DJI Air 2S vs DJI Mavic 2 Pro – Kamera, Desain, dan Harga

dji mavic, drone dji, dji air 2s, dji mavic 2 pro, harga drone dji, dji indonesia (1)

DJI IndonesiaRilisan terbaru drone DJI, yaitu DJI Air 2S adalah generasi terbaru dari Mavic Air 2. Sejak diluncurkan secara resmi ke pasaran pada 16 April 2021 yang lalu, banyak yang membandingkan drone ini dengan Mavic 2, namun tidak sedikit juga yang membuat perbandingan Air 2S vs Mavic 2 Pro.

Kalau Anda masih bingung harus memilih antara keduanya, yuk simak perbandingan kedua drone ini dari segi kamera, desain, dan harganya.

Spesifikasi Drone DJI Air 2S dan Mavic 2 Pro

AspekDJI Mavic Air 2SDJI Mavic 2 Pro
Kamera1-inch sensor
20MP, 2.4um
22mm, f/2.8
1-inch sensor
20MP
Effective Pixels 20 million
Resolusi Video5.4K/30fps
4K/60fps
4K/30fps
Bitrate 150 Mbps100 Mbps
Waktu Terbang31 menit31 menit
Fitur UnggulanMasterShots
APAS 4.0
Hyperlapse
Spotlight 2.0
ActiveTrack 4.0
Point of Interest 3.0
Hasselblad Camera
72 km/h Max. Speed
Low-Noise Design
Omnidirectional Obstacle Sensing
Hyperlapse & HyperLight
Adjustable Aperture f/2.8 – f/11
OcuSync 2.0 Video Transmission System
ActiveTrack 2.0, QuickShot, Panorama
Memori Internal8GB8GB

Kamera

Kamera selalu menjadi aspek terpenting dalam setiap drone, karena ini merupakan fungsi utamanya. Sebagus apapun fitur yang dibawa, kamera yang jernih dengan resolusi tinggi harus dimiliki oleh setiap drone.

Baik drone DJI Air 2S maupun Mavic 2 Pro sama-sama dibekali dengan sensor kamera 1 inch dengan resolusi 20 MP. Bedanya, Mavic 2 Pro dilengkapi Hasselblad Camera yang berkolaborasi dengan DJI untuk produk ini. Kamera khusus ini didesain untuk menghasilkan gambar yang lebih pop dengan teknologi khusus bernama Hasselblad Natural Color Solution (HNCS).

dji mavic, drone dji, dji air 2s, dji mavic 2 pro, harga drone dji, dji indonesia (2)

Kamera DJI Air 2S mampu memberikan warna yang lebih nyata pada tangkapannya, sementara Mavic 2 Pro telah melakukan adjustment secara otomatis, seperti yang terlihat jelas pada warna langitnya.

Namun bukan berarti kamera satu lebih baik dari yang lainnya, karena semua kembali pada selera. Jika Anda lebih suka melakukan adjustment pencahayaan dan ketajaman melalui Lightroom, maka Air 2S lebih cocok buat Anda. Berbeda lagi jika Anda tidak mau repot melakukan editing setelah pengambilan gambar, Mavic 2 Pro akan mengerjakan semuanya untuk Anda.

Perekaman Video Drone DJI Air 2S vs Mavic 2 Pro

dji mavic, drone dji, dji air 2s, dji mavic 2 pro, harga drone dji, dji indonesia (3)

Ketika digunakan untuk merekam video dengan mode D-Log 10 Bit, warna yang dihasilkan oleh Air 2S jauh lebih dinamis, sementara Mavic 2 Pro cenderung mengambil gambar yang lebih “apa adanya”. 

dji mavic, drone dji, dji air 2s, dji mavic 2 pro, harga drone dji, dji indonesia (5)

Drone DJI Mavic 2 Pro dapat merekam video dengan resolusi 4K 30fps, namun drone Air 2S dapat merekam dengan resolusi maksimal 5.4K hingga 30fps dan 4K hingga 60fps. Ini membuktikan bahwa Air 2S yang memiliki sensor sama mampu memberikan resolusi yang lebih baik dengan kemampuan frame rate lebih tinggi.

Aperture Kamera

Meskipun dari segi resolusi kamera Air 2S terdengar lebih unggul, ada satu kelemahan yang jarang diperhatikan oleh orang awam, namun cukup penting bagi pengguna drone. Air memiliki fixed aperture F2.8, sementara aperture Mavic 2 Pro adalah F2.8 hingga F11. Fitur ini sangat membantu jika Anda sedang menerbangkan drone di bawah panas matahari yang terik.

Untuk menyiasati hal ini, DJI juga memberikan satu set ND Filter untuk Air 2S yang dijual terpisah untuk mengakali aperture yang terbatas ini. Jika Anda ingin membeli Air 2S tentu Anda harus menyiapkan budget khusus untuk memiliki filter ini.

Mode Low Light

dji mavic, drone dji, dji air 2s, dji mavic 2 pro, harga drone dji, dji indonesia (7)

Pengambilan gambar di bawah cahaya rendah menjadi aspek selanjutnya yang dapat dibandingkan antara kedua drone DJI ini. Hasilnya mungkin relatif sama, namun Mavic mampu mengurangi noise secara lebih signifikan.

Desain dan Keamanan

Dari segi desain, dua drone ini sangat mirip. Yang membedakan adalah ukurannya, dimana Mavic 2 Pro lebih besar dari Air 2S. Sensor Air 2S hanya ada di bagian atasnya saja, sementara tidak ada sensor apapun di bagian samping. Ini artinya, drone tidak akan berhenti saat hampir menabrak sesuatu dari kedua sisinya.

Inilah keunggulan Mavic yang dilengkapi dengan sensor di berbagai bagian, baik itu di atas maupun di samping, sehingga kemampuannya untuk mendeteksi rintangan dan menghentikan drone sangat bagus. Mavic 2 Pro dapat melihat rintangan yang ada di depan, belakang, dan juga samping. Jangan lupa cari tahu juga bagaimana menghindari kesalahan dalam menerbangkan Mavic 2 Pro.

Air 2S dinilai mampu bergerak lebih lincah karena hanya seberat 580 gram saja, sedangkan berat Mavic mencapai 900 gram. Ini menjadikan Air 2S lebih compact dan bersahabat buat Anda yang suka traveling dan membawa drone kemana-mana. 

Drone Controller

dji mavic

Controller Air 2S sedikit lebih besar dibandingkan dengan Mavic, namun mengusung desain terbaru dimana antenna tinggal ditarik saja dari bodi controller dan bisa digunakan sebagai tempat untuk handphone Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk memantau pergerakan drone.

Dari segi desain controller, Air 2S bisa dikatakan lebih unggul. Jika Anda bukan pengguna drone pemula yang tidak khawatir dengan sensor minimal pada Air 2S, maka drone ini bisa jadi pilihan tepat yang memberikan Anda kenyamanan ketika mengendalikannya.

dji mavic

Penerbangan

Sebagai produk terbaru drone DJI, maka Air 2S dibekali dengan sederet fitur ternyata seperti ActiveTrack 4.0 yang mampu mendeteksi pergerakan objek dengan sangat baik. Anda tinggal pilih saja objek yang akan direkam, dan drone ini secara otomatis akan menguncinya dan mengikuti kemanapun arahnya bergerak tanpa harus mengontrolnya.

drone dji

Ada pula fitur baru bernama Master Shots, dimana Anda bisa mengunci objek tertentu dan membiarkan drone mengambil gambar. Di akhir perekaman, drone bisa membuat video singkat dari gabung klip yang sudah diambil tadi dengan musik bawaan. Waktu terbang drone DJI ini mencapai 31 menit dalam kondisi baterai penuh.

Kecepatan terbang dalam mode Sport juga jadi hal yang menarik untuk dibandingkan dari kedua drone ini, karena Mavic bisa mencatatkan kecepatan hingga 46 mph, sementara kecepatan maksimum Air 2S adalah 43 mph. Anda juga bisa menggunakan mode hyperlapse di Mavic 2 Pro untuk hasil gambar yang lebih dramatis.

Bicara soal kebisingan, keduanya tidak terlalu berbeda karena dapat terbang dengan kebisingan yang sangat minimal.

Mana yang Lebih Baik Antara Drone DJI Mavic 2 Pro dan Air 2S?

Dari beberapa kategori yang dibandingkan di atas, Air 2S memang punya banyak keunggulan. Hal tersebut bisa dimaklumi karena Mavic 2 Pro diluncurkan pada 2019 dan sejak saat itu banyak peningkatan fitur dan sistem yang dilakukan oleh DJI.

Dirilisnya Air 2S ini adalah penyegaran bagi produk-produk lama seperti Mavic yang banyak fiturnya sudah tidak bisa lagi dikatakan canggih sehingga perlu produk yang mumpuni dan dibekali dengan fitur-fitur terkini.

Air 2S adalah pilihan terbaik untuk Anda yang ingin merasakan fitur-fitur terbaru pada kamera drone. Namun bukan berarti kualitas Mavic 2 Pro lebih buruk dari drone seri terbaru ini.

Harga Drone DJI Mavic 2 Pro vs Air 2S

Dengan mengusung ukuran dan fitur yang berbeda, tentu saja harga drone DJI Mavic 2 Pro dan Air 2S berbeda pula. Mavic dijual mulai Rp 20 jutaan, sedangkan Air 2S dijual mulai Rp 16 jutaan.

Ketika Anda akan membeli sebuah drone, budget adalah hal yang sangat penting untuk diperhitungkan. Setelah melihat fitur yang ada, Anda tinggal sesuaikan saja mana drone yang terbaik dan sesuai dengan isi dompet masing-masing.

Dapatkan Drone Terbaik Hanya di DJI Indonesia

Produk original drone DJI bisa didapatkan di Doran Gadget sebagai distributor resmi DJI Indonesia. Pilih metode pembayaran secara tunai atau cicilan sesuai keinginan Anda. Dan jika Anda ingin tahu info terbaru seputar gadget dan promo produk, yuk gabung sekarang di channel Telegram Doran Gadget!