Doran Gadget – Mendengar baterai health pasti identik dengan iPhone, namun sebenarnya baterai health ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik smartphone. Karena jika peforma baterai menurun, maka daya akan mudah habis dan daya maksimal tidak seperti saat baru dibeli. Ternyata khusus pengguna Xiaomi, mereka juga bisa mengetahui baterai health mereka lho. Berikut ini cara cek baterai health Xiaomi yang bisa Anda coba! 

Cara Cek Baterai Health Xiaomi 

Dilansir dari Kompas.com, berikut ini cara cek baterai health di HP Xiaomi: 

  • Pergi ke Setting > About Phone > All Specs
  • Tekan teks CPU sebanyak lima kali
  • Kemudian klik tombol Agree pada jendela notifikasi yang muncul 
  • Kemudian sistem MUI akan membuat laporan bug secara otomatis. Silahkan ditunggu karena proses ini membutuhkan waktu beberapa menit. 
  • Setelah proses tersebut selesai, bukalah laporan bug yang telah dibuat

Baca juga: Dijual di Indonesia, Ini Harga HP Baterai Besar 21.000 mAh

  • Cari laporan bug dengan nama ‘bugreport-(tanggal kapan bug dibuat)
  • Buka file tersebut dan tekan file dnegan format zip lainnya dengan nama ‘bugreport-umi_id’. Contohnya: ‘bugreport-umi_id-RKQ1.200826.002-2022-06-16-11-57-30.zip.
  • Setelah itu extract file dan cari kata kunci ‘healthd’ di kolom pencarian
  • Kemudian cari teks ‘fc’ yang merupakan indikator tentang berapa kapasitas baterai health Xiaomi saat ini. 

Baca juga: 3 Cara Mengatasi HP Bootloop Xiaomi dengan Mudah

Cara Menentukan Baterai Health Xiaomi 

Dilihat dari hasil yang diberikan oleh Kompas Tekno bahwa kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 yang digunakan adalah 3384000, dimana artinya kapasitas baterai tersebut berada di 3.384mAh. Untuk bisa mengetahui kondisi baterai, Anda bisa menggunakan rumus di bawah ini. 

 >> Kapasitas baterai saat ini dibagi kapasitas baterai keseluruhan kemudian dikali 100 <<

Contoh: 

Kapasitas baterai Xiaomi Mi 10 awal pembelian adalah 4.780mAh, sedangkan kapasitas baterai itu sat ini hanya 3.384mAh. Maka dari itu cara menghitungnya adalah: 

= (3.384mAh : 4.780mAh) x 100 

= 0,7 x 100

= 70

Jadi kondisi baterai Xiaomi Mi 10 milik KompasTekno saat ini adalah 70%. Kondisi ini cukup rendah mengingat kapasitas baterai sudah berada di bawah 80%. 

Baca juga: 10+ Rekomendasi HP Xiaomi Terbaru 2022, Mulai 1 Jutaan!

Dapatkan Smartphone Xiaomi Andalan di Doran Gadget

Xiaomi Mi 11T

Itulah cara menghitung baterai health Xiaomi yang bisa Anda coba. Jika baterai health Anda sudah berada di bawah 80% bahkan di bawah 50%, maka tidak ada salahnya untuk segera upgrade smartphone Anda ke Xiaomi versi terbaru yang bisa dibeli di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual dijamin original dengan garansi pabrikan. Lakukan pembelian melalui official store, website, maupun aplikasi yang bisa diunduh di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp