5 Cara Mudah Membedakan Apple AirPods Asli atau Palsu

apple airpods, apple airpods asli, apple airpods palsu

Doran Gadget – Apple AirPods masuk dalam jajaran aksesoris Apple yang paling laku di pasaran. Hal ini karena kualitas suaranya yang bagus dan memiliki fitur tambahan lainnya yang tak dimiliki perangkat audio lainnya. Meski begitu, dalam membelinya Anda pun perlu berhati-hati. Sebab, di pasaran sendiri muncul produk palsunya atau biasa disebut Airpods Super Clone. Bagaimana cara membedakannya? Simak ulasan berikut.

Membedakan Apple AirPods Asli atau Palsu

apple airpods, apple airpods asli, apple airpods palsu (2)

Ada beberapa cara mudah untuk membedakan mana Apple AirPods asli dan palsu yang dapat Anda lakukan berikut ini sebelum membelinya.

1. Cek Kemasannya

Cara mudah yang pertama mengecek keaslian AirPads ialah perhatikan kemasannya. Idealnya, untuk barang yang asli terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Warnanya yang dominan adalah warna putih dengan logo ikonik Apple.

Pada kemasan palsu, biasanya warnanya terlihat pudar, tidak begitu jelas dan mudah robek. Berbeda dari kemasan aslinya yang dirancang cukup kuat dan terdapat stiker Apple di kemasannya.

2. Periksa Serial Number Apple AirPods

Setelah mengecek kondisi kemasannya, pastikan serial number  yang ada sudah benar. Anda bisa menemukan nomor seri Apple AirPads ini pada bagian bawah charging case dan juga yang terdapat pada bagian bawah earbud sisi kanan. Lalu, cek nomor tersebut di website resmi Apple di sini.

Jika nomor seri sudah benar atau asli, maka akan muncul pula status garansinya pada laman resminya. Namun, bila tidak muncul dan sudah Anda cek berkali-kali masih tetap saja bisa dipastikan produk tersebut adalah palsu.

3. Kondisi Suara dan Fitur Bekerja dengan Baik

apple airpods, apple airpods asli, apple airpods palsu (1)

Terkadang, produk AirPods palsu mengklaim dapat digunakan di berbagai seri iPhone. Namun, beruntungnya iPhone sendiri memiliki fitur untuk membedakannya mana produk yang asli dan mana palsu.

Memang, AirPods memiliki beberapa fitur yang tak tersedia pada perangkat merek lainnya. Misalnya saja fitur Find My AirPods, fitur untuk mengganti nama perangkat pada pengaturan, maupun mode yang terhubung ke AirPods di Homescreen. Termasuk pula fitur Audio Sharing, Live Listen, dan lainnya. Pastikan kualitas suara yang dihasilkan pun tidak buruk. Jika beberapa fitur ini tidak berjalan, bisa jadi AirPods ini adalah palsu.

Baca juga: Spesifikasi Apple EarPods with Lightning Connector, Hal yang Perlu Anda Tahu!

4. Perhatikan Kondisi Fisik Barang dengan Cermat

Memperhatikan kondisi fisik barang memang penting untuk mengecek keaslian produknya. Terutama pada bagian earbud. Pada AirPods yang asli, terdapat sebuah lubang speaker berbentuk oval di bagian bawahnya dan tidak melingkar dan pada AirPods pro tidak memiliki bentuk tersebut. Di sini, Anda harus jeli membedakan AirPods biasa maupun AirPods yang asli.

Begitu juga dengan pola pada lubang keluarnya suara pada earbud. Untuk yang asli memang memiliki pola yang rapi dan nyaman. Sedangkan untuk produk palsu bentuk pola lubang tersebut biasanya tidak beraturan dan kurang rapi. Lalu AirPods Apple asli memiliki berat sekitar 4 gram dan dengan casing yang terpasang beratnya menjadi 38 gram.

5. Jangan Terpengaruh Harga Apple AirPods Murah

Terakhir adalah mengenai masalah harganya. Biasanya, seseorang akan lebih tertarik bila mendapatkan harga Apple AirPods miring atau murah. Namun, hal itu perlu Anda waspadai. Sebab, dengan harga yang terlalu miring maupun murah, bisa jadi indikasi mengarah pada produk palsu.

Oleh karena itu, sebaiknya cek harga dan bandingkan terlebih dahulu di toko resmi yang menjual produk aksesoris Apple. Terlebih bila Anda membelinya secara online melalui marketplace-marketplace yang ada.

Beli Apple AirPods di Tempat Terpercaya

apple airpods, apple airpods asli, apple airpods palsu (3)

Selain cara mudah di atas, hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengetahui apakah Apple AirPods asli atau palsu adalah di mana tempat membelinya. Pastikan Anda mendapatkannya di tempat yang terpercaya seperti distributor resmi yang memiliki lisensi dari pihak Apple.

Selain harga yang ditawarkan bersaing dan dijamin keasliannya, Anda juga akan mendapatkan garansi resmi dari pabrikan agar semakin nyaman dan menjaga kualitas produk. Salah satu yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan produk Apple Surabaya terbaik adalah di Doran Gadget. Tak hanya garansi barang asli saja, Anda juga berkesempatan mendapatkan promo menarik di saat tertentu.

Informasi lebih lanjut silakan join di channel Telegram Doran Gadget atau hubungi CS kami via chat di sini.

× WhatsApp