Doran GadgetJasa penyewaan studio podcast sejak beberapa waktu belakangan banyak bermunculan di berbagai kota di Indonesia. Ini karena tingginya minat masyarakat dengan konten segar dan para kreator yang ingin membuat channel podcast sendiri.

Selain lebih murah, menyewa studio juga tidak perlu ribet dengan peralatannya. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan usaha tersebut, ada baiknya simak terlebih dahulu alat dan biaya membuat studio podcast yang sudah dirangkum oleh tim Doran Gadget dalam artikel kali ini.

Siapkan Dahulu Ruangannya

Sebagai langkah awal, persiapkan terlebih dahulu ruangannya. Kriteria wajib untuk ruangan ini adalah bersih, nyaman, dan cukup luas paling tidak 3×3 meter. Agar tak pengap dan gelap, usahakan sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan. Termasuk juga ventilasi yang cukup.

Pastikan juga ruangan ini kedap udara, ya Sobat Doran. Tujuannya, agar output suara di podcast lebih jelas dan tidak ada suara dari luar yang masuk. Kemudian, latar belakang atau background juga dapat Anda sesuaikan. Jika menyewa tempat, untuk disewakan kembali, maka pertimbangkan pula berapa biaya persewaannya nanti.

Baca juga: 10 Gadget untuk Content Creator yang Wajib Dimiliki

Alat dan Biaya Membuat Studio Podcast

Setelah menyiapkan ruangan dengan kriteria tertentu, saatnya memilih dan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan nantinya. Apa sajakah? Berikut di antaranya:

1. Kamera dengan Kualitas Bagus

Alat pertama adalah kamera dengan kualitas bagus. Ini penting agar video yang dihasilkan optimal. Paling tidak resolusi kamera untuk vlog memiliki resolusi 4K. Misalnya kamera DSLR Canon, Nikon atau kamera digital mirrorless dari Xiaomi. Adapun harganya adalah:

  • Canon G7 Mark III: Rp8 jutaan
  • Nikon 1 J5 Kit 10-30mm 20MP Mirrorless Kamera Vlog: Rp3 jutaan
  • Xiaomi Yi M1 Kamera Mirrorless Digital: Rp4 jutaan

Selain menggunakan kamera tersebut, Anda bisa pula menggunakan HP dengan standar kamera tinggi. Misalnya saja kamera dari iPhone 12 maupun iPhone 13 atau kamera HP Samsung Galaxy S21.

Baca juga:7 Rekomendasi HP Kamera Terbaik dengan Kualitas Premium

2. Tripod yang Kokoh

Kedua, pastikan tripod untuk menyangga kamera kuat dan kokoh. Kriterianya adalah lebih berat dari kamera, dudukan yang mudah dipasang, dan bubble level akurat. Rekomendasi tripod dan biaya membuat studio podcast di antaranya adalah:

  • Somita ST-3520 Black: Rp170 ribuan
  • VIPOD 200 Tripod: Rp399 ribuan
  • L-3120 Black Edition: Rp150 ribuan

Atau jika Anda menggunakan HP untuk kameranya, bisa menggunakan tripod JETE H7 Series yang dijual di kisaran harga Rp350 ribuan. Dimana tripod ini memiliki berbagai keunggulan. Salah satunya adalah Head Ball Adjustable 360 yang membuatnya lebih stabil.

3. Alat Biaya Membuat Studio Podcast –Mikrofon

Ketiga, sektor audio pun tak kalah penting dalam bikin studio podcast untuk disewakan. Maka, pilihlah mikrofon dengan kualitas suara yang bagus, termasuk XLR Portablenya. Baik itu mikrofon analog maupun mikrofon wireless atau clip-on mic.  Rekomendasinya antara lain:

  • Audio-Technica AT2035: Rp2,5 jutaan
  • Shure SM7B: Rp5,7 jutaan
  • Rode Procaster: Rp3,2 jutaan

Apabila Anda ingin menggunakan mikrofon wireless atau clip-on dengan kualitas terbaik, bisa memilih mikrofon dari Saramonic. Harganya mulai dari Rp300 ribuan sampai dengan Rp2 jutaan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Microphone Wireless yang Bagus Tahun 2022

4. Pop Filter

Keempat, jangan lupa pop filter Sobat Doran. Alat ini akan membuat audio jadi lebih baik seperti menyelaraskan intonasi, mengurangi kebisingan, dan suara semakin jelas. Rekomendasi pop filter dengan harga terjangkau untuk Anda pilih adalah:

  • Microphone Pop Filter Professional Metal Microphone Pop: Rp120 ribuan
  • Alctron Pf06 Microphone Pop-Filter: Rp300 ribuan

5. Pilih Headphone Terbaik

headset gaming terbaik jetex p1 pro series

Kelima, untuk bisa mendengarkan output suara dalam podcast adalah menggunakan headphone. Biasanya, headphone terhubung dengan mixer. Harganya pun beragam dan mulai dari ratusan ribu. Berikut rekomendasinya:

  • Audio Technica Ath-Avc200 Sonicpro: Rp300 ribuan
  • Behringer Hpm1000: Rp200 ribuan
  • Headphone With Microphone & Bluetooth Behringer Bb560m: Rp800 ribuan
  • Headphone Bluetooth JETE-06 Extreme: Rp499 ribuan

Baca juga: Lebih Bagus Headset Kabel atau Bluetooth, Ini Ulasannya!

6. Biaya Membuat Studio Podcast – Backdrop dan Lampu

Backdrop jadi peralatan keenam untuk studio persewaan podcast. Biasanya, backdrop ini memiliki warna polos seperti hitam, merah, kuning, putih, dan warna gelap lainnya. Lalu, jika ingin tematik bisa dengan memilih sequin background, atau gambar alam. Agar lebih mudah disesuaikan, pilihannya adalah menggunakan green screen.

Begitu juga dengan lampu untuk pencahayaan lebih baik. Biasanya terdiri dari Ring Light dengan harga Rp80 ribuan sampai Rp500 ribuan. Kemudian, sediakan Softbox dengan kisaran harga Rp160 ribuan dan lampu LED Rp100 ribuan sampai Rp500 ribuan tergantung pada kebutuhan.

7. Komputer atau Laptop

01. mouse komputer

Terakhir, gunakan laptop atau komputer untuk proses editing dari podcast yang sudah dibuat. Pastikan RAM yang dimiliki perangkat ini kuat, atau Anda dapat mencadangkannya pula dalam hardisk eksternal. Untuk menunjang kenyamanan, gunakan mouse, keyboard, dan perlengkapan pendukung lainnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi UPS Komputer dari APC untuk Kantor

Penutup

Bagaimana Sobat Doran, sudahkah peralatan dan biaya membuat studio podcast tersebut Anda siapkan dan miliki? Ingat, selain peralatan di atas cek juga apa saja kendala yang akan dihadapi. Dengan begitu, ketika ada permasalahan akan segera teratasi dan itu akan menambah nilai plus dari studio podcast yang Anda sewakan.

Dapatkan berbagai perlengkapan untuk podcast dengan kualitas terbaik di Doran Gadget. Produk yang kami jual adalah barang original dengan garansi resmi pabrikan. Lalu, ada juga berbagai program dan promo menarik lainnya. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami di sini dan jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk mengetahui informasi menarik lainnya.

Artikel terkait:

× WhatsApp