Doran Gadget – Hardisk eksternal memang menjadi salah satu pilihan perangkat yang memudahkan banyak orang yang membutuhkan tempat untuk menyimpan banyak file dengan ukuran yang besar. Anda bisa menyimpan berbagai file dengan jenis apapun. Namun sebelum membeli, sebaiknya Anda memahami jenis hardisk eksternal, kapasitas, hingga kecepatannya yang akan kita bahas di bawah ini. 

Mengenal Kapasitas, Kecepatan Transfer, dan Jenis Drive Hardisk Eksternal 

Merk hardisk eksternal terbaik (3)

Meskipun kapasitas penyimpanan eksternal HDD/SSD bisa memiliki kapasitas hingga 20TB. Namun banyak juga hardsik yang dijual dengan kapasitas di bawah 1TB. Tergantung dari kebutuhan Anda dalam menyimpan file, Anda bisa membeli kapasitas sesuai dengan kebutuhan.

Jika hanya untuk memindahkan data saja, Anda bisa menggunakan yang memiliki kapasitas di bawah 1TB atau 1TB. Namun jika harus menyimpan file-file besar seperti file gaming, software, hingga video-video dan lainnya maka membeli jenis hardisk eksternal dengan kapasitas yang besar bisa menjadi investasi yang bagus terutama jika Anda gemar menyimpan data untuk jangka waktu yang lama. 

Sebagai yang kamu ketahui ada dua jenis hardisk eksternal tyaitu HDD dan SSD, dimana HDD lebih murah ketimbang SSD. Untuk urusan kapasitas pun HHD memiliki kapasitas yang lebih besar. Namun kekurangan HDD adalah proses transfer dan bacanya lebih lamban dibandingkan SSD dan lebih mudah rusak jika terkena guncangan. 

Sehingga jika mobilitas Anda tinggi dalam menggunakan hardisk eksternal, maka silahkan pilih SSD. belum lagi SSD punya kecepatan transfer berkali lipat lebih kencang dibandingkan SSD. sangat cocok juga bagi Anda yang ingin menyimpan file-file dengan ukuran besar. SSD yang mendukung USB 2.0 saja bisa memiliki kecepatan hingga 408Mb/detik. Terbaru, SSD dengan dukungan USB 3.2 bisa memiliki kecepatan transfer hingga 10-20Gb/detik. 

Baca juga: 5 Jenis Penyimpanan Data untuk Komputer

Ketahanan dan Keamanan Hardis Eksternal

Merk hardisk eksternal terbaik (2)

Pastikan untuk memilih produk yang terbuat dari komponen berkualitas. Terutama pada bagian casenya untuk meminimalisir kerusakan ketika terjadi benturan. Sebenarnya SSD memiliki bobot lebih ringan karena tidak menggunakan cakram magnet seperti HDD, karena itulah SSD lebh tahan banting saat terkena guncangan dibandingkan HDD. 

Jika Anda menyimpan data-data penting dan rahasia, saat ini sudah banyak jenis hardisk eksternal yang mendukung software enkripsi untuk melindungi data Anda. Beberapa bahkan sudah disertain dengan software yang bisa menyimpan data (backup) secara otomatis ke cloud storage. Jangan lupa untuk kunci file penting yang bisa disesuaikan agar tidak sembarangan orang bisa membaca file penting Anda. 

Baca juga: 15 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik di Tahun 2022

Fitur Tambahan dan Kompatibilitas 

Merk hardisk eksternal terbaik (4)

Jika Anda pengguna Windows sebenarnya tidak perlu khawatir dengan kompatibilitas ketika membeli hardisk eksternal merk apapun. Namun ada beberapa hardisk eksternal yang tidak kompatibel dengan beberapa sistem operasi lainnya seperti MacOS dan Linux. Karena itu sebelum membeli hardisk pastikan hardisk tersebut kompatible dengan sistem operasi komputer Anda. 

Saat ini sudah ada beberapa hardisk eksternal yang memberikan fitur tambahan seperti perlindungan data menggunakan password atau kata kunci sehingga data yang ada di dalamnya tetap terjaga aman dan tidak bisa dilihat oleh orang lain selain pengguna. 

Baca juga: Western Digital dan Sony Berkolaborasi Ciptakan SSD PS5

Penutup

Merk hardisk eksternal terbaik (1)

Itulah penjelasan mengenai jenis hardisk eksternal yang wajib Anda ketahui. Jika Anda ingin membeli hardisk external mulai dari SSD maupun HDD semua ada di Doran Gadget. Semua produk kami merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Unduh aplikasi Doran Gadget di sini untuk kemudahan transaksi belanja online dan silahkan kunjungi official store kami di sini. Terkait informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di nomor ini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp