Doran Gadget – Di bulan Desember 2022 ini Oppo masih akan giat untuk meluncurkan versi beta hingga versi final dari antarmuka terbarunya yaitu ColorOS 13. Disebutkan akan mempertahankan banyak fitur yang menjadi ciri khas dari antarmuka sebelumnya, ColorOS 13 juga menghadirkan beberapa fitur terbaru untuk penggunaan yang lebih praktis, inovatif, dan mudah. 

Fitur Baru ColorOS 13 Oppo 

Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja fitur terbaru dari ColorOS 13 ini, maka simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Smart Always-On Display 

AOD (Always-On Display) ini dirancang untuk memprioritaskan penyajian informasi penting dan mengurangi informasi tidak penting. Dimana AOD hanya akan menampilkan informasi penting secara padat dan ringkas sehingga tidak perlu membuang waktu untuk membaca informasi yang tidak perlu. 

Fitur AOD dari ColorOS 13 ini memungkinkan Anda untuk melihat status pengiriman makanan tanpa harus membuka layar screen atau mengakses berbagai informasi dengan lebih nyaman, cepat, dan hemat daya.

Kemudian kecepatan refresh rate untuk AOD diturunkan menjadi hanya 1Hz demi menghemat konsumsi daya 30%. Fitur ini juga telah bekerjasama dengan Spotify untuk mengintegrasikan fungsi app Spotify dalam AOD seperti melihat dan mengontrol musik tanpa perlu membuka lockscreen. 

Baca juga: 5 Rekomendasi HP Oppo dengan Kamera Instagramable

2. Multi-Screen Connect 

ColorOS 13

Fitur ini memudahkan pengguna saat melakukan multitasking dimana pengguna dapat menghubungkan beberapa perangkat secara mudah dan praktis sehingga membuat pekerjaan lebih efisien. Bisa terhubung dengan tiga jendela dari ponsel di PC Windows termasuk dua aplikasi latar belakang dan satu mirroring langsung dari ponsel. 

Multi-screen connect ini juga memungkinkan pengguna untuk menerima pemberitahuan, transfer, edit file, salin, dan tempel teks antar perangkat Oppo dan Windows PC pengguna. Kemudian Adaptive Layoutsnya menampilkan tata letak yang sama dan konsisten dengan perangkat meskipun pada ukuran layar yang berbeda sehingga memudahkan pengguna. 

3. Meeting Assistant

Fitur satu ini diracang untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi viseo untuk konferensi seperti Google Meet, Zoom, hingga Microsoft Teams. Sehingga ponsel akan memprioritaskan koneksi internet pada aplikasi video conference tersebut dibandingkan apalikasi lainnya sehingga panggilan video menjadi lebih lancar. 

Fitur satu ini juga memungkinkan untuk membuat jendela notifikasi pop-up agar menjadi lebih minimalis sehingga tidak akan menggangu pengguna saat meeting sedang berlangsung. 

4. Two-Finger Split Screen 

ColorOS 13

Antarmuka versi terbaru ini juga memiliki fitur two finger split screen yang sudah ada dipendahulunya dan pernah mendapatkan Red Dot Award, dimana fitur satu ini memudahkan pengguna dalam melakukan multitasking secara lebih fleksibel dan efisien. 

5. Auto Pixelate 

ColorOS 13

Auto Pixelate adalah fitur yang memungkinkan ponsel untuk mengenali dan secara otomatis mengaburkan foto profil dan nama saat melakukan screenshot pada aplikasi messanger seperti WhatsApp atau Facebook Messanger. Fitur ini mampu menghemat waktu saat pengguna ingin membagikan percakapan di ruang publik tanpa menyertakan informasi profil yang ada dalam hasil screenshot. 

6. Dynamic Computing Engine 

Teknologi saat ini diklaim mampu menjadwalkan sumber daya antara CPU, RAM, GPU, dan DDR dengan akurasi yang tinggi untuk penggnaan yang efisien, konsumsi daya yang cepat dan aplikasi tidak mudah mengalami force close sehingga multitasking akan lebih aman, mudah, dan akurat. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menghubungkan HP Oppo dengan Laptop!

Jadwal Update ColorOS 13

Berikut ini adalah jadwal update dan daftar HP  HP Oppo yang mendapatkan Update ColorOS 13: 

1. Jadwal update versi final

  • Sedang Berlangsung

Oppo Find X5 Pro, Oppo Find X5, Oppo Find X3 Pro, Oppo Reno8 Pro, Oppo Reno7, Oppo Reno7 Z 5G, Oppo F21 Pro 5G, Oppo F21 Pro, Oppo K10 5G, Oppo K10, Oppo A96, Oppo A77, Oppo A76.

  • Dari December 15

Oppo Find X3 Lite (Prancis), Oppo Reno7 5G (India), Oppo Reno6 Pro 5G (Indonesia, Arab Saudi ),Oppo Reno6 5G (India),Oppo Reno5 Pro 5G (Arab Saudi ),Oppo Reno5 5G (Indonesia).

  • Dari December 21

Oppo Find X3 Neo (Prancis)

  • Dari December 28

Oppo Reno6 Z (Thailand), Oppo Reno5 Pro 5G (India, Pakistan), Oppo Reno5 Z (UAE), Oppo F19 Pro+ 5G (India).

  • Dari December 29

Oppo Find X5 Lite (France), Oppo A74 5G (India, Indonesia).

Baca juga: 4 Cara Cek Kesehatan Baterai HP OPPO dengan Mudah

2. Versi Beta

  • Sedang berlangsung

Oppo Find X2 Pro, Oppo Find X2, Oppo Reno8, Oppo Reno7 Pro 5G, Oppo Reno7 5G, Oppo Reno6 Pro 5G, Oppo Reno6 5G, Oppo Reno6 Z, Oppo Reno5 Pro 5G, Oppo F21s Pro, Oppo F19 Pro+ 5G, Oppo A74.

  • Dari 9 Desember

Oppo Reno8 Z (Thailand), Oppo F21s Pro 5G (India).

  • Dari 23 Desember

Oppo F19s (India), Oppo F19 (India), Oppo A95 (Indonesia), Oppo A77s (India, Indonesia), Oppo A74 (Indonesia).

Baca juga: Daftar Harga HP Oppo September 2022

Penutup 

Itulah seputar fitur terbaru dari antarmuka Oppo ColorOS 13 dan jadwal updatenya. Jangan lupa untuk melakukan update pada jadwal yang terlah disiapkan. Bagi Anda yang ingin membeli berbagai aksesoris tambahan seperti smarwtach, speaker, headset, TWS, hingga powerbank untuk melengkapi smartphone Oppo Anda, maka kini Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp