Doran Gadget – Saat membeli smartphone, selain melihat spesifikasi performa dan kamera, salah satu yang paling sering diperhatikan adalah kapasitas baterai. Berapa kapasitasnya, sudah menggunakan fast charging atau belum juga menjadi salah satu pertimbangan saat membeli ponsel. Terlebih lagi jika membeli ponsel bekas khususnya iPhone. Pasti rata-rata melihat sisa battery healthnya. Namun ada hal lain yang harus diperhatikan yaitu masalah cycle count baterai. Apakah itu dan bagaimana cara mengetahuinya? Mari simak cara cek berapa kali HP iPhone dicharger berikut ini! 

Apa Itu Cycle Count 

Cycle Count adalah istilah yang digunakan untuk menghitung siklus pengisian baterai. Dimana penghitungan dimulai dari kondisi baterai kosong (0%) dan diisi daya hingga penuh (100%). Jadi dengan mengetahui cycle count suatu iPhone atau MacBook, Anda bisa mengetahui sudah berapa kali Hp iPhone dicharger

Seperti yang diketahui, Apple menjelaskan rata-rata performa baterai iPhone akan menurun apabila sudah dicharge sebanyak 500 kali. Karena itulah, selain cek battery health saat membeli iPhone bekas, hal yang wajib di cek juga adalah cycle count pada ponsel tersebut.

Baca juga: Dijual di Indonesia, Ini Harga HP Baterai Besar 21.000 mAh

Cara Cek Berapa Kali HP iPhone Dicharger Tanpa Aplikasi

Nah untuk cara cek beberapa kali HP iPhone dicharger bisa dilakukan langsung melalui perangkat iPhone tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Caranya mudah, pergi ke menu setting > privacy > analytics & improvement > pastikan iPhone & watch analytic mode ON > masuk ke analytic data. Setelah itu cari list dengan nama “log-aggregated-….” pilih yang paling baru dan buka. 

Kemudian Anda bisa menyalin semua teks yang ada di halaman tersebut dengan cara klik lalu geser titik seleksi kanan ke bawah hingga semua teks terpilih dan klik copy. Selanjutnya buka aplikasi Notes dan paste semua teks tersebut dan simpan. Setelah itu gunakan fitur pencarian Notes dengan kata kunci BatteryCycleCount, angka yang tertera di bawah tulisan tersebut adalah jumlah Cycle Count atau berapa kali HP iPhone Anda dicharge selama ini. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Cek Baterai Health Xiaomi!

Kegunaan Mengetahui Cycle Count Baterai iPhone

Mengapa kita harus mengetahui berapa kali baterai iPhone telah diisi ulang? Hal ini dikarenakan dengan mengetahui hal tersebut bisa menghindarkan Anda dari pembelian iPhone atau MacBook bekas yang memiliki kualitas baterai yang jelak dan menurun. Karena untuk membeli baterai baru iPhone dan MacBook harganya cukup mahal. 

Selain itu, dengan mengetahui hal tersebut Anda bisa merencanakan pemakaian baterai dengan lebih baik. Idealnya baterai iPhone yang normal akan memiliki kesehatan baterai di atas 80% dalam setahun dan sudah dicharge kurang dari 500 kali. Jika sudah mendekati 500 kali maka Anda harus memperlakukan baterai iPhone dengan cara yang berbeda agar baterai lebih awet dan tahan lama. 

Baca juga: Cara Cek Baterai Health Samsung, Ini Langkah yang Perlu Diperhatikan!

Upgrade iPhone ke Versi Terbaru di Doran Gadget 

Itulah tips yang harus Anda lakukan jika ingin membeli baterai baru atau mengetahui cara cek berapa kali HP iPhone dicherger. Jika baterai iPhone Anda sudah mengalami penurunan, segera upgrade iPhone Anda ke versi terbaru. Anda bisa mendapatkan iPhone original dengan garansi resmi iPhone iBox di Doran Gadget. Anda bisa membelinya melalui official store Doran Gadget atau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhatsApp di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp