watchOS 10 - fi

Doran GadgetApple merilis preview watchOS 10, yakni sistem operasi terbaru untuk pengguna Apple Watch. Sejumlah fitur mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan. Mulai dari pemantau kesehatan, olahraga, dan lainnya. Hal itu juga dikatakan oleh Vice President of Technology Apple, Kevin Lynch. Apa saja keunggulan watchOS 10 fitur dan kapan dirilisnya? Simak ulasannya yang dilansir dari laman resmi Apple berikut ini.

Memperkenalkan Fitur Smart Stack

fitur WatchOS 10
sc: Apple

Ada banyak pembaruan fitur yang dapat dinikmati oleh pengguna. Salah satunya adalah menambahkan fitur bernama Smart Stack. Dimana pengguna lebih mudah dalam mengakses data yang terekam hanya dalam beberapa detik saja. Seperti reminder untuk melakukan aktivitas penting di waktu tertentu.

Smart Stack juga memberikan tampilan jam yang menarik dan user friendly, seperti mode Portrait. Di samping itu sambil tetap menawarkan cara untuk dengan cepat mengakses informasi yang pengguna inginkan. Termasuk mengontrol penggunaan dengan menekan tombol yang ada di sisi smartwatch.

Baca juga: 10+ Aplikasi di Smartwatch Apple untuk Aktivitas Sehari-Hari

Fitur watchOS 10: Watch Face yang Baru

fitur WatchOS 10 (1)
sc: Apple

Pada watchOS 10 terdapat dua watch face baru yang artistik dan menyenangkan dengan karakter kartun populer, yakni Palette dan Snoopy. Tampilan Palette menggambarkan waktu dalam berbagai warna menggunakan tiga lapisan, dan ketika waktu berubah, warna pada layar juga akan ikut berubah.

Selain itu, strip komik yang terkenal, Peanuts, hadir dalam bentuk nyata di Apple Watch dengan watch face yang menampilkan Snoopy dan Woodstock. Karakter tersebut dapat ‘berinteraksi’ dan bermain dengan jarum jam, bereaksi terhadap kondisi cuaca di sekitar, atau bahkan menjadi aktif ketika pengguna melakukan latihan.

Baca juga: Jadi Favorit Banyak Orang, Ini Harga Apple Watch Series 8!

Fitur Olahraga dan Kesehatan

Keunggulan watchOS 10 dapat dilihat pula dari pembaruan pada fitur olahraga dan kesehatan. Di sini, ada empat fitur yang mendapatkan perhatian lebih. Yakni bersepeda, mendaki, kesehatan mental, hingga kesehatan penglihatan.

1. Sepeda (Cycling)

fitur watchOS10
sc: Apple

Pembaruan fitur olahraga yang pertama adalah untuk mode bersepeda dengan adanya fitur workout reminder secara otomatis, kalorimetri untuk e-biking, hingga Fall Detection untuk meminimalisir pesepeda terjatuh. Termasuk fitur lainnya seperti detak jantung, rute bersepeda, kecepatan, dan lainnya. Begitu juga dengan kecepatan, dan rata-rata cadence, bahkan untuk sepeda statis.

Algoritma sensor baru ini juga menggabungkan data sensor dari Apple Watch ke pengukur dan bisa memperkirakan Functional Threshold Power (FTP). Ini akan memberikan kemudahan berapa lama yang diperlukan untuk meningkatkan performa.

2. Mendaki (Hiking)

fitur watchOS10
sc: Apple

Untuk fitur mendaki (hiking), pembaruan fitur ini antara lain pada tampilan kompas yang sudah 3D dan dapat memberikan kemudahan dalam membaca tingkat elevasi pada pengguna. Dalam hal ini, pengguna tetap terkoneksi dengan jalur baru dan dapat menggunakan panggilan darurat.

Pembaruan juga dapat dilihat dari segi pembaruan peta topografi. Khususnya untuk mengeksplorasi pegunungan, bukit, danau, hingga sungai secara detail Termasuk jalur, kontur, tingkat elevasi, dan lainnya. Kemudian, ada pembaruan untuk mencari jalur treking terdekat, termasuk nama, panjang jalan, waktu, elevasi, tingkat kesulitan, dan lainnya.

Baca juga: 5 Fitur Penting Pada Device untuk Naik Gunung

3. Kesehatan Mental (Mental Health)

fitur watchOS10
sc: Apple

Kesehatan mental juga menjadi konsentrasi dari Apple. Guna memudahkan pengguna mengecek kondisi kesehatan mental, pada watchOS 10 ini bisa dilihat tingkat kestabilan kesehatan mental. Fitur kesehatan mental ini diukur berdasarkan tingkat emosional dan mood harian dari pengguna.

Di sini juga ditampilkan mengenai saran apa yang harus dilakukan. Data yang ada akan dienkripsi dengan kode tertentu. Sehingga, kerahasiaan data lebih terjamin dan hanya dapat dibagikan dengan persetujuan pengguna. Lalu, pengguna bisa melihatnya melalui data yang terekam melalui Apple Watch dan iPhone yang terintegrasi.

4. Kesehatan Penglihatan (Vision Health)

fitur watchOS10
sc: Apple

Tidak hanya fitur kesehatan mental, kesehatan penglihatan pun jadi perhatian. Salah satunya adalah miopia atau rabun dekat. Terutama bagi anak-anak hingga orang dewasa. Oleh karena itu, disarankan setidaknya sekitar 80-120 menit untuk berada di luar ruangan. Dengan watchOS 10, Apple Watch memperkenalkan kemampuan untuk mengukur waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari menggunakan sensor cahaya sekitar.

Pengguna dapat melihat informasi ini di aplikasi Kesehatan pada iPhone atau iPad. Sensor cahaya sekitar di Apple Watch sekarang dapat mengukur waktu di bawah sinar matahari. Dengan Family Setup, orang tua dapat melacaknya bahkan jika anak mereka tidak memiliki iPhone.

Baca juga: Harga Apple Watch Series 7 – Dari Aluminium Sampai Seri Hermes dan Nike

Update Lainnya

fitur WatchOS 10 (2)
sc: Mac Rumors

Selain fitur dari segi tampilan, fitur kesehatan, dan olahraga, fitur watchOS juga memiliki sejumlah fitur tambahan seperti:

  • NameDrop: pengguna lebih mudah berbagai informasi kontak dengan teman baru. Cukup dengan ketuka di ‘My Card’ dan dekatkan Apple Watch Anda dengan pengguna lain untuk berbagai kontak.
  • Offline Maps: pengguna bisa mengunduh peta walaupun sedang offline di iOS 17. Peta yang ada di Apple Watch ini bisa digunakan untuk navigasi dan melihat informasi detail tempat saat iPhone Anda menyala dan berada dalam jangkauan Apple Watch pengguna.
  • Enterprise: digunakan untuk pengguna segmen enterprise. Yakni smartwatch dapat merespon notifikasi saat pengguna bergerak dengan sistem Mobile Device Management (MDM), mengkonfigurasi VPN, hingga proses deploy iuntuk penggunaan internal.
  • Workout API: fitur ini memiliki sensor lebih powerful pada Apple Watch Ultra dan Series 8. Di sini dapat mendeteksi akselerasi, perubahan, dan hal penting lain saat berolahraga. Tentu ini memberikan pengelaman baru saat melakukan olahraga seperti tenis dan golf. Termasuk dengan menggunakan platofrm TrainingPeaks.
  • Video Message Playback: saat seseorang meninggalkan pengguna di pesan video yang terekam di FaceTime, pengguna bisa melihat secara langsung di Apple Watch dengan dukungan Group FaceTime.
  • Reminder Medication: fitur ini dapat mengirimkan reminder kepada pengguna untuk tetap bugar. Di sini fitur akan mengirimkan kapan pengguna harus cek kesehatan, vitamin dan suplemen yang diperlukan dan pengingat jika kondisi kesehatan menurun.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Produk Apple Mahal

Kompatibilitas

harga apple watch series 7
sc: Trusted Reviews

Kompatibilitas watchOS 10 dapat diintegrasikan dengan beberapa seri iPhone untuk memantau data yang terekam. Mulai dari iPhone XS, iPhone XR, atau iPhone yang kompatibel dengan iOS 7. Sementara itu, untuk jam tangan Apple Watch seri yang kompatibel dengan sistem operasi ini antara lain adalah:

  • Apple Watch Series 4
  • Apple Watch Series 5
  • Apple Watch SE
  • Apple Watch Series 6
  • Apple Watch Series 7
  • Apple Watch Series 8
  • Apple Watch Ultra

Namun, sebagai catatan tidak semua fitur tersedia pada semua device. Oleh karena itu, ada baiknya Anda untuk mengeceknya secara berkala mengenai pembaruan yang ada untuk bisa menikmati fitur terbarunya.

WatchOS 10 mulai dilakukan uji coba terlebih dahulu oleh Apple Developer Program untuk member tertentu. Sementara, versi Beta untuk publik tersedia untuk pengguna Apple Watch pada bulan Juli 2023 sebagaimana dirilis di laman resmi Apple.

Artikel terkait:

>