7 Aplikasi untuk Bantu Anda Jalani Intermittent Fasting

7 Aplikasi untuk Bantu Anda Jalani Intermittent Fasting

Tahukah Anda tentang istilah intermittent fasting? Intermittent fasting atau yang juga disebut diet puasa merupakan pola makan yang mengharuskan Anda makan pada waktu-waktu tertentu. Berbeda dengan diet pada umumnya, intermitten fasting tidak membatasi makanan yang dikonsumsi, tetapi mengatur waktu mengonsumsinya. Selain itu, intermitten fasting memperbolehkan minum asal tidak mengandung kalori. Sebagai contoh adalah air putih dan kopi tanpa campuran.

Manfaat intermitten fasting, dikutip dari Kumparan.com, dapat membuat hormone pertumbuhan atau Human Growth Hormon  (HGH) menjadi lebih bagus. Tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Lemak pun mudah terbakar. Selain itu, otot-otot juga akan mudah terbentuk dengan baik bila diimbangi olahraga yang rutin.

Intermitten fasting membutuhkan komitmen, penjadwalan yang ketat, dan banyak godaan untuk menolaknya. Dengan kata lain, ini bukan diet termudah. Terdapat beberapa metode yang tentu terasa tidak mudah untuk melakukan intermitten fasting. Apa saja?

Yang pertama adalah diet 16:8. Artinya, Anda harus membagi waktu dengan berpuasa selama 16 jam dan 8 jam untuk makan. Kedua, eat-stop-eat atau makan-hentikan-makan. Anda diharuskan tidak mengonsumsi makanan  selama 24 jam dalam beberapa hari per minggu. Ketiga, diet 5:2 yang mengharuskan Anda makan secara normal lima hari seminggu dan makan sangat sedikit kalori dua hari seminggu.

Ketika metode-metodenya terasa sangat rumit, Anda tidak perlu khawatir. Kita saat ini telah dimudahkan dengan teknologi yang semakin canggih. Beberapa aplikasi dapat diinstal di smartphone berguna membantu Anda melakukan diet puasa. Berikut daftar aplikasi yang bisa Anda manfaatkan.

  1. Zero

Zero dapat dikustomisasi untuk melacak waktu puasa Anda, yang berarti itu berfungsi terlepas dari jenis paket IF yang Anda aktifkan. Bahkan jika Anda suka membuat jadwal sendiri. Anda dapat memilih dari beberapa jendela puasa yang telah ditentukan sebelumnya atau membuat jadwal Anda sendiri hingga tujuh hari. Antarmukanya bersih dan sederhana sehingga mudah dinavigasi dengan dashboard yang dapat membantu Anda menganalisis kebiasaan puasa Anda seiring waktu.

  1. Fastient

Jika Anda ingin melacak waktu puasa dan memantau diet Anda, Fastient adalah salah satu aplikasi pelacakan yang lebih komprehensif. Aplikasi memungkinkan Anda untuk mempertahankan catatan asupan makanan Anda dan mengawasi kemajuan Anda secara keseluruhan. Fastient memiliki antarmuka yang luas dan terbuka yang menyisakan banyak ruang bagi Anda untuk membuat jurnal, melihat data Anda dalam grafik yang mudah dibaca, dan mengakses info Anda di dalam aplikasi atau di desktop Anda.

  1. BodyFast

BodyFast memberi Anda 10 pilihan berbeda untuk dipilih dan juga banyak tips pelatihan dan perencanaan makan juga. Jika Anda berkomitmen untuk diet puasa tetapi berjuang dengan mekanisme hariannya, aplikasi ini mungkin memberi yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan masalah tantangan.

  1. Vora

Ini adalah aplikasi pelacakan diet puasa yang cukup standar, yaitu menyediakan puasa atau penetapan waktu harian dan kemajuan penurunan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa akuntabilitas dan dukungan sosial mengarah pada kesuksesan yang lebih besar ketika ingin mengubah kebiasaan. Dengan terlibat dalam komunitas orang-orang dengan tujuan yang sama, aplikasi ini dapat membantu Anda untuk tetap dengan rencana diet puasa jangka panjang Anda untuk hasil terbaik.

  1. FastHabit

Jika Anda mengubah tujuan puasa Anda sepanjang waktu, seperti melakukan 5:2 satu minggu dan puasa hari berikutnya, maka FastHabit adalah salah satu cara terbaik untuk mengikuti jadwal Anda. Ini disinkronkan hingga Apple Watch dan Apple Health untuk akuntabilitas di tempat dan manajemen kesehatan yang komprehensif.

Anda juga dapat mengatur pengingat dan pemberitahuan untuk diri sendiri atau memeriksa statistik puasa selama 10 hari terakhir melalui dasbor sederhana, tetapi melacak lebih dari itu akan memerlukan keanggotaan premium.

  1. LIFE Fasting Tracker

LIFE Fasting Tracker berfungsi untuk setiap pelacakan jadwal diet puasa karena memungkinkan Anda untuk mengatur waktu dan tujuan awal dan akhir selama periode puasa Anda. Jika Anda berfokus pada diet keto, aplikasi ini juga dapat membantu Anda melacak berapa lama kemungkinan Anda dalam ketosis. Plus, Anda dapat terhubung dengan teman-teman yang menggunakan aplikasi untuk berpuasa bersama dan membantu saling memotivasi.

  1. Ate Food Diary

Ate Food Diary membantu Anda menyimpan buku harian makanan visual, melacak berapa lama waktu antara makanan dan camilan, dan menawarkan cara mudah untuk melihat kembali pilihan makanan yang Anda buat.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp