Cara Mengatasi Smartphone Terkena Air

Penggunaan smartphone sehari-hari tentu tidak luput dari kecerobohan para pengguna. Smartphone bisa saja terkena air. Hal itu tentu dapat menyebabkan kerusakan pada komponennya.

Lantas, apa yang bisa dilakukan dalam mengatasi smartphone yang terkena air? Namun, sebelumnya inilah hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika smartphone baru saja terkena air.

1. Jangan menyalakannya!

2. Jangan mencoba isi dayanya!

3. Jangan menekan tombol apapun!

4. Jangan mengguncang atau mengetuk smartphone!

5. Jangan meniupnya! Ini dapat membuat air masuk ke bagian internal lain dari yang belum terjangkau. Alhasil, bisa saja terjadi kerusakan pada smartphone.

6. Jangan gunakan hair dryer! Hal itu dapat memiliki efek yang sama seperti yang dijelaskan di atas. Panas juga dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.


Langkah mengatasi smartphone yang terkena air:

1. Matikan smartphone;

2. Lepaskan kartu SIM dan microSD dari slotnya;

3. Jika baterai smartphonemu adalah lepasan (removable), maka keluarkan dari tempatnya. Sayangnya, sebagian besar smartphone saat ini memiliki baterai tanam (non-removable). Solusinya adalah membawa ke tempat servis untuk mengeceknya daripada mencoba membuka sendiri;

4. Gunakan kain atau tisu untuk mengeringkan smartphone. Tujuannya untuk menyerap air agar tidak membuatnya semakin menyebar;

5. Terdapat cara lain yang bisa diterapkan, yakni mengubur smartphone dalam kantong berisi beras. Tunggu hingga satu atau dua hari hingga benar-benar kering. Setelah kering, masukkan kembali baterai dan coba nyalakan;

6. Jika smartphone tidak menyala, cobalah mengisi dayanya. Apabila tetap mati, maka bisa jadi komponen yang rusak hanya baterai. Namun, kamu bisa memakai baterai pengganti. Sayangnya, jika tidak membuahkan hasil, satu-satunya solusi adalah membawa smartphone ke pusat servis.

 
 
 

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp