Doran GadgetSejak diluncurkan beberapa waktu lalu, DJI Avata menarik perhatian para pecinta dan pehobi drone. Hal ini karena desainnya yang menggunakan tipe cinewhoop dan memiliki pelindung di bagian tiap baling-balingnya. Namun, pertanyaan yang kerap muncul lainnya adalah apakah DJI Avata memiliki sensor tabrak drone? Berikut ulasannya yang telah dihimpun tim Doran Gadget dari berbagai sumber.

Pentingnya Sensor Tabrak Drone dan Tipenya

Sensor tabrak drone memiliki peranan penting bagi drone, terutama ketika diterbangkan di udara. Pada umumnya, sensor drone yang lengkap biasanya terdiri dari sensor rintangan di bagian depan, belakang, atas, bawah, dan dua sisi sampingnya.

Fungsi utamanya adalah untuk melindungi drone terjatuh atau menabrak objek tertentu saat berada di udara. Di samping itu, fungsi lainnya adalah memberikan kenyamanan bagi para pilot drone saat melakukan manuver. Khususnya untuk aktivitas indoor seperti menggunakan DJI Avata.

Kemudian, adanya sensor tabrak drone membuat Anda lebih terjamin dan meminimalisir biaya maintenance. Ingat, biaya untuk perawatan dan perbaikan drone ketika jatuh dan rusak memang tidak murah. Setidaknya, jika sensor tabrak dan rintangan ini bekerja dengan baik maka satu langkah penting bagi And lebih aman saat menerbangkan drone.

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur DJI Avata

Cara Kerja dan Tipe Sensor Tabrak Drone

Cara kerja dari sensor tabrak dan rintangan ini dibedakan menjadi beberapa tipe. Hal itu tergantung pada teknologi yang digunakan dalam mendeteksi jenis rintangan. Untuk drone DJI menggunakan beberapa mode yakni:

  • Ultrasonic Sensor: sensor ini menggunakan deteksi objek dengan frekuensi suara. Kemudian, sensor akan memantau selama beberapa saat untuk mentransmisikan suara yang ada.
  • Stereo Vision: sensor jenis ini cukup banyak digunakan pada drone dan memiliki fungsi sensor 3D layaknya penglihatan manusia. Stereo Vision tergantung pada berapa banyak pixel yang diidentifikasi.
  • Time Flight Sensor: jenis sensor ini mampu menangkap informasi dengan intensif seperti gambar pada waktu yang sama. Hal itu akan membuat proses sensor berjalan lebih cepat dan menampilkan frame rate yang tinggi.
  • Infrared Obstacle Detection Sensor: dari beberapa jenis sensor, bisa dibilang sensor ini terkadang dinilai kurang. Terlebih lagi jika bekerja dalam kondisi lingkungan yang penuh cahaya. Tentu ini akan membingungkan sensor. Namun, dapat bekerja dengan baik pada kondisi minim cahaya dan sedikit rintangan.
  • LIDAR: sensor ini bekerja dengan mendeteksi objek dan menghitung jarak. Dengan begitu, pengukuran waktu diperlukan untuk seberapa dekat jarak dengan waktu tabrakan. Hal ini bisa membantu pilot drone untuk mengambil tindakan.

Baca juga: Berapa Lama Terbang Drone DJI Avata?

Sensor Tabrak Drone DJI Avata

Kembali lagi ke pertanyaan awal, apakah sensor tabrak drone DJI Avata sudah tersedia? Berbeda dengan drone first person sebelumnya, seperti DJI FPV yang memiliki empat buah sensor stereoskopik, untuk DJI Avata memang terbatas. Yakni pada bagian bawah drone atau yang lebih dikenal dengan Downward Obstacle Sensor.

Sebenarnya, hal itu cukup untuk penerbangan drone dalam ruangan dan kondisi lingkungan yang terlalu sempit sekalipun. Apalagi DJI Avata sudah dibekali dengan fitur Return to Home (RTH) yang memberikan peringatan kembali ke tempat semula ketika baterai drone memiliki daya rendah.

Baca juga: Apakah DJI Avata Memiliki Fitur RTH? Ini Ulasannya!

Penutup

Kini, Anda sudah tahu Sobat Doran kalau sensor tabrak drone DJI Avata memang dilengkapi pada drone ini. Hanya saja dengan penggunaan terbatas. Meski begitu, hal itu sebenarnya cukup membantu khususnya saat drone diterbangkan di tempat yang sempit atau outdoor maupun dalam kondisi yang terbatas. Termasuk bagi para pemula.

Anda bisa mendapatkan drone DJI Avata hanya di Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali. Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, juga ada program dan promo menarik yang bisa didapatkan di waktu tertentu. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini dan follow Instagram Doran Gadget.

Artikel terkait:

× WhatsApp