Doran GadgetiPhone memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan smartphone berbasis Android. Salah satunya adalah sistem operasidan keamanan yang sangat baik, termasuk fiturnya. Akan tetapi, tak sedikit orang mengetahui fitur tersembunyi iPhone.

Hal itu seperti survei yang dilakukan Slash Gear kepada 592 responden yang merupakan pengguna iPhone di Amerika Serikat. Sepertiapa hasilnya dan apa saja fiturnya? Simak ulasannya di artikel ini.

Fitur Tersembunyi iPhone

Adapun lima fitur tersembunyi iPhone yang jarang diketahui banyak orang namun penting meliputi browser, hingga pembatasan notifikasi. Berikut di antaranya sebagaimana dilansir dari laman Kompas Tekno.

1. Handoff

Aplikasi yang pertama yakni Handoff. Dari survei yang digelar oleh Slash Gear tersebut, ada sekitar 30.24% responden yang belum tahu adanya fitur ini. Fungsi utama fitur ini yakni agar memudahkan pengguna iPhone bisa beralih dari perangkat Apple ke gadget lainnya dengan sistem operasi iOS.

Perangkat tersebut mulai dari iPad hingga Apple Watch. Adapun tugas yang bisa digunakan Handoff seperti Reminder, Calendar, Maps, Mail, dan lain sebagainya. Menggunakannya, Anda dapat masuk ke menu Settings > General > AirPlay & Handoff.

Baca juga: Begini Cara Cek Berapa Kali HP iPhone Dicharger Tanpa Aplikasi

2. Fitur Tersembunyi iPhone – App Limit

Selanjutnya ada App Limit yang disematkan pada iPhone sejak tahun 2018 lalu. Dengan kata lain, fitur ini sebenarnya sudah tersedia ketika iOS 12 dirilis. Survei Slash Gear menyebutkan 25.68% responden mereka belum tahu fitur ini.

Adapun yang menjadi poin utama pembatasannya adalah mengenai durasi layar, penggunaan aplikasi, komunikasi dan pengaturan privasi konten. Jika ingin menggunakannya, Anda cukup masuk pada menu Settings dan lanjutkan ke pilihan Screen Time pada iPhone. Pembatasan inidapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

3. Ringkasan Notifikasi

Di nomor ketiga terdapat fitur ringkasan notifikasi. Responden yang mengaku tidak mengetahui fitur ini sekitar 15.20% saja. Padahal, fitur ini pun sudah ada sejak pembaruan iOS 15 dirilis. Fungsi fitur ini adalah melakukan ringkasan pemberitahuan atau notifikasi di iPhone.

Dengan begitu, pengguna dapat melihat pemberitahuan di waktu-waktu tertentu saja yang sudah ditentukan. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda dapat melihat selengkapnya dengan klik di sini.

Baca juga: Baru Pertama Punya, Perhatikan 10 Cara Memakai iPhone Ini

4. Fitur Tersembunyi iPhone – Ekstensi Browser Safari

Keempat, ada fitur Ekstensi Safari untuk mesin peramban dalam mencari informasi tertentu. Sayangnya masih ada sekitar 19.09% responden yang tidak tahu terkait fitur ekstensi ini.

Menambahkan fitur ekstensi browser dari Safari sebenarnya sangat mudah dilakukan. Yakni dengan membuka menu Settings > Extensions > More Extension dan pilih sesuai degan kebutuhan pengguna.

5. Menonaktifkan Notifikasi

Terakhir, ada fitur untuk menonaktifkan notifikasi. Terkadang sebagian pengguna merasa kurang nyaman dengan berbagai notifikasi yang muncul. Keberadaan fitur ini setidaknya dapat membatasi pemberitahuan agar pengguna semakin nyaman menggunakan iPhone.

Meski begitu, masih ada sekitar 9.80% responden belum tahu adanya fitur ini. Untuk bisa mengaktifkannya, Anda cukup masuk ke menu ‘Settings/Pengaturan’. Lanjutkan dengan masuk ke Pemberitahuan > Saran Siri > matikan pemberitahuan dari aplikasi yang tak diinginkan.

Baca juga: 8 Cara Cek iPhone Asli dan Palsu dengan Mudah

Penutup

Nah, itu dia Sobat Doran beberapa fitur tersembunyi iPhone yang tak banyak orang ketahui. Jadi, segera cek iPhone Anda dan manfaatkan berbagai keunggulan dari fitur-fitur yang ada tersebut. Mau beli iPhone dengan harga terbaik dan original? Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget.

Selain produk original,ada garansi resmi dari pabrikan dan program serta promo menarik. Lengkapi pula iPhone dengan aksesoris terbaik dari kami. Informasi pembelian dan seputar produk, hubungi CS kami di sini. Follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo dan program yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp