Chatbot AI Terbaik

Doran Gadget – Penggunaan AI semakin masif saat ini, terutama sejak kemunculan ChatGPT dan Gemini yang menunjang berbagai kebutuhan manusia. Selain dua chatbot tersebut, ternyata masih ada banyak chatbot lainnya yang bisa Anda gunakan tergantung kebutuhannya. Nah, berikut ini adalah deretan chatbot AI terbaik yang bisa Anda pilih. Simak selengkapnya!

Apa Itu Chatbot AI?

Chatbot AI adalah sistem otomatis yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk memfasilitasi komunikasi antara manusia dan mesin. Dengan memanfaatkan teknologi seperti pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran mesin, chatbot AI mampu meniru percakapan manusia dan menangani berbagai tugas mulai dari memberikan saran hukum, perencanaan keuangan, hingga desain situs web dan pembuatan konten.

Beberapa chatbot sederhana hanya menjawab pertanyaan dasar, sedangkan yang lebih canggih seperti ChatGPT dapat menangani tugas kompleks yang biasanya memakan waktu berjam-jam bagi manusia. Penggunaan chatbot AI telah meluas baik di lingkungan kerja maupun untuk kebutuhan pribadi. Chatbot ini didukung oleh model bahasa besar (LLM) seperti GPT-4 dari OpenAI dan Gemini dari Google, yang menggunakan algoritma pembelajaran mesin dan data dalam jumlah besar untuk memahami bahasa dan konteks percakapan.

Bagaimana Cara Kerja Chatbot AI?

Kemampuan chatbot AI sangat bervariasi, tergantung pada model bahasa yang digunakan, fungsionalitas yang telah ditentukan, dan akses ke sumber data seperti internet. Chatbot AI beroperasi pada model input-output. Ketika pengguna berinteraksi dengan chatbot, mereka memberikan perintah atau pertanyaan input. Sistem kemudian mengambil input ini dan memprosesnya menggunakan algoritma kecerdasan buatan.

Algoritme ini menganalisis konteks percakapan, mempertimbangkan kata, frasa, dan pola dalam input pengguna. Chatbot AI kemudian menghasilkan respons yang sesuai dan relevan menggunakan pemahamannya tentang konteks percakapan untuk memberikan jawaban kepada pengguna.

Baca juga: 10 Rekomendasi AI Pembuat Gambar Realistis

Rekomendasi Chatbot AI Terbaik

ChatGPT, chatbot AI yang populer di tahun 2023, kini memiliki jutaan pengguna. Namun, bermunculan berbagai chatbot AI lain dengan kelebihan tersendiri. Artikel ini membahas beberapa chatbot AI terbaik di tahun 2024, termasuk alternatif ChatGPT, chatbot yang bisa menjelajah web dan membuat konten, bahkan cara membuat chatbot Anda sendiri. Nah, berikut ini rekomendasi chatbot AI lainnya. 

1. ChatGPT

ChatGPT
sc: seo-suedwest.de

ChatGPT adalah chatbot AI yang paling banyak digunakan dan telah mendapatkan perhatian internasional untuk kemampuan pemrosesannya. Didukung oleh model bahasa besar GPT-4 dari OpenAI, ChatGPT dapat melakukan berbagai tugas seperti menulis konten, menjawab pertanyaan, dan bahkan coding.

OpenAI menawarkan dua model untuk platform ini: GPT-3.5 dan GPT-4. GPT-4o yang lebih baru, dilatih pada dataset yang sangat besar, meningkatkan fleksibilitas dan akurasi dalam merespons permintaan pengguna dan bisa digunakan dalam versi gratis. 

ChatGPT menawarkan versi gratis dengan batasan dan paket Plus dengan fitur lebih banyak, termasuk akses internet real-time dan kemampuan untuk membuat chatbot dan gambar khusus. Selain itu, fitur-fitur baru seperti integrasi DALL-E untuk pembuatan gambar dan kemampuan membuat chatbot kustom menjadikannya yang terbaik di pasaran tahun 2024.

2. Gemini 

sc: beebom

Google Bard, sekarang dikenal sebagai Gemini, adalah jawaban Google untuk ChatGPT.  Merupakan chatbot AI yang diluncurkan oleh Google pada Februari 2023 dan berganti nama pada Februari 2024. Chatbot ini unggul dalam meringkas teks dan brainstorming ide, menjadikannya alat yang hebat untuk penulis dan peneliti.

Berbeda dengan ChatGPT, Gemini dapat mengakses dan memproses informasi dari internet secara real-time, sehingga memungkinkan untuk memberikan jawaban yang lebih akurat dan terbaru. Gemini juga terintegrasi dengan mulus dengan produk Google lainnya seperti Gmail dan Docs, menjadikannya tambahan yang berharga bagi siapa saja yang sangat bergantung pada ekosistem Google.

Secara keseluruhan, Gemini adalah pesaing kuat di pasar chatbot AI. Ini menawarkan tingkatan gratis dan memiliki kemampuan yang mengesankan, terutama bagi mereka yang sudah menggunakan produk Google. Namun, penting untuk dicatat bahwa Gemini terkadang dapat menghasilkan informasi yang tidak akurat, dan saat ini tidak memiliki kemampuan untuk membuat chatbot khusus seperti ChatGPT.

Dengan akses ke informasi real-time dari web, Gemini lebih cocok untuk penelitian, belanja, dan perencanaan perjalanan dibandingkan ChatGPT. Selain itu, Gemini juga memungkinkan pengguna untuk mengekspor hasil percakapan ke Google Docs atau Gmail untuk kemudahan berbagi.

3. Grok

sc: zdnet

Grok adalah chatbot terbaru yang dikembangkan oleh xAI, perusahaan Elon Musk. Grok dirancang untuk menjadi lawan main obrolan yang menghibur dan informatif. Grok dapat mengakses informasi secara real-time dari jaringan X, platform media sosial milik Elon Musk. Memungkinkan pengguna untuk bertanya tentang tren, percakapan, atau bahkan sentimen pengguna. 

Kelebihan Grok dibanding chatbot lain adalah kemampuannya untuk menjawab pertanyaan dengan jujur dan lugas, serta selaras dengan gaya humor dalam novel fiksi ilmiah “The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy”. Namun, saat ini Grok hanya tersedia untuk pengguna X Premium+ berbayar.

4. Jasper

sc: demandsage

Jasper adalah alat bantu konten berbasis AI yang bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai jenis konten dengan cepat dan mudah. Jasper memiliki 50 template berbeda untuk jenis konten seperti postingan blog, skrip video YouTube, deskripsi produk, dan lainnya.

Jasper Chat, chatbot milik Jasper, dapat terhubung ke internet untuk membantu Anda melakukan cek fakta dengan lebih cepat. Jasper juga menawarkan add-on pembuatan gambar AI, sehingga Anda tidak perlu keluar platform untuk membuat gambar yang menarik untuk konten Anda.

Meskipun Jasper menawarkan berbagai kemudahan, Jasper mengharuskan penggunanya untuk berlangganan. Paket termurahnya yaitu paket Creator seharga $39 per bulan. Namun, biaya ini mungkin sepadan jika Anda membutuhkan asisten AI untuk menghasilkan konten secara rutin untuk bisnis Anda.

5. Writesonic

sc: writesonic

Chatsonic adalah fitur chatbot yang dimiliki oleh Writesonic. Chatsonic dapat membantu Anda dalam berbagai hal, seperti menulis konten, meningkatkan tata bahasa, dan menghasilkan konten secara massal. Chatsonic juga memiliki alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan SEO dan kinerja media sosial Anda karena memiliki perpustakaan prompt yang membantu dalam menghasilkan kata kunci SEO dan menyimpan prompt terbaik untuk digunakan kembali. 

Chatsonic dapat mengakses internet secara real-time sehingga dapat menjawab pertanyaan Anda dengan informasi terbaru. Chatsonic memiliki berbagai fitur menarik seperti voice-to-text, text-to-voice, dan image generation. Anda juga dapat mengatur kepribadian Chatsonic menjadi pelatih kebugaran, pelawak, atau filsuf. Chatsonic tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Baca juga: Mengenal Humane Ai Pin, Bisa Jadi Pengganti Smartphone? Ini Cara Kerjanya! 

6. ZenoChat

sc: TextCortex

ZenoChat adalah fitur chatbot yang dimiliki oleh TextCortex, sebuah aplikasi pembuatan konten. ZenoChat didukung oleh Sophos 2, model internal TextCortex, atau Anda dapat memilih OpenAI’s GPT-4. ZenoChat dapat menghasilkan konten yang baik dengan gaya yang ringkas dan lugas. Anda dapat mengatur kepribadian dasar ZenoChat, mengaktifkan atau menonaktifkan pencarian web, menambahkan basis pengetahuan ke dalamnya, atau mengatur ke bahasa lain

TextCortex menyediakan berbagai template prompt di marketplace-nya. Pengguna bisa memilih template yang sesuai dengan tugas yang diinginkan. Jika pengguna memberikan prompt yang terlalu singkat, ZenoChat memiliki fitur unik yang dapat memperluas prompt tersebut dengan lebih banyak detail, memastikan semua aspek tercakup untuk mendapatkan jawaban terbaik..

7. Perplexity

sc: datocms

Perplexity AI adalah platform AI yang terhubung dengan internet dan cocok untuk penelitian. Perplexity AI memiliki keunggulan dalam menyediakan prompt bawaan, mengutip sumber dengan baik, tampilan antarmuka yang bersih, serta fitur menarik seperti tab “Discover” dan alat Playground. Diluncurkan oleh startup AI yang masih muda, Perplexity menawarkan versi gratis serta opsi berbayar, Perplexity Pro, dengan harga $20 per bulan atau $200 per tahun.

Meskipun memiliki sedikit keterlambatan dalam memberikan jawaban, Perplexity AI menawarkan kelebihan dalam mencantumkan semua sumber yang digunakan, sehingga pengguna dapat menilai keakuratan informasi yang diberikan. Selain itu, Perplexity AI memiliki fitur “Discover” yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi berita dan topik yang sedang tren. Perplexity AI juga memiliki aplikasi untuk iOS dan Android.

8. Zapier 

sc: asana

Zapier menawarkan fitur Chatbots gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat chatbot AI sendiri menggunakan OpenAI GPT-3.5 atau GPT-4. Caranya mudah, Anda hanya perlu memberi nama chatbot, ucapan pembuka (opsional), dan instruksi. Instruksi ini berisi informasi mengenai siapa chatbot tersebut, apa yang diketahuinya, dan bagaimana ia harus menjawab pertanyaan.

Zapier menyediakan berbagai template chatbot yang sudah dibuat, seperti Business Coach, Explain, dan ZapChat. Anda juga dapat menyesuaikan tampilan dan pelatihan chatbot agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah selesai, Anda dapat membuat halaman arahan dan membagikan tautan unik chatbot tersebut kepada siapa saja .Setelah chatbot dibuat, pengguna dapat membuat halaman landing khusus dan memberikan URL unik yang dapat dibagikan kepada siapa pun. 

9. Pi

sc: Siteefy

Pi adalah chatbot AI yang berfokus pada percakapan sehari-hari. Pi bertujuan untuk menjadi teman bicara yang baik dan menawarkan dukungan emosional. Tidak seperti chatbot kebanyakan yang fokus menjawab pertanyaan, Pi lebih ingin ngobrol dan berdiskusi dengan Anda. . Tujuan utamanya adalah mendengarkan tanpa penilaian dan membantu pengguna merasa didengar dengan menawarkan sudut pandang dan dukungan emosional. 

Anda dapat mengobrol dengan Pi melalui website atau aplikasi chat seperti WhatsApp dan Facebook. Pi gratis untuk digunakan dan memiliki antarmuka yang menarik. Pi juga memiliki fitur “Discovery” yang berisi berbagai topik obrolan untuk memulai percakapan. Pi sangat cocok untuk Anda yang ingin bercerita atau sekedar membutuhkan tempat curhat.

10. Khanmigo

sc: khanacademy

Khan Academy dikenal dengan sumber belajar gratis berkualitas tinggi. Mereka sedang mengembangkan Khanmigo, tutor AI yang akan membantu Anda memahami topik rumit. Khanmigo tidak akan langsung memberikan jawaban, tetapi akan memberi Anda pertanyaan dan petunjuk untuk berpikir dan menjawab sendiri. Khanmigo akan menawarkan bimbingan satu-satu pada topik mulai dari sejarah hingga matematika, membantu Anda memahami inti dari masalah tersebut.

Khan Academy juga menawarkan kurikulum interaktif yang menarik dan menyenangkan untuk diikuti. Selama Anda melanjutkan kurikulum Khan Academy, Anda dapat meninjau topik-topik, melihat apa yang akan datang, dan mengikuti kuis interaktif untuk menjaga pengetahuan tetap segar. Interaktivitas ini memberikan pengalaman pembelajaran daring yang menyegarkan, membuat materi lebih mudah diakses dan menyenangkan untuk dipelajari.

Baca juga: Baru Rilis, Yuk Kenalan dengan Chat GPT-4o dan Fiturnya! 

Penutup

Itulah deretan rekomendasi chatbot AI yang wajib Anda ketahui. Di antara sekian banyak pilihan yang ada, mana pilihan favoritmu? Untuk penggunaan sehari-hari dan pekerjaan mudah, ChatGPT dan Gemini masih bisa jadi pilihan terbaik terutama untuk versi gratisnya lho. Anda hanya perlu belajar bagaimana cara memberikan prompt atau perintah yang baik.

Semoga membantu!

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>