DJI Mini 4 Pro vs DJI Air 3 - FI

DJI IndonesiaPerbandingan drone DJI Mini 4 Pro vs DJI Air 3 menjadi perhatian para pengguna drone fotografi maupun videografi. Pasalnya, kedua drone ini dibekali sejumlah fitur unggulan masing-masing. Apa saja di antaranya dan mana yang cocok untuk Anda pilih? Simak selengkapnya dalam artikel yang telah dirangkum tim Doran Gadget berikut.

Spesifikasi DJI Mini 4 Pro vs DJI Air 3

Mengenai perbandingan antara DJI Mini 4 Pro dengan DJI Air 3 dari segi spesifikasi secara umum dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Spesifikasi DJI Mini 4 Pro DJI Air 3
Dimensi 148×94×64 mm 207×100.5×91.1 mm
Bobot 249 gram 720 gram
Kamera 1/1.3-inch CMOS Wide-Angle Camera 1/1.3-inch CMOS Wide-Angle Camera
1/1.3-inch CMOS Medium Tele Camera
Resolusi Video Maksimal 4K/100 fps 4K/100 fps
Fitur Warna Kamera 10-bit D-Log M, HLG 10-bit D-Log M, HLG
Dukungan Vertical Shooting Ya Ya
Sensor Rintangan Omnidirectional Omnidirectional
Transmisi Video OcuSync 4.0 (O4), 20 km OcuSync 4.0 (O4), 20 km
Ketahanan Baterai 34 mins 46 mins

Baca juga: 25 Rekomendasi Drone DJI Terbaik 2024 untuk Kebutuhan Anda

Fitur dan Keunggulan DJI Mini 4 Pro vs DJI Air 3

Tak hanya dari spesifikasinya secara umum saja, perbandingan DJI Mini 4 Pro vs DJI Air 3 dapat dilihat dari segi fitur-fitur unggulannya. Melansir dari berbagai sumber, berikut yang perlu Anda ketahui:

1. Desain Drone

DJI Mini 4 Pro vs DJI Air 3
sc: YouTube/Drone Supremacy

Pertama adalah dari segi desain kedua drone. Secara kasat mata, DJI Mini 4 Pro lebih ringan dan ringkas. Bobotnya hanya dibawah 250 gram saja dan membuatnya nyaman dibawa ke mana saja. Terlebih dimensinya yang hanya 298 x 373 x 101 mm, sedangkan saat dilipat, dimensinya dapat lebih ringkas lagi yakni 148 x 94 x 64 mm.

Di sisi lain, ukuran ventilasi pendinginannya lebih besar. Lalu arm atau lengan bagian belakang berukuran sedikit lebih kecil. Sedangkan bagian depannya dilengkapi dengan kaki-kaki khusus yang memudahkan pendaratan. Pelindung kameranya lebih kecil, sehingga lebih mudah dipasangkan dan terdapat pelindung baling-baling saat drone disimpan

Apabila dibandingkan DJI Mini 4 Pro, maka DJI Air 3 lebih besar termasuk saat dilpat sekalipun. Dimensi saat dilipat adalah 207 x 100.5 x 91.1 mm, sedangkan jika tidak dilipat dimensinya 258.8 x 326 x 105.8 mm. Bobotnya pun lebih berat yakni di kisaran 720 gram. Bahkan dua kali lebih berat dibanding seri DJI Mini 4 Pro. Dalam penerbangan internasional, bobot drone ini masuk dalam kategori risiko rendah.

Baca juga: Spesifikasi DJI Mini 4 Pro: Drone Ringan dengan Fitur Unggulan

2. Fitur Kamera

Review DJI Air 3 - 3
sc: Nextrift

Perbandingan berikutnya antara DJI Mini 4 Pro vs DJI Air 3 adalah sektor kameranya. DJI Mini 4 Pro menggunakan sistem kamera single dengan sensor 1/1.3-inch CMOS Wide-Angle Camera. Sementara, DJI Air 3 menggunakan sistem kamera ganda 1/1.3-inch CMOS Wide-Angle Camera dan 1/1.3-inch CMOS Medium Tele Camera. Kamera ganda ini merupakan yang pertama diterapkan pada drone DJI.

Adapun keunggulan dari sistem kamera ganda ini membuat pengguna lebih kreatif dalam mengeksplorasi pengambilan gambar. Kamera wide-angle dapat digunakan untuk mengambil foto pemandangan yang menakjubkan, sementara kamera medium tele cocok untuk menangkap detail dan foto close-up.

Dari segi resolusi video, kedua drone ini setara. Keduanya dapat merekam dengan resolusi video maksimal 4K/100 fps untuk slow motion dan 4K/60 fps untuk video HDR. Kedua model juga mendukung pengambilan gambar secara vertikal dan dilengkapi dengan 10-bit D-Log M dan HLG untuk rentang dinamis dan gradasi warna yang lebih baik dalam proses pasca produksi.

Kedua drone dilengkapi dengan fitur SmartPhoto yang memungkinkan pengguna untuk mengedit foto secara otomatis dan optimal. Beberapa mode foto lainnya antara lain FocusTrack, QuickShots, MasterShots, Hyperlapse, Slow Motion, Night Mode, dan Panorama. Untuk donwload footage lebih cepat di smartphone, Anda dapat menggunakan QuickTransfer dan terhubung dengan aplikasi LightCut.

3. DJI Mini 4 Pro vs DJI Air 3 – Performa

Spesifikasi DJI Mini 4 Pro (5)
sc: Notebookcheck

Dari segi performanya, kedua drone dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra bagi para penggunanya. Misalnya saja keduanya memiliki sensor omnidirectional untuk menghindari tabrakan. Kemanan penerbangan semakin ditingkatkan berkat dukungan Advanced Pilot Assistance Systems (APAS) 5.0. Sehingga, pengguna pemula pun dapat leluasa menerbangkannya.

Tak hanya itu saja, baik DJI Mini 4 Pro maupun DJI Air 3 dilengkapi fitur Advanced RTH. Dimana fitur ini dapat membuat drone kembali secara otomatis ke rute penerbangan awal secara aman ketika terjadi kendala. Seperti kehilangan sinyal maupun daya baterainya yang menurun.

Lalu, ada juga fitur Waypoint Flight dimana pengguna dapat menerbangkan drone dengan rute yang sudah ditentukan secara otomatis dan berulang kali. Fitur Cruise Control dapat mengunci kecepatan dan ketinggian drone. Sehingga, proses pengambilan gambar lebih baik. Mengenai transmisinya juga lebih stabil dengan adanya OcuSync 4 Video Transmission System yang mampu menjangkau hingga jarak 20 kilometer.

Baca juga: Review Drone DJI Air 3: Hadir dengan Dual Camera 4K Terbaru

4. Ketahanan Baterai

Review DJI Air 3 - 4
sc: Tech Radar

Faktor penting lain ketika memilih drone adalah segi ketahanan baterainya. DJI Mini 4 Pro memiliki ketahanan baterai hingga 34 menit penggunaan. Namun, drone ini juga dibekali dengan baterai tambahan menggunakan teknologi Intelligent Flight Battery Plus. Hal tersebut membuatnya mampu digunakan hingga 45 menit.

Sedangkan pada DJI Air 3 memiliki waktu terbang lebih lama sampai dengan 46 menit. Baterai tersebut didukung dengan fitur Power Accumulation. Fitur ini sederhananya yakni ketika Anda menggunakan charging hub maka cukup tekan tombol saja dan transfer daya bisa dilakukan dari semua baterai ke dalam satu baterai.

Namun, perlu diingat ketahanan baterai tersebut dapat berubah dan berkurang lebih cepat. Hal itu tergantung pada mode apa saja yang diaktifkan ketika merekam dan memotret objek. Selain itu, kecepatan angin juga berpengaruh. Terbang dalam kecepatan angin cukup tinggi akan berdampak pada penggunaan daya lebih besar.

5. Harga yang Dipasarkan

Spesifikasi DJI Mini 4 Pro
sc: Adorama

Terakhir adalah mengenai harga kedua drone di Indonesia. Harga DJI Mini 4 Pro dijual dengan berbagai paket yang berbeda. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • DJI Mini 4 Pro (DJI RC-N2): mulai dari Rp12jutaan
  • DJI Mini 4 Pro (DJI RC 2): mulai dari Rp14 jutaan
  • DJI Mini 4 Pro Fly More Combo (DJI RC 2): mulai dari Rp17 jutaan
  • DJI Mini 4 Pro Fly More Combo Plus (DJI RC 2): mulai dari Rp18 jutaan

Sementara itu, harga DJI Air 3 dijual dengan harga berbeda yakni:

  • DJI Air 3 Basic (DJI RC-N2): mulai dari Rp17 jutaan
  • DJI Air 3 Fly More Combo (DJI RC-N2): mulai dari Rp21 jutaan
  • DJI Air 3 Fly More Combo (DJI RC 2): mulai dari Rp23 jutaan

Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung promo dan kebijakan fiskal yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum membeli Anda mengecek harga up to date untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Baca juga: Daftar Harga Drone DJI Terbaru di Tahun 2024

Mana yang Cocok untuk Anda?

Review DJI Air 3 - 5
sc: Scandinavian Photo

Lantas, dari perbandingan kedua drone DJI di atas mana yang terbaik untuk Anda? Hal ini memang tergantung pada penggunaan dan kebutuhan. Baik DJI Mini 4 Pro maupun DJI Air 3 sama-sama memiliki keunggulan fitur masing-masing. Baik dari segi desain luarnya maupun fitur unggulan, termasuk kamera.

Jika menginginkan drone dengan desain yang compact dan ringkas, maka DJI Mini 4 Pro sangat cocok untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan dan portabilitas penggunaan di mana saja dan kapan saja. Terutama untuk aktivitas traveling maupun outdoor. Sektor kameranya pun juga mumpuni untuk mengabadikan momen terbaik.

Akan tetapi, apabila Anda menginginkan drone yang lebih baik di sistem kamera, DJI Air 3 merupakan pilihan yang tepat. Terlebih untuk kebutuhan pembuatan konten dari udara. Mengingat, drone ini memiliki sistem dual kamera yang lebih variatif dan hasil menakjubkan serta mendukung kemampuan fotografi dan videografi tingkat tinggi. Di samping itu, baterainya lebih unggul sehingga memberikan wawktu terbang lebih lama.

Baca juga: 8 Tips Memilih Drone Untuk Fotografi Udara

Penutup

DJI Mini 4 Pro vs DJI Air 3 (1)
sc: DroneBlog

Setidaknya itulah perbandingan mengenai drone DJI Mini 4 Pro vs DJI Air 3. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan. Kini, Anda bisa mendapatkan kedua drone tersebut di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi penjualan DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI BaliDJI BandungDJI Banjarmasin, dan DJI Manado, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa Anda dapatkan untuk pembelian langsung melalui store atau secara online melalui website maupun aplikasi Doran Gadget. Khusus pembelian di aplikasi, kumpulkan poin sebanyak mungkin untuk ditukar dengan produk gadget favorit lainnya. Informasi lebih lanjut dan konsultasi produk, hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>