Doran Gadget – Menonton bola memang rasanya tidak lengkap bila tanpa tambahan suara komentator. Ada berbagai macam tipe komentator bola, mulai dari yang heboh hingga hiperbola, ada juga yang mengomentari dengan tenang dan santai. Apapun itu, kehadiran komentator bola memang tidak bisa dipisahkan dari pertandingan bola itu sendiri. Nah bagi Anda yang penasaran, berikut ini adalah peralatan konten komentator bola yang harus Anda ketahui. 

Peralatan Konten Komentator Bola

Perlengkapan yang disebutkan di bawah ini sebenarnya bisa Anda gunakan juga untuk membuat podcast. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menjadi seorang komentator bola. Karena itulah, mari simak deretan peralatan konten komentator bola untuk podcast yang bisa Anda coba. 

1. Mikrofon 

Menjadi salah satu yang utama dan vital, karena mikrofon digunakan untuk merekam suara Anda. Semakin mahal mikrofon, maka akan semakin jelas dan jernih suara yang dihasilkan. Sehingga ucapan yang dilontarkan oleh komentator bisa terdengar dengan jelas. Pilihlah mikrofon dengan kualitas suara yang baik. 

Anda bisa menggunakan mikrofon independen untuk merekam audio dengan tambahan boom atau penyangga mikrofon saat menggunakannya. Namun jika tidak ingin ribet, Anda bisa menggunakan lavelier atau clip on sebagai pengganti mikrofon independen. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Clip On Wireless Saramonic untuk HP

2. XLR Portable

Kemudian anda bisa menggunakan XLR Portable jika Anda menggunakan mikrofon atau rekaman analog. Karena dengan menggunakan XLR Portable maka Anda bisa mengubah hasil rekaman suara dari analog dan menjadi digital. Tidak hanya itu, peralatan satu ini juga mampu merekam suara dari berbagai macam saluran mikrofon. Kemudian juga bisa digunakan dalam menyesuaikan volume secara cepat dan mudah. 

3. Pop Filter 

Selain mikrofon, Anda juga butuh pop filter untuk membuat suara yang lebih jernih dan jelas. Biasa alat ini dipasang di bagian depan mikrofon untuk menghalangi suara angin dan noise yang masuk ke mikrofon. Kemudian pop filter juga bisa digunakan untuk menyelaraskan intonasi dan membuat tekanan suara yang lebih kuat sehingga dengan mudah pendengar bisa membedakan hurup B dan P.

Baca juga: 10 Gadget untuk Content Creator yang Wajib Dimiliki

4. Headphone 

Menjadi salah satu peralatan konten komentator bola yang tidak boleh dilewatkan. Headphone ini bisa digunakan untuk mendengarkan hasil rekaman, terlebih lagi saat komentator melakukan wawancara dengan orang lain secara online. Pastikan untuk memilih headphone dengan kualitas premium sehingga memiliki suara yang full bass dan fitur noise cancelling untuk meredam suara bising dari luar. 

5. Laptop atau Komputer 

Anda juga membutuhkan laptop atau komputer untuk membuat podcast ala komentator bola. Karena hasil rekaman akan disimpan di laptop atau komputer sebelum Anda bisa mengeditnya agar terdengar lebih rapi. 

Baca juga: 5 Ide Video Konten Sepakbola Piala Dunia 2022

6. Kamera atau Webcam 

Untuk merekam komentator tentunya membutuhkan kamera yang mumpuni. Anda bisa menempatkan beberapa kamera hingga webcam dari berbagai angle untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pastikan untuk memiliki kamera dengan kualitas terbaik dan webcam yang memiliki fitur HD agar gambar dan video yang ditangkap semakin jernih. 

7. Tools lainnya 

Terakhir, selain peralatan komentator bola yang sudah disebutkan di atas, Anda juga memerlukan beberapa perlengkapan lain. Seperti software dengan tools yang berfungsi untuk mengedit konten podcast yang dibuat sebelum dipublikasikan. Ada banyak pilihan tools pendukung yang bisa dipilih. Mulai dari DAW (Digital Audio Workstation) dari Adobe Audition, Audacity, mupun tools gratisan lainnya agar lebih murah bagi pemula.

Baca juga: Alat dan Biaya Membuat Studio Podcast untuk Disewakan

Penutup

Itulah deretan peralatan konten komentator bola yang bisa Anda pakai untuk membuat video hingga podcast. Jangan lupa untuk selalu gunakan peralatan dengan kualitas pemium. Anda bisa mendapatkan berbagai macam lavelier, webcam, hingga smartphone dengan kamera terbaik di Doran Gadget. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini

Artikel terkait:

×