Doran GadgetSalah satu masalah drone yang perlu dihindari adalah kondisi baterai yang menggelembung atau kembung. Penyebabnya bisa beragam, misalnya adalah suhu baterai yang terlalu tinggi. Sebenarnya, baterai kembung dapat digunakan, namun tak direkomendasikan untuk menerbangkan drone. Melihat kondisi seperti inilah, cara mencegah baterai drone kembung banyak dicari oleh para pengguna drone.

Mencegah Baterai Drone Kembung

Untuk mencegah baterai drone agar tidak menggelembung, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan. Berikut di antaranya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget.

1. Perhatikan Isi Daya Baterai Drone

Mencegah baterai drone kembung

Sebagai langkah awal untuk mencegah baterai drone kembung yakni dengan memperhatikan isi daya baterai drone. Termasuk, baterai drone yang jarang digunakan pun bisa menggelembung. Ada baiknya Anda jangan mengisi baterai drone dengan kondisi daya yang penuh.

Begitu pula dengan dengan kondisi nihil daya sama sekali ketika tak digunakan dalam waktu cukup lama.Agar lebih nyaman, sebaiknya kondisi baterai pada saat tersebut dalam posisi aman. Idealnya misal pada kondisi daya terisi sekitar 40%.

Baca juga: Baterai Drone DJI: Spesifikasi, Fitur, dan Harganya

2. Hindari Mengisi Baterai Setelah Digunakan Langsung

drone dji, cara klaim drone DJI

Berikutnya, hindarilah mengisi ulang baterai kembali secara langsung setelah Anda mengoperasikan drone. Biasanya, sebagian pengguna langsung mengisi ulang daya baterai drone ini setelah digunakan, namun cara seperti ini sangat tidak dianjurkan apapun kondisinya.

Hal itu karena, suhu dan kondisi baterai masih tinggin dan panas. Jika Anda memaksakan untuk mengisi daya pada saat seperti ini, dikhawatirkan suhu baterai akan semakin meningkat dan panas. Bahayanya lagi, baterai berpotensi dapat meledak dan tak bisa digunakan kembali.

3. Mencegah Baterai Drone Kembung – Perhatikan Penyimpanan

baterai drone DJI

Cara mencegah baterai drone kembung yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanannya. Memang, tak ada perlakuan khusus dalam merawat drone, hanya saja Anda harus rajin membersihkan drone dari kotoran dan debu.

Kemudian, hindari menyimpan drone di tempat yang cukup lembap. Hal itu akan membuat beberapa bagian drone terdapat jamur. Termasuk di baterai drone ketika dilepas dari perangkat pesawat drone. Potensi-potensi seperti inilah yang wajib dihindari, sebab jika kotoran menempel pada bagian penting baterai akan mengganggu kinerjanya. Begitu pula dengan menyimpan baterai pada tempat dengan suhu cukup panas, ini akan berpotensi membuat baterai kembung pula.

Baca juga: 5 Masalah Drone yang Sering Terjadi dan Solusinya

4. Cek Secara Berkala

Mencegah baterai drone kembung (3)

Setelah menempatkan dan menyimpan baterai drone di tempat yang nyaman, pastikan Anda mengecek kondisi baterai ini secara berkala. Pengecekan ini dapat dilakukan dengan melihat pada kondisi fisik baterai drone tersebut. Misalnya, apakah permukaan baterai rata atau tidak.

Jika tidak, bisa jadi kondisi baterai ini menggelembung walaupun hanya sedikit. Bila mengalami kondisi seperti itu, segera lakukan pengecekan ulang dan jangan gunakan untuk sementara waktu. Terlebih mengisi ulang baterai pada saat suhunya masih tinggi.

5.Mencegah Baterai Drone Kembung – Gunakan Baterai Drone yang Asli

Mencegah baterai drone kembung (1)

Tips yang terakhir adalah selalu gunakan baterai drone yang asli dari pabrikan drone tersebut. Memang, saat ini banyak dijual baterai drone KW dan sulit untuk dibedakan dengan aslinya. Maka dari itu Anda harus jeli membedakan keduanya. Tujuannya adalah agar perangkat drone tetap awet dan tidak mengalami kerusakan lainnya.

Tak hanya itu saja, baterai drone KW biasanya memiliki daya tahan dan daya pakai yang lebih rendah. Lalu, Anda pun tak akan mendapatkan garansi jika membeli baterai drone palsu ini. Apalagi jika kerusakan sudah menjalar ke perangkat drone lainnya, maka garansi pun akan sulit diklaim karena termasuk kategori kelalaian pengguna.

Baca juga: 5 Cara Membedakan Baterai Drone DJI Asli dan Palsu

Penutup

05. DJI Mini SE, drone DJI

Baterai drone kembung memang bisa membuat performa drone menurun, bahkan bisa membuat kerusakan lebih parah jika dibiarkan begitu saja. Semoga tips di atas dapat memberikan gambaran bagi Anda bagaimana merawat dan menjaga baterai drone agar tetap awet.

Untuk berbagai produk drone  dan aksesorisnya dari DJI, Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget selaku authorized dealer DJI Surabaya, DJI Semarang, DJI Jakarta, dan DJI Bali. Semua produk yang dijual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lanjut mengenai pemesanan maupun produk, hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Tags:

Artikel terkait: