Doran GadgetCara menghilangkan iklan di HP Oppo banyak dicari oleh para penggunanya. Hal ini karena iklan yang tiba-tiba muncul di ponsel terkadang membuat pengguna merasa terganggu. Terlebih lagi ketika mereka sedang melakukan aktivitas penting melalui ponsel tersebut.

Dengan memblokir iklan yang muncul dinilai dapat meningkatkan pengalaman dan penggunaan lebih baik. Apa saja cara yang bisa digunakan oleh pengguna HP Oppo untuk menghilangkan iklan ini? Simak ulasannya yang telah dirangkum tim Doran Gadget berikut sampai tuntas.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Oppo Lewat Aplikasi

Menggunakan aplikasi adalah cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang sangat mudah. Ada berbagai aplikasi yang dapat Anda download dan install di smartphone. Beberapa aplikasi yang cukup sering digunakan pengguna Android termasuk Oppo antara lain:

1. Gunakan UC Browser

sc: Tekno Esportsku

Pertama adalah menggunakan UC Browser, dimana aplikasi ini memiliki fitur untuk mencegah iklan muncul di ponsel. Untuk bisa menggunakannya, Anda dapat melakukan langkah yakni dengan mendownload di PlayStore. Setelah itu, masuk menu pengaturan dan pilih menu ‘Add Ons’ dan klik ‘AdBlock’. Setelah itu, aktifkan fitur tersebut agar bebas iklan selama seharian penuh.

Baca juga: 10+ Aplikasi Edit Video Populer di HP 2023

2. Hapus Lewat Aplikasi ADGuard

sc: AdGuard

Selanjutnya, Anda dapat memilih AdGuard yang juga banyak digunakan. Anda hanya perlu masuk di PlayStore. Di kolom pencarian, ketik AdGuard dan instal aplikasi tersebut. Walaupun ukurannya tidak begitu besar, namun pastikan kapasitas ruang di HP Oppo yang Anda gunakan memiliki ruangan yang cukup. Ini tentu akan membuat kinerja aplikasi ini semakin optimal. Selain itu, aplikasi akan memunculkan tab untuk web traffic dengan tampilan interface yang keren.

3. Menghilangkan Iklan Lewat AdAway

sc: Gizbot

Nomor tiga ada AdAway yang memblokir iklan dengan file host. Misalnya file teks dan melakukan pemetaan nama host ke IP Adress pengguna. Namun, aplikasi ini memerlukan root yang ada di partisi sistem. Jika tidak menggunakan rooting, Anda masih bisa menggunakannya. Hanya saja perlu memasang VPN terlebh dahulu untuk melakukan pemblokiran iklan.

Baca juga: Tak Hanya WhatsApp, Ini 10 Aplikasi Android Paling Berguna

4. AdBlock Browser

sc: Adlock Browser

AdBlock Browser bisa jadi alternatif keempat cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang bisa dipilih. Aplikasi ini sudah ada di PlayStore dan berbentuk ekstensi browser. Dengan begitu, akan membuat pengalaman lebih baik bagi para penggunanya. Selain itu, AdBlock Browser juga bisa digunakan di perangkat yang menggunakan rooting mapun tidak. Kerennya lagi, aplikasi ini dapat mengenali iklan yang sifatnya ‘baik’ dan tidak.

5. Cara Menghilangkan Iklan di HP Oppo – AdLock

sc: AdLock

Di nomor lima ada AdLock yang dapat digunakan dengan mudah saat diaktifkan. Tidak hanya menghilangkan iklan saja, aplikasi ini pun mampu mencegah kejahatan siber seperti phishing dan akses yang dinilai mencurigakan. Begitu juga dengan kemampuannya memproteksi HP dari bug maupun spyware. Pengguna pun bisa melakukan pembatasan akses internet terhadap aplikasi tertentu ketika layar smartphone menyala.

Baca juga: Ini Cara Mudah Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

6. Lewat Aplikasi AdClear

sc: Komputer Media

Keenam, Anda bisa mencoba aplikasi AdClear yang dikembangkan XDA Developer. Aplikasi ini bisa bekerja untuk perangkat non-root. Selain itu bisa menciptakan VPN dalam menyaring iklan, termasuk iklan yang sudah terenkripsi. AdClear akan bekerja optimal melalui paket data yang digunakan maupun terhubung dengan WiFi. Hal itu akan memblokir berbagai iklan yang masuk di berbagai jenis aplikasi.

7. Aplikasi Block This

sc: Block This

Block This merupakan aplikasi pemblokir iklan terbaik yang digunakan sampai kini. Rekomendasi aplikasi yang ketujuh ini memiliki keunggulan sepertu kemudahan dalam penggunaan. Kemudian, menggunakan metode ala VPN dan DNS blocking, hal itu karena fitur ini terdapat filter. Hal itu juga diklaim akan lebih menghemat baterai. Sebab, aktivitasnya dilakukan sebelum iklan muncul di HP pengguna.

Baca juga: 10 Aplikasi Penyimpan Foto di Android Agar Makin Aman

Cara Menghilangkan Iklan di HP Oppo Tanpa Aplikasi

Tak hanya menggunakan aplikasi saja, Anda pun masih bisa menggunakan cara menghilangkan iklan di HP Oppo dengan cara pabrikan. Langkah-langkahnya juga tidak begitu sulit dan bisa dilakukan dengan mudah. Melansir dari berbagai sumber, berikut di antaranya:

8. Setting di Google Chrome

Iklan yang muncul biasanya berasal dari browser seperti Google Chrome. Oleh karena itu, agar tidak muncul lagi Anda dapat melakukan setting di Google Crome ini dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka browser Google Chrome HP Oppo yang digunakan.
  • Lanjutkan dengan tap ikon titik tiga yang ada di kanan atas, lalu pilihlah menu ‘Setting’ atau ‘Setelan’.
  • Setelah itu, di menu tersebut Anda bisa menggesernya ke bawah lalu pilih ‘Setelan Situs’.
  • Jika sudah, maka klik ‘Pengalihan’ atau ‘PopUp dan geset toggle menjadi nonaktif.
  • Kembali lagi kem menu ‘Setelan Situs’ dan pilihlah ‘JavaScript’ dan geser toggle menjadi nonaktif juga.

Setelah selesai, Anda bisa cek iklan tidak muncul lagi di HP tersebut.

9. Personalisasikan Iklan di Google

sc: Telecom Talk

Cara lainnya yakni dengan melakukan personalisasi iklan di Google. Langkah-langkahnya juga tak jauh berbeda dengan setting di Google Chrome. Masuklah ke menu ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’ dan lanjutkan ke menu ‘Google’. Lanjutkan dengan mengklik ‘Iklan’ atau ‘Ads’. Pada menu tersebut, lanjutkan memilih opsi ‘Opt out of Ads Personalization’.

Baca juga: 5 Rekomendasi HP Oppo dengan Kamera Instagramable

10. Gunakan Fitur Play Protect

HP Oppo juga dilengkapi dengan fitur Play Protect untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya bebas iklan. Untuk mengaktifkan fitur ini juga cukup mudah. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Masuk ke PlayStore dan tap ikon profil Anda di kanan atas tampilan utama
  • Lanjutkan dengan memilih Play Protect dan klik ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’
  • Aktifkan Scan Apps menggunakan fitur Play Protect

Keunggulan fitur ini di antaranya adalah akan menghapus iklan yang muncul secara tiba-tiba dan itu cukup mengganggu.

11. Nonaktifkan Jaringan Internet

sc: The Guardian

Cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang sangat mudah adalah dengan menonkatifkan jaringan internet. Khususnya saat Anda tidak melakukan aktivitas dengan smartphone yang padat. Perlu diingat, iklan akan muncul ketika jaringan internet diaktifkan. Mematikan jaringan internet dan iklan tidak muncul akan membuat Anda lebih fokus saat pembuatan jadwal, mengetik, dan lainnya.

Baca juga: 4 Cara Cek Kesehatan Baterai HP OPPO dengan Mudah

12. Nonaktifkan Notifikasi Pemasang Iklan

Mungkin Anda pernah tidak sengaja mengizinkan website untuk mengirimkan iklan di smartphone Oppo yang digunakan. Namun, tak perlu khawatir, Anda masih bisa menonaktifkan notifikasi ini. Langkahnya bisa berbeda-beda untuk tiap browser. Atau bisa dengan cara clear browsing mapun clear cache di peramban yang digunakan. Dengan begitu, website akan bekerja dengan baik tanpa khawatir iklan muncul lagi.

13. Hapus Aplikasi Tertentu

sc: Morgan Stanley

Aplikasi terkadang membawa iklan masuk ke dalam smartphone Android. Memang, ada beberapa aplikasi bawaan pabrik yang penting. Namun, seiring meningkatnya penggunaan dan kebutuhan, Anda perlu download aplikasi lain. Agar tidak terlalu menumpuk iklan, ada baiknya untuk memilah dan memilih aplikasi mana saja yang dirasa sangat penting untuk mendukung penggunaan dan aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, iklan tidak akan terlalu menumpuk.

Baca juga: Ini Fitur Baru ColorOS 13 Oppo Serta Jadwal Update Lengkapnya!

14. Berlangganan Aplikasi Premium

Sering menggunakan aplikasi penting yang gratisan? Ini juga bisa jadi sumber munculnya iklan di HP Oppo Anda. Beberapa aplikasi unggulan seperti YouTube, Spotify, dan lainnya yang diunduh dan digunakan gratisan terkadang muncul iklan. Oleh karena itu, agar bebas iklan Anda dapat berlangganan ke Premium. Tak hanya bebas iklan saja, di sini ada berbagai fitur unggulan yang dapat dinikmati. Tentu, itu semua tidak bisa didapatkan di mode gratisan.

15. Reset ke Setelan Awal Pabrik

sc: Live Wire

Langkah terakhir yang bisa dilakukan oleh para pemilik HP Oppo adalah melakukan setelan awal pabrik. Namun, perlu diingat jika cara ini dapat menghapus semua file yang tersimpan di HP. Maka dari itu, sebelum melakukannya pastikan Anda menyimpannya terlebih dahulu.

Cara kembali ke pengaturan awal pabrik adalah dengan membuka menu ‘Setting/Pengaturan’. Lanjutkan dengan klik ‘Pengaturan Tambahan’ dan klik ‘Buat Cadangan Reset’. Masuklah ke opsi ‘Reset Data Pabrik’ dan ‘Pilih Semua Data’. Tunggu beberapa saat dan HP akan mati lalu hidup kembali seperti saat beli baru.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menghubungkan HP Oppo dengan Laptop!

Penutup

spesifikasi oppo a95 (5)
sc: Akurat

Bagaimana Sobat Doran, cukup mudah bukan cara menghilangkan iklan di HP Oppo ini? Kini, saatnya Anda untuk mencobanya sendiri di smartphone yang dimiliki. Lalu, Anda dapat merasakan bagaimana kenyamanan menggunakan smartphone dan aplikasi lainnya tanpa iklan yang mengganggu dan tiba-tiba muncul.

Jangan lupa, agar semkain nyaman gunakan pula berbagai aksesoris gadget dan smartphone terbaik yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget. Mulai dari powerbank, charger, kabel data, headset bluetooth, headset kabel, dan lain sebagainya.

Semua barang yang dijual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada banyak promo menarik yang bisa didapatkan di waktu tertentu. Agar tak ketinggalan informasi promo ini, Anda bisa follow Instagram Doran Gadget sekarang juga!

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

>