Spesifikasi SSD Eksternal SanDisk Desk Drive - FI

Doran GadgetKeberadaan kapasitas media penyimpanan menjadi hal penting di era digital. Khususnya dalam menyimpan file penting untuk bekerja. Di sini, perangkat yang ringkas dengan kapasitas besar sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan SanDisk Desk Drive. Apa saja keunggulan, fitur, dan spesifikasi SanDisk Desk Drive ini? Simak ulasannya!

Spesifikasi Sandisk Desk Drive

Secara umum, SSD eksternal SanDisk Desk Drive dipasarkan dalam dua kapasitas penyimpanan yang berbeda. Yakni dengan kapasitas 4TB dan 8TB, berikut tabel beberapa spesifikasi SanDisk Desk Drive yang dirangkum dari laman Tom’s Hardware:

Spesifikasi SanDisk Desk Drive 4T SanDisk Desk Drive 4T
Protokol USB 3.2 Gen2 (10Gbps) USB 3.2 Gen2 (10Gbps)
Perangkat Tambahan USB Type-C to
Kabel Type-C
Adaptor USB-A
USB Type-C to
Kabel Type-C
Adaptor USB-A
Kecepatan Membaca Up to 1,000 MB/s Up to 1,000 MB/s
Dimensi 99,2 mm x 99,2 mm x 40,2 mm 99,2 mm x 99,2 mm x 40,2 mm
Bobot 268 Gram 268 Gram
Garansi Pabrikan 3 Tahun 3 Tahun

Baca juga: 7 Jenis Satuan Penyimpanan Data dan Penjelasannya!

Fitur dan Keunggulan

Ada beberapa keunggulan dari fitur yang dimiliki SanDisk Desk Drive yang bisa jadi pertimbangan Anda untuk memilihnya. Mulai dari desainnya, kemampuan akses data, kompatibilitas perangkat, dan lain sebagainya.

1. Desain yang Ringkas dan Kokoh

Spesifikasi SanDisk Desk Drive
sc: Western Digital

Jika selama ini Anda mungkin beranggapan jika perangkat penyimpanan data yang besar memerlukan desain yang besar, maka hal itu tidak terlihat pada SanDisk Desk Drive. Justru perangkat ini sangatlah ringkas dengan dimensi panjang tidak lebih dari 10cm dan tingginya hanya 4cm saja, Lalu, bobotnya pun kurang dari 300 gram.

Ini menjadikannya dapat diletakkan di mana saja. Termasuk di meja kerja Anda tanpa memakan tempat. Anda juga dapat membawanya ke mana saja tanpa ragu dan dapat disimpan di dalam tas kecil sekalipun. Tampilannya sangat elegan dan kokoh sehingga lebih awet digunakan.

Baca juga: 5 Jenis Penyimpanan Data untuk Komputer

2. Simpan Foto hingga 1 Juta File

Spesifikasi SanDisk Desk Drive (3)
sc: Tom’s Hardware

Aspek yang menjadi selling point SanDisk Desk Drive adalah kapasitas penyimpanan datanya. Seperti disinggung sebelumnya, perangkat ini hadir dalam dua varian yakni 4TB dan 8TB. Dimana untuk varian dengan penyimapanan terbesarnya, mampu menyimpan jutaan file lagu dan foto serta lainnya dengan rincian:

  • 2 juta file lagu dalam format MP3 berukuran 3.5MB
  • 480 file video dengan resolusi Full HD 1920×1080 @ 30fps
  • 1.28 juta file foto dengan format JPEG 16MP/5,5MB
  • 200 game dengan ukuran setidaknya 36GB per gamenya

Berkat kemampuan menyimpan data dalam jumlah besar inilah yang membuatnya cocok untuk mendukung kerja di era digital.

3. Akses Data Lebih Cepat

Spesifikasi SanDisk Desk Drive (2)
sc: Western Digital

Selain kapasitas penyimpananya, dalam memilih hard disk eksternal juga perlu dipertimbangkan kemampuan akses datanya. Melansir dari laman resminya, SanDisk Desk Drive diklaim mampu lebih cepat hingga 4x dibandingkan dengan HDD desktop. Bahkan, kecepatan bacanya mampu hingga 1.000 Mbps.

Dengan kemampuan tersebut, proses transfer maupun akses data menjadi lebih efisien. Terutama untuk file dengan ukuran besar dan cukup berat. Misalnya saja untuk konten video dengan resolusi 8K. Ini juga mendukung proses rendering lebih lancar dengan dukungan NVMe dan juga mentransfer file game yang lebih responsif.

Baca juga: Perbedaan RAM dan ROM hingga Memori Penyimpanan Data yang Perlu Anda Ketahui

4. Kompatibilitas Perangkat

Spesifikasi SanDisk Desk Drive (4)
sc: Western Digital

Meskipun ukurannya ringkas, namun untuk kompatibilitasnya sudah tidak diragukan lagi. Perangkat penyimpanan ini bis digunakan langsung ke laptop maupun komputer PC melalui USB Type-C. Sama halnya hard disk eksternal lainnya, untuk mengoperasikannya Anda memerlukan kabel tambahan yang sudah tersedia di paket penjualan.

Pengguna dapat memformatnya secara default dalam file system ExFat. Dimana ini kompatibel untuk sistem operasi MacOS (seri 11+) mapun Windows (seri 10+). Pengguna juga bisa melakukan format ulang dengan model lain sesuai kebutuhan. Contohnya dengan file system APFS maupun NTFS.

5. Harga SanDisk Desk Drive

Spesifikasi SanDisk Desk Drive (5)
sc: Western Digital

Terakhir adalah mengenai harga SanDisk Desk Drive yang dipasarkan. Bagi sebagian orang, mungkin harganya relatif mahal. Namun, jika dilihat dari fitur dan keunggulannya, tentu hal itu sangat worth it. Berikut harganya berdasarkan kapasitasnya:

  • Harga SanDisk Desk Drive 4TB: 380US$ (atau sekitar Rp6.1 jutaan)
  • Harga SanDisk Desk Drive 8TB: 700US$ (atau sekitar Rp11.3 jutaan)

Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah untuk penjualan di Indonesia. Hal itu dikarenakan adanya kebijakan fiskal dan pajak atas barang impor yang masuk ke tanah air. Sehingga, berpengaruh pula terhadap harga jualnya. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu up to date untuk mendapatkan harga terbaik.

Baca juga: 5 Perbedaan SanDisk Extreme dan Extreme Pro, Pilih Mana?

Mana yang Tepat untuk Anda?

Spesifikasi SanDisk Desk Drive (1)
sc: Western Digital

Dari kedua SSD eksternal SanDisk Desk Drive di atas mana yang tepat untuk Anda pilih? Sekali lagi itu tergantung pada kebutuhan dan penggunaan. Jika digunakan untuk mendukung kerja dan aktivitas sehari-hari yang lebih produktif, gaming untuk hiburan, dan keperluan menyimpan file lainnya tidak terlalu besar, maka tipe dengan kapasitas 4TB sudah mumpuni.

Akan tetapi, jika untuk keperluan yang lebih luas dan menyimpan file dalam jumlah dan kapasitas besar, pilihannya adalah seri ukuran 8TB. Khususnya bagi para pekerja kreatif seperti desainer, videografer, dan lainnya. Begitu juga dengan para konten kreator maupun gamer yang serius.

Baca juga: SanDisk Extreme, Micro SD Gaming Andal Buat Main PUBG Mobile

Penutup

Sandisk Indonesia

Apapun pilihannya, selain sesuai kebutuhan pastikan Anda mendapatkannya di tempat tepercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai mitra resmi penjualan produk SanDisk di Indonesia. Selain barang original, dapatkan berbagai promo menarik di setiap pembelian melalui website dan aplikasi Doran Gadget. Termasuk promo gratis ongkir ke seluruh kota di Indonesia di waktu-waktu tertentu. Semoga bermanfaat!

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>