Doran Gadget Membahas smartwatch untuk lari, mungkin selama ini Anda akan tertuju pada brand besar seperti Garmin seri Forerunner. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak pula brand lain yang berfokus pada smartwatch lari.

Salah satunya adalah Coros dengan produk Pace 2. Lantas, apa saja perbedaan Garmin Forerunner 255 vs Coros Pace 2 dan mana yang lebih unggul? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Spesifikasi Garmin Forerunner 255 vs Coros Pace 2

Berikut perbandingan antara kedua jam tangan lari ini dari segi spesifikasi secara umum. Mulai dari dimensi, bobot, dan faktor lainnya. Sebagaimana dilansir dari laman Smartwatch Crunch, ini dia yang perlu Anda ketahui:

Spesifikasi Garmin Forerunner 255 Coros Pace 2
Dimensi 46mm: 45.6 x 45.6 x 12.9 mm
41mm: 41 x 41 x 12.4 mm
42 × 42 × 11.7mm
Bobot 49 gram (46mm)
39 gram (41mm)
35 gram -36 gram
Ukuran Band 45mm: 22mm
41mm: 18mm
20mm
Material Silikon Silikon / Nylon
Ukuran Layar 46mm:1.3 inchi
41mm: 1.1 inchi
1.2 inchi
Tipe Layar sunlight-visible, transflective memory-in-pixel (MIP)
46mm: 260 x 260 pixels, 41mm:218 x 218 pixels
Always-On Memory LCD, 240 x 240 pixels
Pelindung Layar Corning Gorilla Glass 3 Fiber yang diperkuat polimer
Always-on Display Ya Ya
Konektivitas Bluetooth, ANT+        Bluetooth, ANT+
Navigasi GPS, GLONASS, Galileo GPS/QZSS, GLONASS, BeiDou
Penyimpanan 4G dan hingga 500 lagu 16 MB hingga 64 MB
Kompatibilitas Android, iOS Android, iOS
Ketahanan Air 5 ATM 5 ATM
Warna Tidal Blue, Slate Gray, Light Pink, Powder Gray,  Whitestone, Black Black, White
Ketahanan Baterai Hingga 14 hari 20 hari (Reguler)
30 jam (Full GPS)
60 jam (mode UltraMax)
Tipe Pengisian Daya Kabel USB Charging Dock
Harga Rp5 – 5.8 jutaan Rp3.3 – 3.5 jutaan

Baca juga: Daftar Harga Garmin Forerunner 255 Series dan Spesifikasinya

Fitur Garmin Forerunner 255 vs Coros Pace 2

Setelah mengetahui spesifikasinya secara umum, Anda pun perlu ketahui mengenai perbedaan fitur keduanya. Baik desainnya dari luar maupun fitur dan sistem yang ada di dalamnya berikut ini.

1. Desain dan Layar

Perbandingan yang pertama adalah dari segi desain dan layarnya. Pada sektor ini, keduanya terlihat tidak memiliki perbedaan yang begitu mencolok. Misalnya saja dalam hal perlindungan layar yang menggunakan Gorilla Glass 3 dan ketahanan air hingga 5 ATM. Kemudian juga terdapat lima tombol untuk sistem navigasi.

Lalu dari segi ukuran, Garmin hadir dengan dua ukuran yang memudahkan pengguna memilih sesuai pergelangan tangan mereka. Namun, Coros Pace 2 hanya memiliki satu ukuran saja. Di sisi lain, Coros Watch ini sedikit lebih ringan ketimbang kompetitornya Garmin Forerunner 255. Untuk perbandingan desain dan layar keduanya bisa dibilang seimbang.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jam Tangan Lari Terbaik 2023

2. Ketahanan Baterai

Selanjutnya adalah dari segi perbandingan ketahanan baterainya. Baik Garmin Forerunner 255 maupun Coros Pace 2 memiliki ketahanan unggul. Dengan begitu, pengguna dapat memakainya untuk aktivitas outdoor seperti lari dan bersepeda. Ketahanan baterai smartwatch dari Garmin ini berbeda-beda tergantung mode yang diaktifkan:

  • Mode Smartwatch: hingga 12 hari
  • Mode GPS dalam mode GNSS: hingga 26 jam
  • GNSS dengan musik: hingga 5.5 jam
  • Sistem GNSS aktif: hingga 20 jam
  • GNSS Plus Multiband: hingga 13 jam

Sementara itu, untuk Coros Pace 2 di sini lebih unggul dengan ketahanan baterai hingga 20 hari untuk mode penggunaan reguler. Jika diaktifkan dalam mode UltraMax bisa hingga 60 jam dan untuk mode GPS mampu hingga 30 jam.

3. Fitur Kesehatan – Garmin Forerunner 255 vs Coros Pace 2

Beralih ke fitur kesehatan yang dimiliki. Keduanya dilengkapi dengan beberapa fitur pemantau kesehatan harian seperti Heart Rate Monitoring dan Sleep Tracking. Hanya sja Garmin hadir dengan Pulse Oximeter yang dapat memantau saturasi oksigen dalam darah.

Tentu fitur tersebut tidak dimiliki oleh Coros Pace 2. Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Garmin Forerunner 255 dan tidak ada di Coros Pace 2 adalah fitur untuk kesehatan wanita. Misalnya pemantau menstruasi dan kehamilan. Dari segi fitur kesehatan, Garmin Forerunner 255 lebih unggul.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Pentingnya Latihan Keseimbangan bagi Pelari!

4. Fitur Olahraga

Sebagai jam tangan untuk olahraga, baik Garmin maupun Coros sama-sama dibekali dengan berbagai mode olahraga. Untuk Garmin Forerunner 255 memiliki 32+ mode untuk olahraga. Ditambah lagi ada fitur pemulihan seperti Training Readiness, Training Status, hingga Body Battery.

Sedangkan Coros Pace 2 hanya sekitar 18+ mode olahraga saja. Meski begitu setidaknya smartwatch ini mampu digunakan untuk berbagai aktivitas olahraga indoor maupun outdoor. Mulai dari pilates, yoga, hingga untuk olahraga lari. Sekali lagi, untuk fitur olahraga Garmin Forerunner 255 lebih unggul.

5. Fitur Lainnya

Terakhir yakni mengenai fitur-fitur pendukung yang ada di kedua jam tangan. Dari segi kompatibilitas perangkat, keduanya dapat digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS. Kedua jam tangan pun kompatibel dengan aplikasi bawaan pabrikan yakni Connect IQ untuk Garmin dan Coros App untuk smartwatch khusus Coros. Termasuk kompatibel dengan aplikasi pihak ketiga.

Garmin Forerunner 255 juga tersedia dalam varian Forerunner 255 Music, dimana pengguna dapat memutar lagu favorit secara offline dari Spotify. Coros Pace 2 tidak dibekali dengan fitur ini. Fitur lain yang dimiliki Garmin adalah pembayaran non-tunai yang dapat digunakan di wilayah tertentu dengan Garmin Pay dan Coros tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.

Keunggulan Garmin Forerunner 255 lainnya adalah dukungan untuk telepon dan pesan teks di sistem operasi Android. Tentu, fitur seperti ini tidak disematkan pada Coros Pace 2. Dalam hal fitur pendukung, jelas Garmin Forerunner 255 terlihat unggul.

Baca juga: 5 Perlengkapan Lari yang Stylish dan Bikin Nyaman

Kesimpulan

Dari ulasan Garmin Forerunner 255 vs Coros Pace 2 di atas dapat disimpulkan bahwa Garmin Forerunner 255 memang lebih unggul. Terutama jika Anda memilihnya untuk aktivitas olahraga lari secara profesional maupun para atlet.

Hal itu karena fiturnya yang lebih akurat dan memiliki berbagai mode olahraga yang dapat disesuaikan. Namun, jika pertimbangannya adalah dari segi budget dan ketahanan baterai yang cukup lama, Anda dapat memilih Coros Pace 2 untuk penggunaan sehari-hari.

Apapun pilihannya, pastikan Anda membelinya di tempat terbaik dan terpercaya seperti Doran Gadget yang menjual produk original Garmin dan Coros. Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa didapatkan di waktu tertentu. Khususnya untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp