi tampilan selain ergonomis juga memiliki LCD yang jelas. Media internalnya mampu menyimpan data selama 7 jam.

Jarak jangkau mikrofon ini hingga 200 meter dan dapat dioperasikan dengan frekuensi WiFi 2.4GhZ. Dengan desainnya yang ringkas, maka Rode Wireless GO II sangat cocok digunakan untuk content creator solo.

Harga Rode Wireless GO II: Rp2.6 jutaan

7. Rekomendasi Mic Clip-on Wireless – Synco G2 (A2)

Rekomendasi mic clip-on wireless terakhir ada Synco G2(A2). Menggunakan model omnidirectional, dapat dioperasikan pada rentang respon frekuensi 50-20.000 Hz. Frekuensi WiFi-nya berada di rentang 2.4GhZ.

Anda dapat menggunakan mikrofon wireless ini hingga jarak sekitar 50 meter. Ketahanan dan daya baterainya mampu hingga 8 jam operasional. Suara dan kualitas audionya pun cukup jernih untuk merekam aktivitas dan audio konten.

Harga Synco G2(A2): Rp2.1 jutaan

Baca juga: 3 Keunggulan Mic Tanpa Kabel Dibanding Mic Berkabel

Penutup

Microphone wireless yang bagus (1)

Itu dia 7 rekomendasi mic clip-on wireless untuk Anda dengan berbagai keunggulan dalam membuat konten. Dapatkan microphone terbaik dari Saramonic hanya di Doran Gadget. Sebagai official store Saramonic Surabaya, Saramonic Jakarta, Saramonic Semarang, dan Saramonic Bali, kami menyediakan produk asli dengan garansi resmi.

Selain itu, Anda juga berksempatan mendapatkan harga terbaik di promo dan program tertentu. Termasuk pembelian secara langsung di store, marketplace, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi selengkapnya, hubungi CS kami via WhatsApp di sini dan jangan lupa follow Instagram Doran Gadget dari smartphone Anda untuk melihat promonya.

Artikel terkait: