DJI IndonesiaSebagai drone untuk industrial dan keperluan inspeksi, survei, hingga pemetaan, DJI Matrice 350 RTK dirancang dengan material terbaik dan teknologi canggih. Lantas apa yang membuat fitur DJI Matrice 350 RTK berbeda dari generasi sebelumnya atau DJI Matrice 300? Anda bisa simak selengkapnya dalam artikel yang telah dihimpun dari laman DJI Enterprise kali ini.

Fitur DJI Matrice 350 RTK

Berikut beberapa fitur DJI Matrice 350 RTK yang membuatnya memiliki keunggulan untuk keperluan industrial dan inspeksi Anda.

1. Bisa Diandalkan di Berbagai Kondisi Cuaca

Fitur DJI Matrice 350 RTK (1)
sc: DJI Enterprise

Fitur yang pertama adalah DJI Matrice 350 RTK didesain dengan material berkualitas premium. Hal itulah yang membuatnya bisa diandalkan dan tahan dalam berbagai kondisi cuaca yang ekstrem sekalipun. Tak heran jika drone ini mampu dioperasikan dalam lingkungan bersuhu -20° hingga 50° Celcius.

Selain itu, drone seri enterprise ini dilengkapi dengan rating Ingress Protection IP55. Sertifikasi ini memastikan drone dapat terlindungi dengan baik saat dioperasikan pada kondisi hujan dan debu. Termasuk saat drone dilipat sekalipun dan memiliki ketahanan terhadap angin yang baik.

Baca juga: Spesifikasi DJI Matrice 350 RTK: Lebih Efisien untuk Industrial

2. Dilengkapi dengan DJI RC Plus

Fitur DJI Matrice 350 RTK (3)
sc: DJI Enterprise

DJI Matrice 350 RTK dilengkapi dengan controller DJI RC Plus. Dimana controller ini merupakan seri flagship untuk remote drone DJI yang pada awalnya diluncurkan bersama drone DJI Matrice 30. Adanya controller tersebut membuat pilot lebih mudah dalam menerbangkan drone ketika sedang inspeksi.

Keunggulan dari DJI RC Plus adalah layarnya yang lebih luas sehingga kontrol lebih baik. Ditambah lagi dengan adanya tombol fisik dan melakukan pergantian tampilan kamera tanpa harus melepaskan tombol kendali. Terlebih lagi drone ini juga mendukung untuk Advanced Dual Control yang memungkinkan dua pilot drone bekerja secara bersamaan.

3. Sistem Transmisi Terbaru

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK (4)
sc: Carrot Ink

Pembaruan lainnya dari fitur DJI Matrice 350 RTK bisa dilihat dari segi sistem transmisinya. Salah satunya dengan disematkannya sistem transmisi OcuSync 3 Enterprise yang lebih ditingkatkan. Khususnya untuk konektivitas dengan DJI RC Plus lebih mulus. Keandalan koneksi ini didukung dengan empat buah antena bawaan yang membuatnya lebih stabil.

Hal yang sama juga dikembangkan pada bagian baling-baling. Pada DJI Matrice 350 RTK, baling-balingnya menggunakan material yang bersifat non-konduktif. Keunggulannya adalah material ini dapat meminimalisir interferensi sinyal di antena. Bahkan tetap stabil hingga jarak jangkau 20 kilometer.

Baca juga: 4 Rekomendasi Drone RTK untuk Pemetaan Lebih Akurat

4. Fitur DJI Matrice 350 RTK – Sistem Arm Locking

Fitur DJI Matrice 350 RTK
sc: DJI Enterprise

Fitur keamanan di DJI Matrice 350 RTK juga menjadi pertimbangan pabrikan untuk mengembangkan kenyamanan dalam menerbangkan drone. Oleh karena itu, drone ini dilengkapi dengan enam sensor rintangan dan penentuan posisi yang lebih akurat. Begitu pun dengan tingkat redundansinya.

Sistem arm-locking yang dimilikinya pada bagian lengan drone menggunakan magnet agar terkunci dengan baik. Hal itu membuat performa drone saat lepas landas menjadi lebih mulus. Lalu, dapat memunculkan notifikasi peringatan pada aplikasi Pilot 2. Sehingga, dapat meminimalisir terjadinya risiko kecelakaan saat drone diterbangkan.

5. Memiliki Kamera FPV dengan Kemampuan Low-Light

Fitur DJI Matrice 350 RTK (4)
sc: News Shooter

DJI Matrice 350 RTK memiliki kamera FPV untuk penggunaan yang lebih nyaman dan pengalaman yang nyata. Kamera FPV ini dibekali dengan peningkatan kemampuan dalam pengoperasian di kondisi minim cahaya maupun untuk pengoperasian malam hari.  Adapun komponen dan sensornya memiliki spesifikasi yang sama dengan DJI Matrice 300.

Dengan begitu, selain untuk inspeksi berkat adanya kamera FPV tersebut mendukung DJI Matrice 350 RTK dapat digunakan dalam misi penyelamatan (SAR). Keberadaan kamera ini juga dapat memvisualisasikan objek dalam mengidentifikasi sasaran dengan baik.

Baca juga: Apa Itu RTK untuk Drone Pemetaan? Ini Penjelasannya!

6. Payload yang Beragam

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK (3)
sc: Videomaker

Fitur DJI Matrice 350 RTK lainnya juga bisa dilihat pada payload-nya. DJI telah mengembangkan inovasi yang memungkinkan penggunaan hingga tiga modul payload dalam satu drone dengan total berat mencapai 2,7 kilogram. Beberapa modul yang kompatibel dengan DJI Matrice 350 RTK antara lain:

  • Zenmuse H20 Series: Kamera ini dilengkapi dengan empat sensor zoom, termasuk kamera wide, kamera termal, dan pemancar jarak laser yang bekerja secara bersamaan. Dilengkapi dengan algoritma cerdas yang meningkatkan kinerja dalam pemetaan.
  • Zenmuse H20N: Kamera ini memiliki sensor bintang yang terintegrasi dengan sistem zoom dan kamera sudut lebar. Terdapat juga kemampuan zoom termal ganda dan pemancar jarak laser. Pengguna dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan.
  • Zenmuse P1: Kamera ini terintegrasi dengan sensor full-frame dan dilengkapi dengan lensa fokus yang dapat diatur pada gimbal tiga sumbu. Biasanya digunakan untuk fotogrametri dan pemetaan yang lebih akurat.
  • Zenmuse L1: Kamera ini terintegrasi dengan modul Livox Lidar dan IMU dengan tingkat akurasi tinggi, serta dilengkapi dengan kamera untuk pemetaan. Ketika digunakan, ketiganya menyediakan solusi pemetaan 3D yang efisien, bahkan pada struktur yang kompleks dengan akurasi yang tinggi.

7. Aman Dibawa ke Mana Saja

Fitur DJI Matrice 350 RTK (2)
sc: DJI Enterprise

Masalah yang dihadapi oleh pilot drone adalah bagaimana membawa drone enterprise yang aman saat dibawa ke mana saja. Untungnya, pihak DJI memiliki inovasi dengan adanya tas khusus berupa koper untuk menyimpan drone DJI Matrice 350 RTK.

Dengan desain koper dan dilengkapi dengan roda, tentu dapat meningkatkan portabilitias drone. Hal tersebut juga memungkinkan pengguna atau pilot memindahkan drone dengan mudah. Termasuk penambahan peredam getaran di bagian dalam tas khusus ini membuat penyimpanan drone lebih nyaman dan meminimalisir kerusakan.

Baca juga: 5 Cara Membawa Drone di Pesawat Terbang yang Aman

8. Sistem Baterai Terbaru

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK
sc: Gizmodo

Terakhir, DJI Matrice 350 RTK menggunakan baterai pintar terbaru dengan model TB65. Baterai ini memberikan keunggulan pada penerbangan drone hingga 55 menit di ruangan terbuka ketika baterai terisi penuh. Baterai dapat dipasang dan dilepas kembali dengan cepat tanpa harus mematikan drone. Ini memungkinkan pengguna mengganti baterai dengan cepat.

Baterai TB65 dapat digunakan hingga 400 siklus pengisian sebelum melakukan penggantian. Sehingga dapat meminimalisir biaya dan ini lebih baik jika dibandingkan seri sebelumnya seperti TB60 yang hanya memiliki 250 siklus pemakaian. Baterai memiliki fitur hot-swappable untuk mencegah terjadinya downtime maupun baterai cepat panas ketika digunakan. Kemudian juga dilengkapi mode pengisian daya seperti Storage Mode, Ready to Fly Mode, dan Standard Mode.

Kesimpulan

spesifikasi DJI Matrice 350 RTK (1)
sc: YouTube/DJI

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa fitur DJI Matrice 350 RTK memberikan inovasi baru dalam dunia drone enterprise. Khususnya dalam standar tinggi saat digunakan seperti ketahanan cuaca yang unggul.

Di samping itu, adanya DJI RC Plus membuat penerbangan semakin mulus yang didukung transmisi dengan jangkauan jauh. Kemudian, drone ini memiliki tas khusus yang membuat drone lebih aman dan nyaman saat dibawa ke mana saja untuk inspeksi.

Konsultasikan dengan kami untuk pengadaan produk DJI Matrice 350 RTK. Anda bisa menghubungi Admin kami via WhatsApp dengan cara klik di sini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi seputar DJI Enterprise silakan masuk ke laman ini. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>