Doran Gadget – Untuk menghasilkan sebuah video cinematic menggunakan drone memang membutuhkan beberapa langkah untuk edit video. Namun ada teknik koreksi warna dalam sinematografi drone, dimana teknik ini akan membantu Anda untuk mengatur warna drone cinematic. Ada sekitar 5 koreksi warna yang akan membantu Anda untuk menghasilkan warna yang seimbang.

Apa Itu Koreksi Warna?

Koreksi warna adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk menyesuaikan klip yang dipotret dengan tujuan mendapat pencahayaan yang tepat dalam sebuah gambar. Pengaturan warna yang seimbang juga bisa dilakukan saat membidik objek.

Kemudian ada yang namanya Color Grading, ini adalah proses untuk meningkatkan rekaman yang diambil dengan membuat beberapa pilihan kreatif. Kebanyakan teknik ini diambil untuk lebih menyampaikan emosi yang ingin disuguhkan kepada penonton.

Color grading ini sendiri terkadang melibatkan koreksi warna dengan menyesuaikan level cahaya untuk mengatur warna drone cinematic. Anda juga biasa menyesuaikan warna saat membidik dengan warna yang sebenarnya. Color grading yang paling umum terjadi sebenarnya dari peningkatan warna tertentu yang tertangkap dalam suatu bidikan.

Baca juga: 5 Tips Pengambilan Video Menggunakan Drone DJI

Tips Mengatur Warna Drone Cinematic

 

Agar lebih memahami bagaimana mengatur warna menggunakan drone cinematography yang biasanya dilakukan oleh para pilot drone profesional, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Pilih Correction Color / Koreksi Warna 

Hal pertama yang harus dilakukan dalam mengatur warna drone cinematik adalah mengatur koreksi warna dengan tepat dan memastikan semua konfigurasi telah benar. Sehingga Anda tidak hanya mengekspos gambar dengan tepat namun juga memotret profil menggunakan warna datar.

2. Atur Warna Hitam Bayangan    

Bayangan di sini yang dimaksud adalah shadow dari objek yang berwarna lebih gelap. Sedangkan highlight merujuk pada warna terang dan midtone mengacu pada warna atau level cahaya di antara hitam dan putih. Sebagian besar gambar yang diambil siang hari bisa meendapatkan manfaat secara langsung dari bayangan dan memberi beberapa kontras sekaligus dengan cara yang efektif.

Baca juga: DJI Active Track – Membuat Video Seperti Pilot Drone Profesional

3. Sesuaikan Highlight dan Midtone

Sesuaikan warna hitam dengan exposure yang nantinya akan pindah ke highlight berikutntya. Naikkan tingkat highlight untuk mendapatkan lebih banyak kontras yang memuat sebagian besar gambar. Sesuaikan juga agar highlight tidak terlalu banyak bagian yang sangat terang.

4. Tingkatkan Saturasi 

Tingkatkan saturasi untuk mendapatkan hasil rekaman yang lebih baik. Tergantung dari mode rekaman seperti apa yang Anda inginkan, silahkan atur saturasi sesuai yang dibutuhkan. Jangan terlalu banyak dalam menggunakan saturasi untuk memberikan hasil yang alami.

5. Berani Mencoba

Tips terakhir dalam mengatur warna drone cinematic adalah jangan takut menyerah. Jika hasil awal tidak sesuai yang Anda inginkan, Anda selalu bisa mencobanya lagi. Dengan sering-sering mencoba, Anda bisa mengetahui ukuran yang pas nantinya.

Baca juga: 5 Drone Terbaik untuk Content Creator

Dapatkan Drone Terbaik di Doran Gadget 

Bagi Anda yang ingin membeli drone untuk mengambil gambar dan video cinematic, kini Anda bisa membeli drone terbaik dari DJI di Doran Gadget selaku official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrik. Kunjungi official store kami di sini atau download aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini.

Artikel terkait:

>