Keunggulan Chipset Snapdargon 8s Gen 3

Doran GadgetSnapdragon 8s Gen 3 akhirnya resmi dirilis oleh Qualcomm Technologies. Kehadiran chipset terbaru ini memang dinanti-nantikan para pecinta gadget. Khususnya yang menginginkan performa yang ngebut. Baik untuk gaming, fotografi, dan dukungan teknologi kecerdasan buatan. Seperti apa keunggulannya? Simak ulasannya yang telah dirangkum tim Doran Gadget.

Keunggulan Snapdragon 8s Gen 3

snapdragon 8s gen 3
sc: GSM Arena

Berbicara mengenai keunggulan Snapdragon 8s Gen 3 ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun bisa dibilang versi lite dari Snapdragon 8 Gen 3, terdapat sejumlah keunggulan fitur yang dimiliki. Misalnya saja adanya fitur AI Generatif On-Device lebih canggih. Termasuk pula untuk Gen AI Image dan Gen AI Assistant yang lebih baik.

Tentu saja, teknologi tersebut mendukung untuk penggunaan berbagai model kecerdasan buatan Large Language Models (LLM). Sebut saja di antaranya Llama 2, Baichuan-7B, hingga Gemini Nano. Chipset ini pun dapat digunakan untuk perangkat yang dilengkapi RAM RAM LPDDR5x sampai dengan 24GB.

Keunggulan lainnya ialah untuk hasil bidikan kamera, hasil lebih optimal dengan adanya triple ISP 18-bit dan disokong NPU Hexagon dalam hal pemrosesan foto dan juga video. Dengan begitu, kamera akan selalu aktif dan kualitas gelap di kondisi yang minim cahaya lebih ditingkatkan.

Di samping itu, mampu untuk menjalankan tiga buah kamera dengan resolusi 36MP 30fps saat menggunakan Zero Shutter Lag. Sedangkan jika tanpa Shutter Lag, mampu hingga 108MP 30fps. Adapun resolusi gambar maksimumnya bisa hingga 200MP.

Bagi para gamers, sepertinya chipset ini adalah yang dinanti-nantikan. Sebab, memiliki GPU Adreno yang cukup tangguh. Keunggulannya, dapat membantu dalam melakukan perhitungan rumit sekalipun.

Khususnya untuk dukungan fitur ray tracing yang bisa menghasilkan efek bayangan, pencahayaan, hingga gambar yang imerif di game yang dimainkan. Apalagi adanya Adreno Frame Motion Engine 2.0 membuat frame rate berlipat ganda namun tetap hemat baterai.

Beralih ke masalah konektivitasnya. Snapdragon 8s Gen 3 menggunakan sistem konektivitas seluler yang disebut FastConnect 7800. Lalu, mendukung untuk koneksi internet nirkabel super ngebt WiFi7 dan dilengkapi High Bandwidth Spectrum (HBS). Adanya modem RF System Snapdragon X70 5G akan membuat pengalaman koneksi menggunakan jaringan 5G lebih baik.

Baca juga: 10+ Rekomendasi HP Snapdragon 8 Gen 2 Terbaru

Perbandingan Snapdragon 8s Gen 3 vs Snapdragon 8 Gen 3

snapdragon 8s gen 3 (2)
sc: Trusted Review

Sebagaimana dilansir dari GSM Arena dan Gizchina, perbedaan antara Snapdragon 8s Gen 3 vs Snapdragon bisa dilihat di tabel bawah ini:

Spesifikasi Snapdragon 8s Gen 3 Snapdragon 8 Gen 3
Node TSMC 4nm TSMC 4nm
CPU (Prime) 1x Cortex-X4 @ 3.0GHz 1x Cortex-X4 @ 3.3/3.4GHz
CPU (Big) 4x Cortex-A720 @ 2.8GHz 3x Cortex-720 @ 3.15GHz
2x Cortex-720 @ 2.96GHz
CPU (Small) 3x Cortex-A520 @ 2.0GHz 2x Cortex-A520 @ 2.3GHz
RAM up to 24GB LPDDR5x 4,200MHz up to 24GB LPDDR5x 4,800MHz
Penyimpanan UFS 4.0 UFS 4.0
USB USB 3.1 Gen 2 USB 3.1 Gen 2
GPU Adreno 735 Adreno 750
Modem 5G X70 X75
ISP triple 18-bit triple 18-bit
Video 4K HDR @ 60fps
1080p @ 240fps
8K HDR @ 30fps
4K @ 120fps

Meski memiliki sejumlah persamaan, namun keduanya terdapat perbedaan yang cukup mencolok di beberapa aspek yakni:

1. Teknologi Fabrikasi dan Konfigurasi CPU

Kedua chipset 3 dibuat dengan menggunakan TSMC 4nm yang sam.  Namun, untuk konfigurasi CPU-nya ada perbedaan yang mencolok. Snapdragon 8 Gen 3 memiliki pengaturan CPU lebih kuat dengan enam inti  dengan performa tinggi dan dua inti hemat daya. Sebaliknya, Snapdragon 8s Gen 3 hanya dibekali lima inti performa kerja yang tinggi dan tiga inti hemat daya. Ukuran nodenya sama yakni proses 4nm.

Baca juga: Spesifikasi iQOO 12 5G: HP Snapdragon 8 Gen 3 Pertama di Indonesia

2. Performa AI dan Kapabilitas GPU

Selanjutnya ialah mengenai kapabilitas GPU-nya, dimana Snapdragon 8 Gen 3 dilengkapi dengan GPU Adreno 750 yang mendukung fitur canggih seperti Hardware-Accelerated Ray Tracing. Di sisi lain, Snapdragon 8s Gen 3 dibekaali dengan GPU Adreno 735 yang mungkin tidak secanggih di seri flagship, terutama performa game. Meski begitu, keduaya memiliki fitur AI yang canggih dengan 10 miliar parameter dan kompatibilitas dengan berbagai model AI lainnya.

3. Segi Performa Modem dan Konektivitas

snapdragon 8s gen 3 (1)
sc: GSM Arena

Perbedaan mencolok dari kedua chipset ini adalah kinerja modemnya. Pada Snapdragon 8 Gen 3 menggunakan modem 5G terbaru Snapdragon X75. Dimana modem ini dapat mencapai kecepatan maksimum 10Gbps. Beda halnya dengan Snapdragon 8s, walaupun sama-sama 5G namun menggunakan modem tipe X70 . Tentu, kecepatannya lebih rendah di rentang 5Gbps. Untuk konektivitasnya menggunakan Bluetooth 5.4 dan Bluetooth LTE Audio. Hal ini tegantung pada pilihan koneksi modem ponsel nantinya.

4. Kemampuan Merekam Video dan Kamera

Beralih ke perbandingan kemampuan untuk merekam video dan kameranya. Di sini Snapdragon 8 Gen 3 cukup unggul dan didukung AI seperti Night Vision Video Capture, Video Object Eraser, dan Vlogger View. Beda halnya dengan seri Snapdragon 8s dengan kemampuan kamera terbatas meski memiliki fitur unggulan. Misalnya hanya mendukung perekaman video sampai dengan 4K HDR 60fps. Sedangkan di Snapdragon 8 Gen 3 mendukung perekaman video 8K 30fps atau 4K 120fps.

5. Dukungan Kapasitas Penyimpanan

Terakhir ke kapasitas penyimpanannya. Kedua chipset mendukung untuk memori LPDDR5X dan teknologi penyimpanan UFS 4.0. Hanya saja perbedaannya terletak pada kinerjanya. Di seri Snapdragon 8s berkecepatan 4200Mhz, sedangkan Snapdragon 8 lebih cepat yakni 4800 Mhz sehingga performa smartphone juga lebih kencang.

Baca juga: Spesifikasi Xiaomi 14 Pro: Snapdragon 8 Gen 3, Leica, dan HyperOS

Penutup

snapdragon 8s gen 3 (3)
sc: GSM Arena

Nah, setidaknya itu dia Sobat Doran ulasan mengenai keunggulan dan spesifikasi Snapdragon 8s Gen 3. Sampai saat ini, masih belum ada informasi resmi smartphone apa saja yang nantinya akan menggunakannya. Namun, dari rumor yang beredar dikabarkan jika pabrikan seperti Honor, IQOO, Realme, dan Xiaomi disebut-sebut bakalan menyematkan chipset ini di smartphone seri terbarunya. Kita tunggu saja, Sobat Doran!

Artikel terkait:

>