Doran GadgetApple tidak hanya terkenal dengan produk iPhone-nya saja, tetapi juga untuk produk-produk lainnya seperti AirPods. Dengan perangkat ini, Anda bisa mendengarkan musik, melakukan panggilan, dan lainnya dengan mudah. Namun, terkadang perangkat ini tidak bisa tersambung.

Mengatasi hal tersebut, Anda tak perlu khawatir. Sebab, ada empat cara mengatasi AirPods eror dengan mudah. Apa saja? Simak ulasannya di artikel yang sudah dirangkum tim Doran Gadget ini sampai tuntas.

Cara Mengatasi AirPods Eror

Cara mengatasi AirPods eror sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Yakni dengan mengecek perangkat yang tersambung maupun mengecek AirPods itu sendiri. Melansir dari berbagai sumber, berikut yang bisa Anda lakukan.

1. Cek Bluetooth, Pastikan Sudah Aktif

apple airpods, apple airpods asli, apple airpods palsu (2)

Cara mengatasi AirPods eror yang pertama adalah mengecek koneksi Bluetooth perangkat. Earphone nirkabel ini memang mengandalkan koneksi Bluetooth untuk menyambungkan jaringan saat digunakan. Jika Bluetooth pada iPhone maupun gadget Apple lainnya mati atau koneksinya kurang baik, maka AirPods tidak tersambung.

Baik iPhone maupun iPad, koneksi Bluetooth ini bisa dilihat di menu pengaturan cepat maupun ‘Pusat Kontrol’. Bila Anda menggunakan MacBook, status koneksi Bluetooth bisa Anda lihat pada ikon Bluetooth yang muncul pada bar menu saat perangkat dinyalakan.

Baca juga: 5 Cara Mudah Membedakan Apple AirPods Asli atau Palsu

2. Periksa Perangkat Apple Anda

Selanjutnya, setelah mengecek koneksi Bluetooth maka Anda pun perlu mengecek perangkat Apple yang digunakan. Pastikan perangkat Apple sudah terkoneksi dengan AirPods. Saat sudah tersambung, maka secara otomatis audio AirPods ini akan menggantikan speaker internal perangkat.

Akan tetapi, dalam kondisi tertentu perangkat Apple masih bisa menggunakan speaker internalnya untuk audio, eskipun perangkat tersebut sudah tersambung AirPods. Dengan begitu, output suara yang ada tidak akan muncul di AirPods. Oleh karena itu, cek ketersambungan perangkat di ‘Pusat Kontrol’ lalu kik AirPlay pada menu pemutaran audio.

Baca juga: Spesifikasi Apple EarPods with Lightning Connector, Hal yang Perlu Anda Tahu!

3. Cara Mengatasi AirPods Eror – Cek Baterai AirPods

Tak hanya mengecek perangkat dan Bluetooth saja, coba juga periksa daya baterai yang ada. Terutama daya baterai AirPods yang digunakan. Cara mengeceknya di iPhone maupun iPad adalah melihat di widget baterai. Sedangkan untuk MacBook, klik ikon atau gambar Bluetooth yang ada di menu bar.

Apabila baterai AirPods sudah hampir habis atau sudah habis, Anda bisa memasukkan earphone ini ke case. Sambungkanlah case tersebut melalui pengisi daya. Tunggulah sampai perangkat penuh. Setelah penuh, Anda bisa menyambungkan kembali dengan iPhone, iPad, maupun MacBook.

Baca juga: Bagaimana Merawat TWS yang Benar? Simak 5 Tips Ini

4. Reset AirPods

Jika ketiga cara mengatasi AirPods eror di atas tidak bisa dilakukan, Anda bisa melakukan cara terakhir. Yakni dengan melakukan pengaturan ulang atau reset ke setelahn pabrik. Di sini, Anda perlu membuka pengaturan Bluetooth di gadget Apple dan hapus koneksi AirPods yang tertaut. Untuk MacBook, bukalah menu ‘System Preferences’ lalu pilih opsi pengaturan Bluetooth dan pilih nama AirPod. Setelah itu, barulah Anda bisa klik ‘Remove’.

Anda bisa memasukkan AirPods ke case dan tutup kembali hingga 30 detik. Buka kembali case tersebut dan tekan tombol pengaturannya. Tombol ini berada di bagian belakang case. Tekanlah selama 15 detik sampai lampu indikatornya berkedip warna putih. Lanjutkan dengan mencoba sambungkan kembali AirPods dengan gagdet Apple Anda.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi iPhone yang Jarang Diketahui Tapi Penting

Penutup

apple airpods, apple airpods asli, apple airpods palsu (3)

Bagaimana, mudah bukan Sobat Doran cara mengatasi AirPods eror dan tidak tersambung? Anda bisa mencoba cara tersebut sampai terkoneksi kembali. Apabila masih belum tersambung, tak ada salahnya Anda membawanya ke service center terdekat yang resmi.

Lengkapi pula koleksi produk Apple Anda dengan membelinya di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi Apple di Indonesia, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan juga harga khusus di program dan promo tertentu untuk pembelian di website maupun aplikasi. Hubungi CS kami via WhatsApp di sini untuk informasi lebih lanjut dan follow Instagram Doran Gadget untuk mengetahui promo yang berlaku.

Artikel terkait:

×