Spesifikasi iPhone 15 Pro

Doran Gadget – Apple baru saja merilis ponsel teranyarnya iPhone 15 Series. Sama seperti generasi sebelumnya yang hadir dengan empat varian, salah satunya iPhone 15 Pro. Lantas, apa saja upgrade yang dibawa dan mampukah mendulang sukses seperti pendahulunya? Yuk, cari tahu lebih lanjut harga dan spesifikasi iPhone 15 Pro di bawah ini!

Spesifikasi iPhone 15 Pro

Dikutip dari laman resmi Apple, adapun rangkuman spesifikasi iPhone 15 Pro bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini:

Spesifikasi iPhone 15 Pro
Layar LTPO Super Retina XDR OLED, 120Hz, HDR10, Dolby Vision, 1000 nits (typ), 2000 nits (HBM). Rated IP68 (maximum depth of 6 meters up to 30 minutes) under IEC standard 60529. Ceramic Shield glass, Always-On display.
Ukuran/Berat 146.6 mm x 70.6 mm x 8.25 mm / 187 gram
OS iOS 17
Chipset Apple A17 Pro (3 nm)
ROM 128GB, 256GB, 512GB, 1TB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, 24mm (wide), 1/1.28″, 1.22µm, dual pixel PDAF, sensor-shift OIS
12 MP, f/2.8, 77mm (telephoto), 1.0µm, PDAF, OIS, 3x optical zoom
12 MP, f/2.2, 13mm, 120˚ (ultrawide), 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF
TOF 3D LiDAR scanner (depth)
Kamera Depan 12 MP, f/1.9, 23mm (wide), 1/3.6″, PDAF, OIS
SL 3D, (depth/biometrics sensor)
Baterai Wired, 50% in 30 min (advertised)
15W wireless (MagSafe)
7.5W wireless (Qi)
Warna Black Titanium, White Titanium, Blue Titanium, Natural Titanium

Sc: Apple

1. Disain dan Layar

Desain Material iPhone 15 Pro
Sc: YouTube Apple

iPhone 15 Pro hadir dengan layar berukuran 6,1 inci, sama dengan ukuran layar pada tahun sebelumnya. Namun, perbedaannya Apple telah memperkecil bezel ponsel, menjadi yang terkecil di iPhone. Ini berarti ukuran layar tetap sama, sementara ponsel itu sendiri sedikit lebih kecil dari iPhone 14.

Perubahan utama lainnya adalah Apple beralih dari baja tahan karat ke titanium Grade 5. Titanium menawarkan kekuatan dan daya tahan yang lebih tinggi sekaligus lebih ringan, dan juga dikenal karena ketahanannya terhadap korosi. Titanium Grade 5 juga memiliki kekuatan tarik yang lebih baik daripada logam murni.

Sisi dalam, Apple menggunakan substruktur aluminium yang diikat ke rangka titanium dengan proses yang disebut “solid state diffusion”. Meskipun tidak sepenuhnya jelas apa artinya, hal ini menghasilkan ikatan yang lebih kuat antara kedua logam tersebut.

Model Pro juga akan memiliki interior dua sisi yang sama seperti yang diperkenalkan pada iPhone 14. Ini memungkinkan teknisi perbaikan untuk membuka ponsel dari bagian depan dan belakang, yang membuat penggantian kaca belakang menjadi lebih mudah. Perubahan lainnya termasuk pengenalan port USB-C dan penggantian tombol mute dengan tombol aksi solid-state.

Sementara itu, sebagian besar dari iPhone 15 Pro tetap mengikuti desain yang sudah dikenal dari iPhone 14. Ini mencakup layar Ceramic Shield yang dianggap sebagai kaca layar terkuat di pasaran oleh Apple, serta cutout Dynamic Island. iPhone 15 Pro juga tetap mempertahankan desain tepi datar yang mirip sejak iPhone 12. Apple menyebutnya memiliki “contoured edges”.

Baca juga: iPhone 15 vs iPhone 15 Plus: Ini Perbedaannya!

2. Baterai

Charger Type C iPhone 15 Pro
Sc: YouTube Apple

iPhone 15 Pro memiliki kapasitas baterai mencapai 3.650 mAh, sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone 14 Pro yang memiliki kapasitas 3.200 mAh. Daya tahan baterai ini diklaim mampu bertahan hingga 23 jam dalam pemutaran Video playback

Ketika berbicara tentang pengisian daya, ada spekulasi bahwa kita mungkin melihat kecepatan hingga 35W tahun ini, terutama dengan adanya perpindahan ke USB-C. Namun, sampai saat ini, Apple hanya mengonfirmasi bahwa iPhone 15 Pro akan mendukung pengisian daya MagSafe hingga 15W serta pengisian daya nirkabel Qi2 hingga 7,5W.

3. Kamera

Kamera iPhone 15 Pro
Sc: YouTube Apple

Tidak ada yang berubah dari segi desain dan tata letak pada kamera iPhone 15 Pro bila dibandingkan dengan seri sebelumnya. Seri ini masih mengandalkan kamera utama 48MP, kamera ultrawide 12MP, dan lensa telefoto 12MP dengan zoom optik 3x. Seperti tahun lalu, kamera ini dimungkinkan untuk memotret foto dalam mode ProRAW dari lensa utama, meskipun Apple juga mendukung gambar HEIF 48MP yang menawarkan 4 kali lebih banyak resolusi.

iPhone 15 Pro akan mengalami peningkatan kualitas night mode portrait berkat Photonic Engine baru dan sensor LiDAR. Ini akan menghasilkan detail yang lebih tajam dan warna yang lebih hidup dalam kondisi pencahayaan rendah. A17 Pro juga menjanjikan untuk meningkatkan kualitas video dalam action mode dan pencahayaan yang kurang optimal.

Selain itu, ada pembaruan dalam hal Smart HDR yang akan memberikan warna kulit yang lebih alami dan penyorotan yang lebih terang, midtones yang lebih kaya, serta bayangan yang lebih mendalam.

Terakhir, Apple memberikan pengguna kemampuan untuk membuat video spasial mereka sendiri dengan menggunakan lensa ultrawide dan kamera utama secara bersamaan. Ini memungkinkan Anda untuk membuat konten video spasial yang dapat digunakan dengan headset Apple Vision Pro, meskipun perlu diperhatikan bahwa headset tersebut mungkin memerlukan investasi tambahan.

4. Chipset

Chipset iPhone 15 Pro A17 Pro
Sc: YouTube Apple

Apple memperkenalkan chip yang berbeda untuk lini iPhone tahun ini. iPhone 15 dan 15 Plus akan menggunakan A16 Bionic, sementara iPhone 15 Pro dan Pro Max akan menggunakan chip A17 Pro, chip 3-nanometer pertama yang pernah ada di smartphone.

Chip ini memiliki 19 miliar transistor yang diklaimnya akan menawarkan performa, efisiensi, dan daya yang lebih baik untuk fitur-fitur yang lebih powerful. CPU 6-core terdiri dari 2 core performa tinggi, yang menjanjikan untuk 10% lebih cepat dari sebelumnya dan tercepat di pasar smartphone. 4 core efisiensi tinggi juga lebih cepat, tetapi menawarkan 3x lebih banyak performa per watt daripada rival Apple.

Sementara itu, mesin neural 16-core disebutkan dua kali lebih cepat daripada tahun sebelumnya, yang akan mendukung berbagai fitur terkini yang berfokus pada pembelajaran mesin yang diperkenalkan pada WWDC, termasuk fitur autocorrect yang lebih baik dan voice personal iOS 17.

GPU A17 Pro yang memiliki 6 core dalam kelas pro dikatakan 20% lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya, menjanjikan kinerja dan efisiensi energi yang luar biasa di dunia smartphone. GPU ini juga mendukung ray tracing berbasis hardware dan mampu menjalankan game-game tingkat konsol pada ponsel, termasuk Assassin’s Creed Mirage, Resident Evil Village, dan remake Resident Evil 4.

Baca juga: Review, Spesifikasi, dan Harga iPhone 15 Pro Max

5. Fitur Lainnya

action button iPhone 15 Pro
Sc: YouTube Apple

Salah satu perubahan paling berani yang hadir di iPhone 15 Pro adalah hilangnya tombol mute, yang diganti dengan “action buttonsolid-state baru. Alih-alih toggle fisik yang bergerak dari satu posisi ke posisi lain, ini adalah tombol yang dipasangkan dengan umpan balik haptik, yang mampu mengaktifkan sejumlah fitur berbeda pada perangkat.

Secara default, tombol aksi akan beralih antara mode dering dan diam, seperti halnya tombol mute. Namun, tanpa toggle fisik yang dapat Anda rasakan, Apple telah menambahkan umpan balik haptik yang berbeda sehingga Anda tahu persis pengaturan mana yang diaktifkan saat Anda menekan tombol.

Idenya di sini adalah pengguna dapat menyesuaikan tombol aksi untuk melakukan sesuatu yang ingin mereka akses dengan cepat. Itu bisa jadi mengaktifkan atau menonaktifkan mode diam, tetapi sakelar baru ini juga dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur seperti pintasan iOS 17, menyalakan senter, membuka kamera, merekam memo suara, menerjemahkan, dan mengaktifkan fitur aksesibilitas seperti Magnifier.

Seperti yang diharapkan, Apple telah mengganti konektor Lightning dengan USB-C, menandai pertama kalinya iPhone berbagi kabel dengan industri teknologi lainnya. Seperti yang dicatat Apple, langkah ini berarti Anda dapat menggunakan kabel yang sama untuk memberi daya pada iPhone, MacBook, iPad, dan AirPods Anda

Harga iPhone 15 Pro

Harga iPhone 15 Pro
Sc: YouTube Apple

Meskipun sudah dipastikan akan masuk Indonesia, namun hingga saat ini belum ada harga resmi untuk iPhone 15 Pro di pasaran Indonesia. Namun berikut ini harga iPhone 15 Pro yang di jual di pasar International:

Baca juga: 8 Rekomendasi iPhone Kamera 3, Mana Favorit Anda?

Penutup

iPhone 15 Pro
Sc: Apple

Nah, itu dia Sobat Doran informasi seputar spesifikasi dan harga iPhone 15 Pro yang perlu Anda ketahui. Ada beberapa peningkatan yang dihadirkan Apple dari segi kamera, desain, dan hardware internal. Kerenya, Apple masih mau mempertahankan harga lamanya. Jadi tidak ada alasan buat segera dipinang, bukan?

Perlu diingat, pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan. Selain itu, agar lebih aman dan nyaman, pastikan membeli di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget Surabaya, Doran Gadget Jakarta, Doran Gadget Semarang, Doran Gadget Bali, Doran Gadget Bandung, Doran Gadget Banjarmasin, dan Doran Gadget Manado yang menjadi mitra resmi penjualan iPhone 15 Series di Indonesia.

Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, dapatkan harga terbaik dan promo menarik untuk setiap pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut mengenai produk, hubungi kami via WhatsApp!

Artikel terkait:

>